Portal:Lady Gaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
sunting   

PORTAL LADY GAGA

Ladygagaperforming-edit.jpg

Stefani Joanne Angelina Germanotta (lahir 28 Maret 1986; lebih dikenal dengan nama panggungnya Lady Gaga) adalah seorang penyanyi pop Amerika Serikat. Setelah tampil dalam kancah musik rock di New York bagian Lower East Side pada tahun 2003 dan kemudian mendaftar di New York University, Tisch School of the Arts, ia segera menandatangani kontrak dengan Streamline Records, sebuah jejak Interscope Records. Selama waktu awal Gaga di Interscope, ia bekerja sebagai penulis lagu untuk artis label sesama dan menarik perhatian artis rekaman Akon, yang mengakui kemampuan vokalnya, dan menandatanganinya ke label miliknya sendiri, Kon Live Distribution.

Gaga menjadi terkenal setelah merilis album debutnya The Fame (2008), yang sukses baik secara kritik dan secara komersial dan meraih popularitas internasional dengan singel "Just Dance" dan "Poker Face". Album ini mencapai nomor satu di tangga album enam negara, menduduki puncak grafik Billboard Dance/Electronic Albums sekaligus memuncak pada nomor dua di grafik Billboard 200 di Amerika Serikat dan mencapai posisi sepuluh besar di seluruh dunia. Album keduanya, The Fame Monster (2009), kelanjutan dari The Fame, menghasilkan dua singel nomor satu di berbagai negara yaitu "Bad Romance" dan "Telephone", sehingga dia diperbolehkan untuk memulai tur konser global kedua, The Monster Ball Tour, hanya beberapa bulan setelah selesai tur pertama, The Fame Ball Tour. Album studio kedua Born This Way, dirilis pada Mei 2011, menduduki puncak tangga album di seluruh pasar musik utama, setelah kedatangan singel "Born This Way", "Judas", dan "The Edge of Glory"—singel pertama mencapai nomor satu di negara di seluruh dunia dan merupakan penjualan singel tercepat dalam sejarah iTunes, menjual satu juta kopi dalam lima hari.

Baca lebih lanjut...
Menampilkan pilihan baru di bawah... (ganti)
sunting   

ARTIKEL PILIHAN

Gaga at monster booth2.jpg

Diskografi penyanyi pop Amerika Serikat Lady Gaga terdiri dari dua album studio, dua album kompilasi, tiga album mini (EP), dua belas singel (termasuk satu singel fitur), enam single promosi, satu video album dan empat belas video musik. Pada Agustus 2010, ia telah menjual lebih dari 51 juta single dan 15 juta album di seluruh dunia.

Gaga memulai debutnya pada Agustus 2008 dengan album The Fame, sebuah album yang menarik inspirasi dari musik '80-an sedangkan menggabungkan musik dance dan clear hook. Pada Mei 2011, The Fame telah terjual lebih dari 12 juta kopi di seluruh dunia. The Fame memuncak di nomor dua di Amerika Serikat dan kemudian bersertifikat triple platinum< sementara juga terlihat sukses besar di Eropa di mana The Fame menduduki puncak tangga lagu di Jerman dan Inggris. Dua singel pertamanya, "Just Dance" dan "Poker Face", keduanya memuncak di nomor satu di Amerika Serikat dan mencapai berlipat lima platinum untuk penjualan lima juta kopi. Singel ini juga sukses secara internasional, mencapai nomor satu di Australia, Kanada dan Inggris. Album ini mengeluarkan tiga singel lain:.. "Eh, Eh (Nothing Else I Can Say)" , "LoveGame", yang menjadi singel charting terendah di beberapa negara, sementara "Paparazzi", single terakhir album, mencapai sepuluh besar di banyak negara di seluruh dunia, termasuk nomor satu di Jerman.

Keberhasilan komersial dan kritis album pertama-nya menyebabkan rencana edisi deluxe berjudul The Fame Monster yang akhirnya dirilis sebagai EP mandiri pada November 2009. Album ini memuncak di nomor satu di Australia dan mencapai nomor lima di Amerika Serikat , di mana ia platinum. Singel pertamanya, "Bad Romance", menjadi hit internasional dan mencapai nomor satu di dua belas negara, sementara memuncak pada nomor dua di Amerika Serikat. Single berikutnya, "Telephone" dan "Alejandro", adalah sepuluh hits di banyak negara. Terdiri dari berbagai remix lagu-lagu dari The Fame dan The Fame Monster, album kompilasi pertama Gaga The Remix dirilis pada tahun 2010. Album ini memuncak di nomor enam di Amerika Serikat sementara mencapai lima besar di Kanada dan Inggris. Album The Remix telah terjual 500.000 kopi di seluruh dunia, sehingga menjadikannya salah satu best selling remix album sepanjang masa.

Baca lebih lanjut...
sunting   

ALBUM PILIHAN

Gaga Eh Eh.jpg

The Fame Monster (digayakan sebagai The Fame Mons†er) adalah album studio kedua oleh Amerika artis rakaman Lady Gaga, dirilis pada 18 November, 2009. Delapan lagu album awalnya dimaksudkan untuk menjadi bagian dari rilis ulang dari album debut Gaga The Fame. Namun, Gaga mengumumkan bahwa lagu baru akan tersedia sebagai album berdiri sendiri, karena ia berpikir kembali merilis terlalu mahal dan bahwa, sebagai potongan mewakili tubuh konseptual dan musik terpisah dari pekerjaan, tidak perlu lagu-lagu The Fame untuk mendukungnya. Sebuah paket Super Deluxe The Fame Monster berisi dua rilis dirilis pada tanggal 15 Desember 2009.

Albumnya berurusan dengan sisi gelap dari ketenaran, seperti pengalaman pribadi saat ia berkeliling dunia, diungkapkan melalui metafora monster. Gaga membandingkan nuansa album debutnya dan The Fame Monster dengan konsep Yin dan Yang. Cover album dilakukan oleh Hedi Slimane dan memiliki tampilan gothic yang gaga harus meyakinkan perusahaan rekaman dia untuk memungkinkan dia untuk menembak. Komposisi mengambil inspirasi dari musik Gothic dan fashion show. Kritikus kontemporer memberikan review positif dari album, dengan mayoritas dari mereka memuji lagu "Bad Romance", "Telephone", dan "Dance in the Dark".

Di beberapa negara, album naik di tangga album bersama-sama dengan The Fame sementara di lain seperti Amerika Serikat, Kanada dan Jepang, mereka berada di tangga album sebagai album terpisah. Album telah mencapai sepuluh besar di sebagian besar pasar utama. "Bad Romance" dirilis sebagai singel pertama album, topping Kanada, Inggris dan Irlandia grafik, sementara mencapai nomor dua di Australia, Amerika Serikat dan Swedia. Dia mengumumkan The Monster Ball Tour untuk mendukung album, yang dimulai pada 27 November 2009 dan akan terus sampai Desember 2010.

Baca lebih lanjut...
sunting   

LAGU PILIHAN

"Just Dance" adalah single perdana oleh artis rekaman Amerika Lady Gaga. Lagu ini diproduksi oleh RedOne dan co-tulis oleh RedOne, Gaga dan Akon (yang juga memberikan vokal tambahan), sementara juga menampilkan labelmate Colby O'Donis. Dirilis pada tahun 2008 sebagai lead single dari album debut gaga The Fame. Lagu ini ditulis oleh Gaga dalam sepuluh menit sebagai "a happy record". "Just Dance" juga memiliki pengaruh R&B dan lirik berbicara tentang menjadi mabuk di sebuah klub.

Lagu secara telah kritis dihargai, dengan tinjauan memuji lagu-seperti klub nya alam dan synthpop yang terkait dengan itu. Lagu juga telah mencapai sukses komersial dengan topping grafik di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Republik Irlandia, Belanda dan Inggris, serta mencapai sepuluh di banyak negara lain. Di Amerika Serikat, "Just Dance" menjadi sleeping hit, menghabiskan hampir lima bulan di Billboard Hot 100 sebelum akhirnya mencapai puncak grafik pada Januari 2009, setelah dirilis pada April 2008. Ini mencetak third-biggest single-week, semua menjual 419.000 download hanya dalam satu minggu dan pergi untuk menjadi lagu terlaris ketiga sepanjang masa digital di AS.

Video musik dari lagu yang dipotret Lady Gaga muncul dalam sebuah pesta di mana ia memainkan lagu, mendorong partai-penonton untuk mulai menari dalam kenikmatan. Gaga membandingkan pengalamannya dari video shooting dengan berada di set Martin Scorsese. "Just Dance" ditampilkan oleh Gaga dalam sejumlah penampilan live termasuk tur headlining pertamanya The Fame Ball Tour dan The Monster Ball Tour di seluruh dunia. Pada tahun 2009, lagu itu menerima nominasi Grammy dalam kategori Best Dance Recording namun dikalahkan oleh Daft Punk duo elektronik untuk lagu mereka "Harder, Better, Faster, Stronger".

Baca lebih lanjut...
sunting   

GAMBAR PILIHAN

LadyGaga-EqualityMarch-Crop.jpg
Lady Gaga berpidato di National Equality March


sunting   

KATEGORI

Untuk menampilkan semua subkategori klik pada [+]
sunting   

TOPIK

sunting   

PORTAL YANG BERHUBUNGAN

sunting   

ASOSIASI WIKIMEDIA

sunting   

PORTAL LAIN