Prasejarah Korsika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Struktur bersejarah di Filitosa
Korsika merupakan substruktur maritim, di mana Sardinia kini mengarah ke arah selatan. Selama rendahnya level permukaan air laut di awal pasca-glasial, jalur biru tersebut dihubungkan dengan massa daratan.

Prasejarah Korsika analog dengan prasejarah pulau-pulau lain di Laut Tengah, seperti Sisilia, Sardinia, Malta dan Siprus, yang hanya bisa diakses oleh perahu dan budaya unggul yang pada tingkat tertentu sangat sempit; yaitu, dimodifikasi dari budaya Paleolitikum tradisional, Mesolitikum, Neolitikum dan Kalkolitikum prasejarah Eropa. Pulau-pulau Laut Aegea dan Kreta awal yang mengembangkan peradaban di Zaman Perunggu dan biasanya berada di bawah kategori tersebut. Zaman Batu Kreta, bagaimanapun berbagi fitur-fitur yang berasal dari pulau-pulau Mediterania prasejarah.

Kehadiran yang mungkin dari kebudayaan Paleolitikum Hulu di Korsika selama periode glasial terakhir merupakan topik yang menarik bagi para sejarawan yang mengkaji prasejarah, baik profesional maupun amatir. Kini, hanya satu kemungkinan lokasi dari periode ini yang diketahui. Bagi sebagian besar Paleolitik, Korsika, Sardinia, dan semua pulau di antaranya berlanjut hingga semenanjung Italia, meskipun telah menjadi pulau di berbagai waktu sebelum dan setelah sejarah geologis.

Masa prasejarah awal Korsika dimulai dengan era pra-Neolitikum Mesolitikum, ketika penduduk prasejarah Sardinia menyeberang Selat Bonifacio untuk berburu dari tempat penampungan batu di Korsika sekitar 9.000 SM. Hal ini berakhir dengan penjajahan oleh Yunani Kuno di Aléria pada tahun 566 SM, di Zaman Besi. Korsika, atau Kyrnos, tidak disebutkan sebelumnya. Oleh sebab itu, sejarah Korsika dimulai pada tahun 566 SM.

Pergeseran Flandria[sunting | sunting sumber]

Nama yang diberikan pada kenaikan permukaan laut setelah glasiasi terakhir adalah Pergeseran Flandria. Hal ini telah dicatat dengan baik oleh data inti sampel dan diubah menjadi bentuk grafik (lihat artikel). Selama proses glasiasi terakhir, Korsika dan Sardinia terhubung dan bergabung ke Tuscany melalui Kepulauan Tuscan. Massa tanah Korsika lebih besar dibandingkan lapisan signifikan yang kini tenggelam.

Dengan pemanfaatan kedalaman rata-rata dari sekitar 70 m Selat Bonifacio, level laut akan terdapat pada titik tersebut yang berkisar 12.0000 BP di sekitar tahun 10.000 SM. Sebagaimana halnya bahwa budaya Paleolitik tidak menyebar pada seluruh bagian lapisan dan tulang jari dari 20.000 BP di Sardinia yang memberikan bukti tentang keberadaan pasti manusia Paleolitikum di sana, di mana kesimpulan paling logis (yang dicapai oleh hampir semua ahli prasejarah) yang perhatian dengan berkurangnya artefak-artefak Paleolitik, di mana situs-situs tersebut telah ada, tetapi belum ditemukan. Satu alasan atas hilangnya artefak-artefak ini adalah karena tenggelam.

Situs mesolitikum sebagian besar terbatas pada dataran rendah Korsika, yang membentuk sebuah lapisan di sekitar pegunungan, dengan sedikit tertarik pada pertanian model primitif yang sulit untuk diburu. Sebelum transgresi, lapisan lain yang lebih rendah harus menyediakan akses mudah ke era Palaeolitik. Menurut bukti saat ini, era Mesolitikum benar-benar berada dalam fase kepulauan, yang membutuhkan Mesolitikum dalam bepergian dengan kapal. Tidak ada persyaratan semacam itu dalam memungkinkan Palaeolitik; Akibatnya, argumen yang didasarkan pada kemampuan perjalanan maritim Palaeolitikum tidak relevan dalam kasus ini.

Demografi genetik[sunting | sunting sumber]

Kajian genetik tahun 2004 oleh Tofanellu dan lainnya[1] telah ditemukan bahwa delapan dari lokasi autosomal pada DNA dalam sel darah dari 179 darah pendonor dari Korsika yang dibandingkan dengan jarak genetik antara alel (varian di lokasi tersebut) dalam upaya penentuan "homogenitas" atau kedekatan kekerabatan dan "heterogenitas" dalam sampel populasi di Korsika yang juga antara sampel yang satu dengan sampel lainnya di tempat lain. Analisis varian adalah metode statistik utama yang diterapkan pada data.

Wilayah Corte, yang merupakan pedalaman Korsika, para investigator menggunakan terma stokastik (acak), dalam menemukan variabilitas yang lebih tinggi di antara orang Korsika dibandingkan acuan penduduk Mediteranian yang tersisa. Terdapat pula jarak antara Corse-du-Sud dan Haute-Corse. Penggunaan generasi yang diasumsikan selama 25 tahun tersebut; para penyidik memperkirakan basis populasi di 20.000 tahun lalu untuk manusia pertama di Korsika. Di mana, jumlah ini sama sekali tidak didukung oleh bukti arkeologi, dan hal ini menunjukkan bahwa sisa-sisa budaya Paleolitik mungkin belum muncul.

Jarak genetik terbesar antara penduduk di Sardinia dan Korsika, mengindikasikan bahwa pulau-pulau tersebut dihuni oleh orang-orang yang berbeda. Para peneliti mengecualikan aliran gen yang signifikan antara kedua pulau tersebut. Kedekatan paling dekat adalah dengan penduduk Toscana. Di mana para peneliti mengaitkan kekerabatan yang lebih dekat ini dengan masuknya arus utama dari Neolitikum awal dan pertengahan, yang mereka tentukan dari 6 hingga 8 milenium SM. Selanjutnya, mereka mempostulatkan perluasan populasi di Kalkolitik, yang dibuktikan dengan distribusi artefak Korsika di seluruh Mediterania. Pemisahan penduduk Korsika dan non-Korsika termasuk dalam batas yang lebar, di mana menurut Tofanelli tidak lebih awal dari 19.000 SM atau lebih dari tahun 3000 SM.

Sebuah studi pada tahun 2002 oleh Vona dan yang lainnya dari 19 penanda genetik, terdapat 54 alel, di mana pada 1.164 orang mencapai kesimpulan yang berlawanan:[2] Korsika juga tampaknya sangat berbeda dari penduduk yang berada di daerah seperti Prancis dan Tuscany .... Penduduk Mediterania yang paling sebanding dengan Korsika adalah Sardinia. "Rupanya studi genetik terhadap orang-orang Korsika masih dilakukan eksplorasi dan belum mencapai bukti definitif mengenai spesies mereka, pada afinitas mereka pada penduduk lain. Kedua studi ini menarik kesimpulan yang sama tentang kesenjangan antara Corse-du-Sud dan Haute-Corse.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tofanelli, Sergio; Luca Taglioli; Laurent Varesi; Giorgio Paoli (April 2004). "Genetic History of the Population of Corsica (Western Mediterranean) as Inferred from Autosomal STR Analysis". Human Biology. Diakses tanggal 2008-05-01. 
  2. ^ Vona, G.; P. Moral; M. Memmì; M.E. Ghiani; L. Varesi (2003). "Genetic structure and affinities of the corsican population (France): Classical genetic markers analysis". American Journal of Human Biology. 15 (2): 151–163. doi:10.1002/ajhb.10133. PMID 12621603. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-05. Diakses tanggal 2008-05-02. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Costa, Laurent-Jacques (2004). Corse préhistorique: peuplement d'une île et modes de vie des sociétés insulaires, IXe-IIe millénaires av. J.-C (dalam bahasa Prancis). Paris: Errance. ISBN 2-87772-273-2. .
  • Costa, Laurent-Jacques (2006). Questions d'économie préhistorique. Modes de vie et échange en corse et en Sardaigne (dalam bahasa Prancis). Ajaccio: Éditions du CRDP. .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]