Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/7

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret Ben Tillett

Benjamin Tillett (11 September 1860 – 27 Januari 1943) adalah sosialis Britania , pemimpin serikat kerja dan politisi. Dia lahir di Bristol dan memulai kariernya sebagai pelaut, sebelum pergi ke London dan bekerja sebagai buruh pelabuhan.

Dia memulai kariernya sebagai organisator serikat buruh pada 1887 dengan membentuk Tea Operatives and General Labourers Union di dermaga Tilbury. Tillett dan serikat buruhnya, mengubah namanya menjadi Dock, Wharf, Riverside and General Labourers' Union, menjadi terkenal selama Pemogokan dermaga London (1889), meski pemogokan itu dimulai tanpa keterlibatan serikatnya. Tillett juga memainkan peran penting sebagai pemimpin dalam pemogokan dermaga pelabuhan pada 1911 dan 1912. Dia memiliki peran penting dalam pembentukan National Transport Workers' Federation pada 1910, bersama Havelock Wilson dari Seamen's Union.

Serikat Tillett adalah serikat terbesar yang pada 1922 ikut membentuk Transport and General Workers' Union. Wakilnya, Ernest Bevin, yang mengambil peran utama dalam penyatuan itu dibandingkan Tillett sendiri. Bevin menjadi Sekretaris Jenderal serikat baru itu, sedangkan Tillett menduduki jabatan Sekretaris Internasional dan Politik sampai 1931 dan mempertahankan kedudukannya dalam Dewan Umum Kongres Serikat Buruh sampai 1932.

Tillett adalah anggota Masyarakat Fabian dan anggota pendiri Partai Buruh Independen, tapi kemudian bergabung ke Federasi Demokratik Sosial. Dia juga bergabung ke Masyarakat Sosialis Bristol pada 1880-an, ketika dia sering berkunjung ke kota tersebut.