Tulang palatina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tulang palatina
Bagian sagital tengkorak. (Tulang palatina diberi label di kiri bawah.)
Gigi permanen lengkung gigi atas, dilihat dari bawah. (Bagian horizontal tulang palatina terlihat di bagian bawah.)
Rincian
Pengidentifikasi
Bahasa LatinOs palatinum
TA98A02.1.13.001
TA2798
FMA52746
Daftar istilah anatomi tulang

Tulang palatina atau tulang lelangit adalah dua tulang wajah yang terdapat pada manusia dan hewan mamalia, terletak di atas uvula di tenggorokan. Bersama dengan rahang atas, mereka membentuk lelangit keras.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Tulang palatina terletak di bagian belakang rongga hidung antara rahang atas dan prosesus pterigoid pada tulang sfenoid. Tulang palatina menjadi penyusun tiga rongga utama pada kepala manusia, yaitu bagian bawah dan sisi rongga hidung, bagian atas rongga mulut, dan bagian dasar orbita (rongga mata). Tulang ini juga membantu dalam membentuk fossa pterygopalatina, fossa pterygoidea, dan fisura orbital inferior.

Setiap tulang palatina agak menyerupai huruf L, dan terdiri dari pelat horizontal, pelat tegak lurus, dan tiga prosesus proyeksi - proses piramidal yang diarahkan ke belakang dan lateral dari persimpangan dua bagian, dan prosesus orbital dan sfenoidal yang melampaui bagian vertikal dan dipisahkan oleh takik yang dalam, takik sphenopalatina. Kedua lempeng membentuk bagian posterior palatum durum dan dasar rongga hidung; anterior, mereka bergabung dengan rahang atas. Dua lempeng horizontal berartikulasi satu sama lain di bagian posterior sutura palatina median dan lebih anterior dengan maksila pada sutura palatina transversal.[1]

Tulang palatina manusia bersambung melalui sendi dengan enam tulang lainnya, yaitu tulang sfenoid, etmoid, maksila, konka nasalis inferior, vomer dan pasangan tulang palatina tersebut.

Ada dua foramen penting di tulang palatina yang mentransmisikan saraf dan pembuluh darah ke wilayah ini: tulang palatina yang lebih besar dan lebih kecil. Foramen palatina mayor yang lebih besar terletak di regio posterolateral dari setiap tulang palatina, biasanya di apeks molar ketiga rahang atas. Foramen palatina mayor mentransmisikan saraf palatina mayor dan pembuluh darah. Sebuah lubang yang lebih kecil di dekatnya, foramen palatina yang lebih rendah, mentransmisikan saraf palatina yang lebih rendah dan pembuluh darah ke langit-langit lunak dan amandel. Kedua foramen tersebut merupakan muara dari kanalis pterigopalatina yang membawa nervus palatina desendens dan pembuluh darah dari fossa pterigopalatina ke langit-langit.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Fehrenbach; Herring (2012). Illustrated Anatomy of the Head and Neck (edisi ke-Fourth). Elsevier. hlm. 55. ISBN 978-1-4377-2419-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]