Portal:Lady Gaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

PORTAL LADY GAGA

Stefani Joanne Angelina Germanotta (lahir 28 Maret 1986; lebih dikenal dengan nama panggungnya Lady Gaga) adalah seorang penyanyi pop Amerika Serikat. Setelah tampil dalam kancah musik rock di New York bagian Lower East Side pada tahun 2003 dan kemudian mendaftar di New York University, Tisch School of the Arts, ia segera menandatangani kontrak dengan Streamline Records, sebuah jejak Interscope Records. Selama waktu awal Gaga di Interscope, ia bekerja sebagai penulis lagu untuk artis label sesama dan menarik perhatian artis rekaman Akon, yang mengakui kemampuan vokalnya, dan menandatanganinya ke label miliknya sendiri, Kon Live Distribution.

Gaga menjadi terkenal setelah merilis album debutnya The Fame (2008), yang sukses baik secara kritik dan secara komersial dan meraih popularitas internasional dengan singel "Just Dance" dan "Poker Face". Album ini mencapai nomor satu di tangga album enam negara, menduduki puncak grafik Billboard Dance/Electronic Albums sekaligus memuncak pada nomor dua di grafik Billboard 200 di Amerika Serikat dan mencapai posisi sepuluh besar di seluruh dunia. Album keduanya, The Fame Monster (2009), kelanjutan dari The Fame, menghasilkan dua singel nomor satu di berbagai negara yaitu "Bad Romance" dan "Telephone", sehingga dia diperbolehkan untuk memulai tur konser global kedua, The Monster Ball Tour, hanya beberapa bulan setelah selesai tur pertama, The Fame Ball Tour. Album studio kedua Born This Way, dirilis pada Mei 2011, menduduki puncak tangga album di seluruh pasar musik utama, setelah kedatangan singel "Born This Way", "Judas", dan "The Edge of Glory"—singel pertama mencapai nomor satu di negara di seluruh dunia dan merupakan penjualan singel tercepat dalam sejarah iTunes, menjual satu juta kopi dalam lima hari.

Baca lebih lanjut...

ARTIKEL PILIHAN

Diskografi penyanyi pop Amerika Serikat Lady Gaga terdiri dari dua album studio, dua album kompilasi, tiga album mini (EP), dua belas singel (termasuk satu singel fitur), enam single promosi, satu video album dan empat belas video musik. Pada Agustus 2010, ia telah menjual lebih dari 51 juta single dan 15 juta album di seluruh dunia.

Gaga memulai debutnya pada Agustus 2008 dengan album The Fame, sebuah album yang menarik inspirasi dari musik '80-an sedangkan menggabungkan musik dance dan clear hook. Pada Mei 2011, The Fame telah terjual lebih dari 12 juta kopi di seluruh dunia. The Fame memuncak di nomor dua di Amerika Serikat dan kemudian bersertifikat triple platinum< sementara juga terlihat sukses besar di Eropa di mana The Fame menduduki puncak tangga lagu di Jerman dan Inggris. Dua singel pertamanya, "Just Dance" dan "Poker Face", keduanya memuncak di nomor satu di Amerika Serikat dan mencapai berlipat lima platinum untuk penjualan lima juta kopi. Singel ini juga sukses secara internasional, mencapai nomor satu di Australia, Kanada dan Inggris. Album ini mengeluarkan tiga singel lain:.. "Eh, Eh (Nothing Else I Can Say)" , "LoveGame", yang menjadi singel charting terendah di beberapa negara, sementara "Paparazzi", single terakhir album, mencapai sepuluh besar di banyak negara di seluruh dunia, termasuk nomor satu di Jerman.

Keberhasilan komersial dan kritis album pertama-nya menyebabkan rencana edisi deluxe berjudul The Fame Monster yang akhirnya dirilis sebagai EP mandiri pada November 2009. Album ini memuncak di nomor satu di Australia dan mencapai nomor lima di Amerika Serikat , di mana ia platinum. Singel pertamanya, "Bad Romance", menjadi hit internasional dan mencapai nomor satu di dua belas negara, sementara memuncak pada nomor dua di Amerika Serikat. Single berikutnya, "Telephone" dan "Alejandro", adalah sepuluh hits di banyak negara. Terdiri dari berbagai remix lagu-lagu dari The Fame dan The Fame Monster, album kompilasi pertama Gaga The Remix dirilis pada tahun 2010. Album ini memuncak di nomor enam di Amerika Serikat sementara mencapai lima besar di Kanada dan Inggris. Album The Remix telah terjual 500.000 kopi di seluruh dunia, sehingga menjadikannya salah satu best selling remix album sepanjang masa.

Baca lebih lanjut...

ALBUM PILIHAN

'The Remix' adalah sebuah album kompilasi remix dari penyanyi Amerika Lady Gaga dirilis di Jepang pada 3 Maret 2010. Sebuah versi revisi yang ditetapkan untuk rilis di pasar tambahan, dimulai pada tanggal 3 Mei 2010. Album akan dirilis di Inggris pada 10 Mei 2010. Untuk album remix, Gaga berkolaborasi dengan sejumlah produsen dan peremix. Album ini mendapat review negatif, namun masuk pada Japanese Albums Chart di nomor sembilan. Simon Cage dari Daily Express memberikan album tiga dari lima bintang dan mengatakan bahwa dia "punya cara memenangkan dengan topi mewah namun bakat sejati Lady Gaga sebenarnya menjual album yang sama berulang-ulang [...] Ini bagus. Tapi ... sudah cukup!" Kritikus musik J.D. Considine, saat meninjau album untuk The Globe and Mail, memuji piano dan versi suara "Poker Face" dan mengatakan, "trek terpandai di remix album terbaru nya - seperti album kedua dalam sembilan bulan - bukan sebuah remix semuanya, tetapi versi piano-dan-suara polos dari Poker Face yang membawa keluar batin Elton John. Dan ya, langkah ini juga, mungkin hanyalah sedikit kalkulasi gambar manajemen, tapi itu tidak membuatnya kurang brilian." Matius Richardson dari Prefix Magazine mengomentaru The Sound of Arrows remix dari "Alejandro" dan mengatakan bahwa mereka "telah merilis materi dalam tetesan lambat, tapi kualitas telah sedemikian rupa sehingga orang masih memperhatikan. Sementara kita semua menunggu untuk album mereka turun, mudah-mudahan suatu saat sebelum dunia berakhir, remix ini bahwa duo itu Lady Gaga "Alejandro" baru-baru ini muncul. Kekeringan rumah laser selesai, untuk saat ini." Setelah rilis album di Jepang, album masuk di Oricon Japanese Albums Chart di peringkat sembilan.

Baca lebih lanjut...

LAGU PILIHAN

"Just Dance" adalah single perdana oleh artis rekaman Amerika Lady Gaga. Lagu ini diproduksi oleh RedOne dan co-tulis oleh RedOne, Gaga dan Akon (yang juga memberikan vokal tambahan), sementara juga menampilkan labelmate Colby O'Donis. Dirilis pada tahun 2008 sebagai lead single dari album debut gaga The Fame. Lagu ini ditulis oleh Gaga dalam sepuluh menit sebagai "a happy record". "Just Dance" juga memiliki pengaruh R&B dan lirik berbicara tentang menjadi mabuk di sebuah klub.

Lagu secara telah kritis dihargai, dengan tinjauan memuji lagu-seperti klub nya alam dan synthpop yang terkait dengan itu. Lagu juga telah mencapai sukses komersial dengan topping grafik di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Republik Irlandia, Belanda dan Inggris, serta mencapai sepuluh di banyak negara lain. Di Amerika Serikat, "Just Dance" menjadi sleeping hit, menghabiskan hampir lima bulan di Billboard Hot 100 sebelum akhirnya mencapai puncak grafik pada Januari 2009, setelah dirilis pada April 2008. Ini mencetak third-biggest single-week, semua menjual 419.000 download hanya dalam satu minggu dan pergi untuk menjadi lagu terlaris ketiga sepanjang masa digital di AS.

Video musik dari lagu yang dipotret Lady Gaga muncul dalam sebuah pesta di mana ia memainkan lagu, mendorong partai-penonton untuk mulai menari dalam kenikmatan. Gaga membandingkan pengalamannya dari video shooting dengan berada di set Martin Scorsese. "Just Dance" ditampilkan oleh Gaga dalam sejumlah penampilan live termasuk tur headlining pertamanya The Fame Ball Tour dan The Monster Ball Tour di seluruh dunia. Pada tahun 2009, lagu itu menerima nominasi Grammy dalam kategori Best Dance Recording namun dikalahkan oleh Daft Punk duo elektronik untuk lagu mereka "Harder, Better, Faster, Stronger".

Baca lebih lanjut...

GAMBAR PILIHAN

Lady Gaga tampil di Gröna Lund, Stockholm, 2008

KATEGORI

TOPIK

PORTAL YANG BERHUBUNGAN

ASOSIASI WIKIMEDIA

Proyek saudara Wikimedia Foundation berikut menyediakan lebih banyak tentang subjek ini:

Wikibooks
Buku

Commons
Media

Wikinews 
Berita

Wikiquote 
Kutipan

Wikisource 
Teks

Wikiversity
Sumber belajar

Wikivoyage 
Petunjuk perjalanan

Wiktionary 
Definisi

Wikidata 
Kumpulan data

Wikispecies 
Spesies