Lompat ke isi

Pukul gendang (ikan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pukul gendang
Percophidae Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
SuperkerajaanHolozoa
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
UpaordoTrachinoidei
FamiliPercophidae Edit nilai pada Wikidata
Swainson, 1839

Percophidae, ubi laut atau pukul gendang, (bahasa Inggris : duckbill) adalah famili ikan percomorph, dari ordo Trachiniformes, ditemukan di perairan tropis dan subtropis di Samudera Atlantik dan Hindia serta di Pasifik barat daya dan tenggara.

Mereka adalah ikan-ikan kecil: spesies terbesar, pukul-gendang Brasil, Percophis brasiliensis, tumbuh hingga sekitar 50 sentimeter (20 in), tetapi 10 sentimeter (3,9 in) hingga 20 sentimeter (7,9 in) lebih khas. Beberapa spesies ditangkap secara komersial, termasuk pukul-gendang Brasil.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Ikan pukul-gendang berbentuk ikan bentik memanjang dengan kepala tertekan ke depan, moncong datar lebar. Mulutnya besar dengan rahang bawah prognathous dan rahang atas terbuka. Mereka memiliki mata besar yang letaknya berdekatan. Terdapat dua duri pada opercula dan satu pada subopercula. Mereka memiliki gigi berbentuk kerucut kecil di mandibula dan di tulang vomer dan palatine . Terdapat dua sirip punggung, yaitu sirip punggung anterior dengan 6 duri ramping dan sirip punggung posterior dengan 13 hingga 18 jari lunak, sirip perut memiliki 1 tulang belakang lemah dan 5 jari bercabang dan terletak di anterior sirip dada dengan pangkalnya terpisah jauh. . Sirip dubur hanya memiliki 15 hingga 25 jari lunak dan sirip dada memiliki antara 20 dan 28 jari. Tubuhnya ditutupi sisik ctenoid dan gurat sisi melengkung di bawah sirip punggung anterior hingga di bawah tengah sayap dengan 2 atau 3 sisik yang paling dekat dengan kepala berbentuk lunas. Umumnya berwarna kecoklatan dengan bercak gelap tidak jelas di sepanjang tubuhnya. Mereka adalah ikan karnivora bentik yang ditemukan di kedalaman 100–600 meter (330–1.970 ft) . Mereka relatif kecil dan tidak umum serta tidak tertarik pada perikanan. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2006). "Percophidae" in FishBase. February 2006 version.
  • Sepkoski, Jack (2002). "A compendium of fossil marine animal genera". Bulletins of American Paleontology. 364: 560. Diakses tanggal 2011-05-19. 
  1. ^ "Percophidae" (PDF). Fish Identification Sheets Fishing Area 51 W. Indian Ocean. Food and Agriculture Organization of the United Nations. 1983. Diakses tanggal 17 June 2018.