Telnet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Telnet (Telecommunication network) adalah protokol aplikasi yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk menyediakan fasilitas komunikasi berorientasi teks interaktif dua arah menggunakan koneksi terminal virtual. Data pengguna diselingi in-band dengan informasi kontrol Telnet dalam koneksi data berorientasi 8-bit melalui Transmission Control Protocol (TCP).

Telnet dikembangkan pada tahun 1969 dimulai dengan RFC 15, diperluas pada RFC 855, dan distandarisasi sebagai Internet Engineering Task Force (IETF) Standar Internet STD 8, salah satu standar Internet pertama. Nama singkatan dari "teletype network"[1]

Secara historis, Telnet menyediakan akses ke antarmuka baris perintah pada host jarak jauh. Namun, karena masalah keamanan yang serius ketika menggunakan Telnet melalui jaringan terbuka seperti Internet, penggunaannya untuk tujuan ini telah berkurang secara signifikan dalam mendukung SSH.

Istilah telnet juga digunakan untuk merujuk pada perangkat lunak yang mengimplementasikan bagian klien dari protokol. Aplikasi klien Telnet tersedia untuk hampir semua platform komputer. Telnet juga digunakan sebagai kata kerja. Untuk telnet berarti membuat koneksi menggunakan protokol Telnet, baik dengan klien baris perintah atau dengan antarmuka grafis. Misalnya, arahan umum mungkin: "To change your password, telnet into the server, log in and run the passwd command." Dalam kebanyakan kasus, pengguna akan melakukan telnetting ke sistem server mirip Unix atau perangkat jaringan (seperti router).

Sejarah dan standar[sunting | sunting sumber]

Telnet adalah protokol client-server, berdasarkan transportasi berorientasi koneksi yang andal. Biasanya, protokol ini digunakan untuk membuat koneksi ke Transmission Control Protocol (TCP) nomor port 23, di mana aplikasi server Telnet (telnetd) mendengarkan. Telnet, bagaimanapun, mendahului TCP/IP dan awalnya dijalankan melalui protokol Program Kontrol Jaringan (NCP).

Meskipun Telnet adalah protokol ad hoc tanpa definisi resmi hingga 5 Maret 1973,[2] nama tersebut sebenarnya disebut Teletype Over Network Protocol sebagai RFC 206 (NIC 7176) pada Telnet membuat koneksi menjadi jelas:[3]

Protokol TELNET didasarkan pada gagasan teletipe virtual, menggunakan set karakter ASCII 7-bit. Maka, fungsi utama dari TELNET Pengguna adalah untuk menyediakan sarana yang dengannya para penggunanya dapat 'menekan' semua kunci pada teletype virtual tersebut.[4]

Pada dasarnya, ini menggunakan saluran 8-bit untuk bertukar data ASCII 7-bit. Setiap bita dengan set bit tinggi adalah karakter Telnet khusus. Pada 5 Maret 1973, standar protokol Telnet didefinisikan di UCLA[5] dengan publikasi dua dokumen NIC: Spesifikasi Protokol Telnet, NIC 15372, dan Spesifikasi Opsi Telnet, NIC 15373.

Telnet 5250[sunting | sunting sumber]

Emulasi workstation IBM 5250 atau 3270 didukung melalui klien telnet khusus, TN5250/TN3270, dan server IBM. Klien dan server yang dirancang untuk melewati aliran data IBM 5250 melalui Telnet umumnya mendukung enkripsi SSL, karena SSH tidak termasuk emulasi 5250. Di bawah OS/400 (juga dikenal sebagai IBM i), port 992 adalah port default untuk telnet aman.[6]

Data telnet[sunting | sunting sumber]

Semua oktet data kecuali 0xff ditransmisikan melalui Telnet apa adanya. (0xff, atau 255 dalam desimal, adalah byte IAC (Interpret As Command) yang menandakan bahwa bita berikutnya adalah perintah telnet. Perintah untuk memasukkan 0xff ke dalam stream adalah 0xff, jadi 0xff harus lolos dengan menggandakannya ketika mengirim data melalui protokol telnet.)

Beberapa menggunakan aplikasi klien Telnet untuk membuat sesi TCP interaktif ke port selain port server Telnet. Koneksi ke port seperti itu tidak menggunakan IAC dan semua oktet dikirim ke server tanpa interpretasi. Misalnya, pengguna dapat membuat permintaan HTTP dengan tangan menggunakan versi baris perintah klien telnet ke server web pada port TCP 80 sebagai berikut:

$ telnet www.example.com 80
GET /path/to/file.html HTTP/1.1
Host: www.example.com
Connection: close

Namun layanan tersebut diimplementasikan melalui aturan network virtual terminal (NVT) dan Telnet tidak menangani beberapa persyaratan NVT lainnya, seperti persyaratan untuk karakter bare carriage return (CR, ASCII 13) yang harus diikuti oleh NUL (ASCII 0) karakter.

Ada klien terminal TCP lainnya, seperti netcat atau socat di UNIX dan PuTTY di Windows, yang menangani persyaratan tersebut. Namun demikian, Telnet masih dapat digunakan dalam debugging layanan jaringan seperti SMTP, IRC, HTTP, FTP atau POP3, untuk mengeluarkan perintah ke server dan memeriksa tanggapan.

RFC terkait[sunting | sunting sumber]

Standar Internet[sunting | sunting sumber]

Standar yang Diusulkan[sunting | sunting sumber]

Informasional / eksperimental[sunting | sunting sumber]

  • RFC 1143, Metode Q dari Menerapkan Negosiasi Opsi TELNET
  • RFC 1571, Masalah Interoperabilitas lingkungan Opsi Telnet

RFC lainnya[sunting | sunting sumber]

Klien telnet[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ISBN 9781441967596". Andrew Wheen. Dot-dash to Dot.Com: How Modern Telecommunications Evolved from the Telegraph to the Internet. Springer, 2011. p. 132. (dalam bahasa Inggris). 
  2. ^ Postel, J. "Telnet Protocols". tools.ietf.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-31. 
  3. ^ "ISBN 9781118679555". Garth O. Bruen. WHOIS Running the Internet: Protocol, Policy, and Privacy. Wiley, 1st edition (November 2, 2015). p. 25. (dalam bahasa Inggris). 
  4. ^ The RFC 206 (NIC 7176) Diarsipkan 2017-03-15 di Wayback Machine., 9 August 1971; Computer Research Lab, UCSB; J. White.
  5. ^ McKenzie, A. M. "Telnet Protocol specifications". tools.ietf.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-31. 
  6. ^ "TCP/IP Ports Required for IBM i Access and Related Functions". www.ibm.com (dalam bahasa Inggris). 2020-02-19. Diakses tanggal 2020-07-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]