Alamat Kontrol Akses Media

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari MAC Address)
Label dari sebuah router UMTS dengan alamat MAC untuk modul LAN dan WLAN.

Alamat MAC (Media Access Control) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan taut data dalam model tujuh-lapisan OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Eternet, alamat MAC merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48 bit (6 bita) yang mengidentifikasi sebuah komputer, antarmuka dalam sebuah perute, atau node lainnya dalam jaringan. Seperti biasanya diwakili, alamat MAC dapat dikenal sebagai enam grup dari dua digit heksadesimal, dipisahkan dengan tanda hubung, titik dua, atau tanpa pemisah.

Alamat MAC juga sering disebut sebagai alamat Eternet, alamat fisik, atau alamat perangkat keras. Setiap alamat dapat disimpan di dalam perangkat keras, seperti kartu memori hanya-baca, atau oleh sebuah mekanisme firmware. Namun, banyak antarmuka jaringan mendukung perubahan alamat MAC mereka. Alamat-alamatnya biasanya termasuk pengidentifikasi organizationally unique identifier (OUI) manufaktur. Alamat MAC dibentuk sesuai dengan prinsip dua ruang penomoran berdasarkan extended unique identifiers (EUI) dikelola oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE): EUI-48—yang menggantikan istilah usang MAC-48—dan EUI-64.

Node jaringan dengan beberapa antarmuka jaringan, seperti router dan lapisan multi switch, harus mempunyai alamat unik MAC untuk setiap NIC di jaringan yang sama. Namun, dua NIC yang terhubung ke dua jaringan berbeda dapat menggunakan alamat MAC yang sama.

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Alamat MAC mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi Eternet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai alamat MAC dari komputer sumber (source) dan alamat MAC dari komputer tujuan. Beberapa perangkat, seperti halnya jembatan dan pengalih Layer-2 akan melihat pada informasi alamat MAC dari komputer sumber dari setiap frame yang ia terima dan menggunakan informasi alamat MAC ini untuk membuat "tabel perutean" internal secara dinamis. Perangkat-perangkat tersebut pun kemudian menggunakan tabel yang baru dibuat itu untuk meneruskan frame yang ia terima ke sebuah porta atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki alamat MAC tujuan berada.

Pengalamatan[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah komputer, alamat MAC ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan. Alamat MAC umumnya tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalam ROM. Beberapa kartu jaringan menyediakan utilitas yang mengizinkan pengguna untuk mengubah alamat MAC, meski hal ini kurang disarankan. Jika dalam sebuah jaringan terdapat dua kartu jaringan yang memiliki alamat MAC yang sama, maka akan terjadi konflik alamat dan komputer pun tidak dapat saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Beberapa kartu jaringan, seperti halnya kartu Token Ring mengharuskan pengguna untuk mengatur alamat MAC (tidak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum dapat digunakan.

Alamat MAC memang harus unik, dan untuk itulah, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam alamat MAC. 24 bit pertama dari alamat MAC merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut. Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga menjadikan total 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan alamat MAC. Berikut merupakan tabel beberapa pembuat kartu jaringan populer dan nomor identifikasi dalam alamat MAC.

Nama vendor Alamat MAC
Cisco Systems 00 00 0C
Cabletron Systems 00 00 1D
International Business Machine Corporation 00 04 AC
3Com Corporation 00 20 AF
GVC Corporation 00 C0 A8
Apple Computer 08 00 07
Hewlett-Packard Company 08 00 09

Agar antara komputer dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya, frame-frame jaringan harus diberi alamat dengan menggunakan alamat Layer-2 atau alamat MAC. Akan tetapi, untuk menyederhanakan komunikasi jaringan, digunakanlah alamat Layer-3 yang merupakan alamat IP yang digunakan oleh jaringan TCP/IP. Protokol dalam TCP/IP yang disebut sebagai Address Resolution Protocol (ARP) dapat menerjemahkan alamat Layer-3 menjadi alamat Layer-2, sehingga komputer pun dapat saling berkomunikasi.

Penerapan[sunting | sunting sumber]

Teknologi jaringan berikut menggunakan format pengidentifikasi EUI-48:

Setiap perangkat yang terhubung ke sebuah jaringan IEEE 802 (seperti sebagai Ethernet dan Wi-Fi) mempunyai sebuah alamat EUI-48. Perangkat konsumen jaringan umum seperti PC, telepon pintar dan komputer tablet menggunakan alamat EUI-48.

Pengidentifikasi EUI-64 digunakan di:

  • IEEE 1394 (FireWire)
  • InfiniBand
  • IPv6 (EUI-64 dimodifikasi sebagai 64 bit paling tidak signifikan dari alamat jaringan unicast atau alamat tautan-lokal ketika konfigurasi otomatis alamat tanpa pusat digunakan.)[1] IPv6 menggunakan sebuah EUI-64 dimodifikasi, memperlakukan MAC-48 sebagai EUI-48 sebagai gantinya (karena dipilih dari kumpulan alamat yang sama) dan membalikkan bit lokalnya.[a] Ini menghasilkan perluasan alamat MAC (seperti sebagai alamat MAC IEEE 802) untuk memodifikasi EUI-64 hanya menggunakan FF-FE (dan tidak pernah FF-FF) dan dengan bit lokal terbalik.[2]
  • jaringan area pribadi nirkabel ZigBee / 802.15.4 / 6LoWPAN.
  • IEEE 11073-20601 (Perangkat medis yang sesuai dengan IEEE 11073-20601)[3]

Menampilkan alamat MAC[sunting | sunting sumber]

Beberapa utilitas jaringan dapat menampilkan alamat MAC, yakni sebagai berikut:

  1. IPCONFIG (dalam Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003).
  2. WINIPCFG (dalam Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition).
  3. /sbin/ifconfig (dalam keluarga sistem operasi UNIX)

Contoh[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah contoh hasil dari perintah ipconfig dalam Windows XP Professional:

C:\>ipconfig /all

Windows IP Configuration
  Host Name . . . . . . . . . . . .: karma
  Primary Dns Suffix  . . . . . . .:
  Node Type . . . . . . . . . . . .: Unknown
  IP Routing Enabled. . . . . . . .: No
  WINS Proxy Enabled. . . . . . . .: No

Ethernet adapter loopback:

Connection-specific DNS Suffix .: Description . . . . . . . . . . .: Microsoft Loopback Adapter Physical Address. . . . . . . . .: 02-00-4C-4F-4F-50 DHCP Enabled. . . . . . . . . . .: No IP Address. . . . . . . . . . . .: 192.168.0.1 Subnet Mask . . . . . . . . . . .: 255.255.255.0 Default Gateway . . . . . . . . .: 192.168.0.7

Berikut ini adalah contoh hasil dari perintah ifconfig di Linux

$ ifconfig eth0
eth0      Link encap:Ethernet  HWaddr 00:13:d3:f1:37:8e  
          inet addr:192.168.0.254  Bcast:192.168.0.255  Mask:255.255.255.0
          BROADCAST MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
          RX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
          TX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
          collisions:0 txqueuelen:1000 
          RX bytes:0 (0.0ki B)  TX bytes:0 (0.0 B)
          Interrupt:27 Base address:0xa000

Alamat MAC adalah angka di samping parameter HWaddr.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ S. Thomson; T. Narten; T. Jinmei (September 2007). IPv6 Stateless Address Autoconfiguration. Network Working Group, IETF. doi:10.17487/RFC4862. RFC 4862. https://tools.ietf.org/html/rfc4862. 
  2. ^ IANA Considerations and IETF Protocol Usage for IEEE 802 Parameters. IETF. September 2008. sec. 2.2.1. doi:10.17487/RFC7042. RFC 7042. https://tools.ietf.org/html/rfc7042#section-2.2.1. 
  3. ^ IEEE P11073-20601 Health informatics—Personal health device communication Part 20601: Application profile—Optimized Exchange Protocol


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan