Protokol Resolusi Alamat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Suite Internet Protokol
Lapisan Protokol
Aplikasi FTP, HTTP, IMAP, IRC, NNTP, POP3, RTSP SIP, SMTP, SNMP, SSH, Telnet, BitTorrent, Websphere MQ, selengkapnya...
Transportasi DCCP, SCTP, TCP, RTP, UDP, IL, RUDP, selengkapnya...
Jaringan IPv4, IPv6, ...
Data link Ethernet, Wi-Fi, Token ring, FDDI, PPP, selengkapnya...
Fisikal RS-232, EIA-422, RS-449, EIA-485, 10BASE2, 10BASE-T, ...

Protokol Resolusi Alamat atau disingkat PRA adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address). PRA didefinisikan di dalam RFC 826 pada tahun 1982.[1]

Ketika sebuah aplikasi yang mendukung teknologi protokol jaringan TCP/IP mencoba untuk mengakses sebuah host TCP/IP dengan menggunakan alamat IP, maka alamat IP yang dimiliki oleh host yang dituju harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam MAC Address agar frame-frame data dapat diteruskan ke tujuan dan diletakkan di atas media transmisi (kabel, radio, atau cahaya), setelah diproses terlebih dahulu oleh Network Interface Card (NIC). Hal ini dikarenakan NIC beroperasi dalam lapisan fisik dan lapisan data-link pada tujuh lapis model referensi OSI dan menggunakan alamat fisik daripada menggunakan alamat logis (seperti halnya alamat IP atau nama NetBIOS) untuk melakukan komunikasi data dalam jaringan.

Jika memang alamat yang dituju berada di luar jaringan lokal, maka ARP akan mencoba untuk mendapatkan MAC address dari antarmuka router lokal yang menghubungkan jaringan lokal ke luar jaringan (di mana komputer yang dituju berada).

Lingkup operasi[sunting | sunting sumber]

Address Resolution Protocol adalah protokol pemintaan dan balasan yang berjalan dengan cara dienkapsulasi oleh protokol baris. Protokol ini disampaikan dalam batas-batas jaringan tunggal, tidak pernah diarahkan pada node internetwork. Properti ini ditempatkan ARP ke dalam Link Layer dari Internet Protocol Suite, sedangkan di System Interconnect Model Terbuka (OSI), sering digambarkan sebagai yang berada antara Layer 2 dan 3, yang dienkapsulasi oleh protokol layer 2. Namun, ARP tidak dikembangkan dalam rangka OSI.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]