Portal:Sosialisme/Biografi pilihan/4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
:Potret Eduard Bernstein

Eduard Bernstein (6 January 1850 – 18 Desember 1932) adalah teoritikus demokratik sosialis dan politisi Jerman, anggota Partai Sosial Demokratik Jerman, dan pendiri sosialisme evolusioner dan revisionisme.

Die Voraussetzungen des Sozialismus (1899) adalah tulisan paling penting Bernstein dan terutama menekankan pada penyangkalan prediksi Marx mengenai kematian cepat dari kapitalisme. Di dalamnya, Bernstein menekankan fakta sederhana bahwa prediksi Marx tidak akan terjadi: dia menulis bahwa sentralisasi industri kapitalis, meski penting, tapi tidak menjadi keseluruhan dan bahwa kepemilikan modal menjadi semakin tersebar, bukan sebaliknya. Dia juga menekankan apa yang dia anggap sebagai kelemahan dalam teori nilai kerja Marx.

Bernstein percaya bahwa sosialisme dapat tercapai melalui kapitalisme, tidak melalui kehancuran kapitalisme; seperti hak-hak yang secara bertahap didapat pekerja, as rights were gradually won by workers, perjuangan mereka atas keluhan akan berkurang, demikian juga seharusnya dasar revolusi.