Portal:Lady Gaga/Selected article/2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Diskografi penyanyi pop Amerika Serikat Lady Gaga terdiri dari dua album studio, dua album kompilasi, tiga album mini (EP), dua belas singel (termasuk satu singel fitur), enam single promosi, satu video album dan empat belas video musik. Pada Agustus 2010, ia telah menjual lebih dari 51 juta single dan 15 juta album di seluruh dunia.

Gaga memulai debutnya pada Agustus 2008 dengan album The Fame, sebuah album yang menarik inspirasi dari musik '80-an sedangkan menggabungkan musik dance dan clear hook. Pada Mei 2011, The Fame telah terjual lebih dari 12 juta kopi di seluruh dunia. The Fame memuncak di nomor dua di Amerika Serikat dan kemudian bersertifikat triple platinum< sementara juga terlihat sukses besar di Eropa di mana The Fame menduduki puncak tangga lagu di Jerman dan Inggris. Dua singel pertamanya, "Just Dance" dan "Poker Face", keduanya memuncak di nomor satu di Amerika Serikat dan mencapai berlipat lima platinum untuk penjualan lima juta kopi. Singel ini juga sukses secara internasional, mencapai nomor satu di Australia, Kanada dan Inggris. Album ini mengeluarkan tiga singel lain:.. "Eh, Eh (Nothing Else I Can Say)" , "LoveGame", yang menjadi singel charting terendah di beberapa negara, sementara "Paparazzi", single terakhir album, mencapai sepuluh besar di banyak negara di seluruh dunia, termasuk nomor satu di Jerman.

Keberhasilan komersial dan kritis album pertama-nya menyebabkan rencana edisi deluxe berjudul The Fame Monster yang akhirnya dirilis sebagai EP mandiri pada November 2009. Album ini memuncak di nomor satu di Australia dan mencapai nomor lima di Amerika Serikat , di mana ia platinum. Singel pertamanya, "Bad Romance", menjadi hit internasional dan mencapai nomor satu di dua belas negara, sementara memuncak pada nomor dua di Amerika Serikat. Single berikutnya, "Telephone" dan "Alejandro", adalah sepuluh hits di banyak negara. Terdiri dari berbagai remix lagu-lagu dari The Fame dan The Fame Monster, album kompilasi pertama Gaga The Remix dirilis pada tahun 2010. Album ini memuncak di nomor enam di Amerika Serikat sementara mencapai lima besar di Kanada dan Inggris. Album The Remix telah terjual 500.000 kopi di seluruh dunia, sehingga menjadikannya salah satu best selling remix album sepanjang masa.

Baca lebih lanjut...