Pompeu Fabra i Poch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pompeu Fabra

Pompeu Fabra i Poch (Gràcia, 20 Februari 1868 - Prada-de-Conflent, 25 Desember 1948)[1] adalah seorang filolog Catalan dikenal sebagai seorang ahli bahasa Catalan yang telah menetapkan peraturan modern bahasa Catalan.

Josep Pla menulis bahwa "Fabra telah menjadi seorang Catalan yang paling penting di eranya karena ia adalah satu-satunya warga negara ini, yang pada waktu itu, mengusulkan untuk mendapatkan publik tertentu dan tujuan umum, suatu cara yang eksplisit dan tak terbantahkan".[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa kanak-kanak[sunting | sunting sumber]

Pompeu Fabra lahir pada tahun 1868 di jalan Mare de Déu de la Salut nomor 32 di lingkungan la Salut di desa tua Gracia, dan yang kemudian juga tinggal di jalan Gran de Gràcia. Ia adalah anak dari Josep Fabra i Roca dan Carolina Poch i Marti. Dia memiliki dua belas bersaudara dan dia adalah yang terkecil dari semua; tetapi sepuluh bersaudara meninggal dunia dan hanya tersisa dia dan dua saudara perempuannya. Ketika ia berusia lima tahun (1873) diproklamasikan Republik Negara Spanyol dan ayahnya, yang adalah seorang republikan, terpilih sebagai walikota di kotanya.[3] Meskipun keluarganya pindah ke Barcelona ketika ia berusia 6 tahun, dia selalu ingat asal-usulnya gracienc (Gracia).[4]

Beberapa awal produktivitas dan kontroversi[sunting | sunting sumber]

Fabra memulai studi teknik industri yang kemudian berganti dengan kecenderungan yang kuat untuk studi otodidak filologi. Pada tahun 1891 penerbit L'Avenç menerbitkan buku tata bahasa berjudul "Ensayo de gramática del catalán moderno", di mana untuk pertama kalinya dengan metodologi ilmiah menjelaskan bahasa dengan transkripsi fonetik yang akurat. Bersama-sama dengan Joaquim Casas Carbó dan Jaume Massó i Torrents, Fabra memulai kampanye bahasa yang kedua dari jurnal L'Avenç[5] kampanye-kampanye pertama adalah upaya ilmiah sistematik bahasa Catalan, yang menyebabkan kontroversi dan yang nantinya akan membentuk sketsa standardisasi di masa depan.

Pada tahun 1902 ia menerima posisi sebagai Pimpinan Departemen Fakultas Kimia di Sekolah Insinyur Bilbao, kota di mana dia menetap sampai 1912. Meskipun adanya pemindahtanganan kekuasaan di negara pada saat itu, selama beberapa tahun ia mendedikasikan secara intensif dalam filologi. Setelah ia kembali dari Bilbao, Fabra pindah ke Badalona, di sebuah desa nelayan yang sangat cocok untuk seorang pria yang telah menemukan ketertarikan untuk tinggal jauh dari kota-kota besar. Dan ideal untuk Teresa, salah satu anak tengahnya, yang dikarenakan kurang baik kesehatannya, para dokter telah menyarankan untuk tinggal di daerah dengan udara tepi pantai dan mandi di air laut. Ia menetap disana dari tahun 1912 sampai dengan tahun 1939, sampai ia pergi dalam pengasingan.

Pada tahun 1906 ia berpartisipasi dalam Kongres Internasional Bahasa Catalan dengan tema "Isu-Isu Ejaan Catalan". Prestisenya sebagai intelektual, terpancar kuat hingga titik dimana Prat de la Riba memilihnya langsung untuk memimpin proyek standardisasi bahasa Catalan. Kemudian ia kembali ke Catalonia, ia diangkat sebagai pendiri Fakultas Filologis di IEC dan menduduki kursi pimpinan dari Studi Universitas Catalan. Di tahun 1912, ia menerbitkan buku Tata bahasa Catalan atau Gramática de la lengua catalana, masih di dalam bahasa Spanyol; setahun setelah itu, ia memperkenalkan Aturan ejaan (1913), yang merupakan reformasi ejaan yang panjang, ditetapkan oleh l'Institut d'estudis Catalans,[6] yang, bersamaan dengan adanya dukungan yang kuat, menyebabkan kontroversi.[7] Salah satu dari poin-poin dasar ejaan yang dianjurkan oleh Fabra adalah menghormati pengucapan dialek, dan etimologi dari kata-kata. Dalam Diccionari ortogràfic (1917) melengkapi Standar di tahun 1913.

Penguasaan efektif[sunting | sunting sumber]

Pompeu Fabra di masa muda, yang dilukis dan dilihat dari sudut pandang Ramon Casas (MNAC).

Semenjak tahun 1918, dengan dipublikasikannya Gramàtica catalana, yang teradaptasi, dalam prakteknya, secara resmi, merupakan awal fase yang selesai dibuat pada tahun 1931[8] dengan dipublikasinya Diccionari General de la Llengua Catalana. Di tahun yang sama buku yang berjudul "Kursus Tingkat Menengah Tata Bahasa Catalan" atau Curs mitjà de gramàtica catalana, yang ditujukan terutama untuk di sekolah-sekolah dan diedit kembali di tahun 1968, dengan judul Introducció a la gramàtica catalana. Dalam Converses filològiques (1924) muncul keinginan untuk mengungkapkan refleksi bahasa. Ini adalah artikel yang relatif singkat menjawab segala keraguan bahasa yang sangat umum. Tahun berikutnya, ia menerbitkan buku Les principals faltes de gramàtica (Kesalahan-kesalahan utama dalam Tata Bahasa).

Pada tahun 1925 ia mulai bekerja di Dewan Provinsi Barcelona, tepatnya di Bagian Promosi dan Instruksi Publik dan Seni Rupa. Pada tahun 1927 ia diangkat sebagai profesor Prosodia Catalan di Institut del Teatre.

Konsolidasi tugas[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1932, Fabra menyetujui secara langsung, dengan alasan prestisenya, di departemen Catalan di Universitas Barcelona. Melalui dia bahasa katalan untuk pertama kalinya dalam sejarah menjadi bahasa resmi. Pada tahun 1933, Fabra menjadi presiden dari dewan pembina yang baru Universitat Autònoma de Catalunya, yang baru saja didirikan. Dalam Kamus tahun 1932, sudah disebutkan, dan dikenal sebagai Diccionari Fabra o el Pompeu (Kamus Fabra atau el Pompeu), hal itu dimaksudkan sebagai sebuah sketsa kamus resmi di masa depan dari Institut d'Estudis Catalans. Kriteria yang memimpin penyusunan kamus ini dapat diringkas seperti ini:

  1. Pengeluaran/pengecualian archaism (arkaisme) dan dialektisme dari penerimaan yang sulit oleh pembicara.
  2. Penolakan istilah dari bahasa lain yang menggantikan kata-kata dari Catalan atau yang menghalangi pembuatan istilah baru.
  3. Tidak diterimanya kata-kata yang dipinjam dari bahasa lain, yang menggantikan kata-kata khas Catalan atau yang memungkinkan untuk membuat kata-kata baru.
  4. Penggabungan kata-kata teknis asal Yunani-Latin atau warisan universal, menyesuaikannya dengan karakteristik bahasa catalán..

Dalam beberapa tahun terakhir[sunting | sunting sumber]

Pompeu Fabra, menyeberangi perbatasan Prancis-Spanyol pada tanggal 31 Januari 1939, lima hari setelah pasukan jenderal Franco masuk ke Barcelona. Setelah ia tinggal lama di pengungsian di Paris, Montpellier, Perpignan dan, akhirnya, di Prada-de-Conflent, di mana ia meninggal pada tanggal 25 Desember, 1948, di jalan Marxants nomor 15 .[9] Antara 14 September 1945 dan 22 Januari 1948 dia menjadi kepala Pemerintah di pengasingan.

Di tahun-tahun terakhir hidupnya, terlepas dari kondisi yang merugikannya, ia terus bekerja dan menerbitkan Tata bahasa Catalan Baru, diterbitkan secara anumerta pada tahun 1956 oleh Joan Coromines.

Pemimpin olahraga[sunting | sunting sumber]

Fabra terikat sepanjang hidupnya sebagai ahli ilmiah studi wisata, dan merupakan anggota dari Pusat Excursionista de Catalunya, dari tahun 1891.[10] Ia melakukan perjalanan di seluruh wilayah Catalonia dan juga tinggal di kamp-kamp musim panas di Pyrenees, dan melakukan pendakian ke puncak yang terkenal. Ia terpilih sebagai presiden dari Asosiasi Tenis Rumput (saat ini disebut Federasi Tenis Catalan) dan kemudian pada tahun 1933, diangkat sebagai presiden pertama dari Federasi Olahraga Uni Catalan. Selain itu, ia menjadi bagian dari tenis FC Barcelona. Fabra dianggap sebagai tokoh penting olahraga dan untuk pendidikan dan artikulasi bangsa. Ia biasanya berolahraga tenis di trek pabrik Cros, di Badalona, dengan putrinya Carola.[11]

Dalam sebuah laporan yang berbicara tentang pentingnya tenis di Catalonia, dikatakan bahwa tenis di Catalonia adalah penting. Artinya, tenis adalah bumi kita, salah satu fokus utama dari Semenanjung. Yang lainnya berada di Madrid, Bascònia, Huelva, dan sekarang, mulai tumbuh di kota-kota lain. Pengadilan di Catalonia telah mencapai tingkat yang luar biasa penting dan prestise, tidak hanya muncul nama dari orang-orang yang bermain, tetapi juga memiliki kualitas yang sangat baik dari banyak pemain, kualitas yang melampaui yang terbaik dari tempat-tempat lain yang disebutkan".

Dengan statusnya sebagai presiden, oleh karena itu, dari Federasi Olahraga Uni Catalan, mengangkat Fabra menjadi pemimpin tertinggi olahraga Catalan selama bertahun-tahun di era Republik, sampai mereka berhenti beraktivitas ketika pecahnya Perang Sipil.[12]

Karya lengkap[sunting | sunting sumber]

Karya lengkap[13] dari Pompeu Fabra adalah hasil dari sebuah proyek penelitian Generalitat de Catalunya, Institut d'estudis Catalans dan Pemerintah Kepulauan Balearis, hasil dari perjanjian kerjasama yang ditandatangani pada tahun 2002. Volume baru yang bentuknya dikumpulkan dari bibliografi penting Fabra hingga tertulis diabaikan dan bahkan tidak diketahui. Salah satu contoh adalah catatan yang diambil oleh beberapa mahasiswa dalam kuliah dan kursus-kursus, yang mengungkapkan isi yang tidak muncul dalam karya-karya ahli bahasa, atau ide-ide tata bahasa sebagai cikal bakal yang kemudian dipamerkan dalam karya-karyanya.

Volume pertama mencakup tiga tata bahasa, 1891, 1898 dan tahun 1912; kedua, lima tata bahasa, yang diterbitkan antara tahun 1918 dan 1946 dan beberapa kursus oral (percakapan); ketiga, tata bahasa Prancis pada tahun 1919 dan Inggris dari tahun 1924, bersama dengan serangkaian artikel yang diterbitkan antara tahun 1887 dan 1926; volume keempat berisi karya-karya ejaan Pompeu Fabra (Perjanjian ejaan, 1904, dalam ejaan dan tata bahasa dari tahun 1913 dan Kamus ejaan dari 1917-1937) dan manual bahasa yang diterbitkan oleh Redaksi Barcino; kelima, "Kamus umum bahasa Catalan" di tahun 1932; keenam, tata bahasa dari 1918-1933, tata bahasa Catalan 1946 dan tata bahasa anumerta, 1956, selain terjemahan teater; ketujuh berisi Percakapan filologis; kedelapan, Surat dari Fabra dan Kursus Bahasa Catalan untuk korespondensi, dan kesembilan dan yang terakhir termasuk teks dan bahan linguistik ditemukan dalam berbagai publikasi, secara keseluruhan kronologi kehidupan dan pekerjaan dan daftar pustaka pada sosok dan karya Fabra.[14] Sejak Maret 2018, semua karyanya digitalisasi dan dapat dikonsultasikan secara online di website Pompeu Fabra..[15]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Monumen Pompeu Fabra terletak di Plaça Assemblea de Catalunya de Badalona.
Direktur jenderal Kebijakan Linguistik, Ester Franquesa; presiden dari Institute Studi Catalan, Joandomènec Ros, dan kurator dari Tahun Fabra, Jordi Jenewa, dalam presentasi Tahun Fabra.
  • Tahun 1980 namanya dijadikan nama sebuah jalan di lingkungan La Salut,[16] di mana ia lahir dan menghabiskan masa kecilnya.
  • Tanggal 18 juni 1990 Pemerintah Catalonia mendirikan Pompeu Fabra University, untuk mengenang karyanya. Universitas ini telah menyelenggarakan beberapa workshop untuk memperkenalkan Fabra kepada siswa.
  • Alun-alun dan stasiun metro untuk Badalona (kota tempat tinggal selama hampir tiga puluh tahun) membawa nama-nya.[17]
  • Avenida de Pompeu Fabra (Palafrugell).[18]
  • Alun-alun dari Pompeu Fab ra dalam nomenklatur dari Sabadell.
  • Pada usulan dari beberapa warga badalona di Dewan Wali kota, di tahun 1935, memberikan Penghargaan Pompeu Fabra.
  • 2010 - juli: menamakan garis 2 (ungu) Line Metro di Badalona-Pompeu Fabra.
  • 2018: Tahun Fabra. Generalitat de Catalunya mendedikasikan tahun 2018 sebagai tahun Pompeu Fabra, untuk memperingati 150 tahun kelahiran dan ulang tahun ke-100 publikasi aturan Tata bahasa Catalan.

Warisan sastra[sunting | sunting sumber]

Sementara ia berada di Bilbao, di mana ia pindah pada tahun 1902, ia menyiapkan buku Gramática de la lengua catalana (1912). Setelah ia berada di kota Badalona, l'Institute d'estudis Catalans memberlakukan Aturan ejaan (1913), terutama karya seni, yang sekarang merupakan bagian penting dari aturan ejaan dan dipertahankan oleh kelompok L'Avenç dan yang menjadi dasar bagi pembentukan Kamus, yang disusun di bawah arahannya (1917). Pada tahun 1918 disaat ia berada di Badalona, Fabra menerbitkan Tata bahasa Catalan, yang dikerjakan oleh l'Institut d'estudis Catalans (yang diadopsi sebagai bahasa resmi). Ia menulis, selama periode badaloní, yang dikenal sebagai Curs mitjà de gramàtica catalana (Kursus Tingkat Menengah Tata Bahasa Catalan), yang diterbitkan oleh Asosiasi untuk Perlindungan Pendidikan di Catalonia (1918).

Selama periode badaloní, Pompeu Fabra, membuat karya penting dan terkenal: Kamus Umum Bahasa Catalan. Dalam kamus ini anda akan mengenali beberapa localisme yang tak diragukan sebagai referensi badalonina ("badiu", "micaco"...). Untuk alasan yang sama, Fabra disebut juga sebagai anak angkat Badalona dan menerima penghargaan Medali dari kota tersebut, yang dikelola oleh Dewan kota sebagai penghargaan tertinggi yang didedikasikan untuk warga negara anak-anak atau penduduk kota yang, dengan tindakan mereka, bakat mereka dan kebaikan mereka, telah memberikan kontribusi terhadap kehormatan dan tindakan terpuji; dan orang-orang yang dengan keberanian moral dan intelektual dan manfaat sastra, ilmiah, artistik dan heroik itu akan membuat kreditur.

Tahun 1939 ia meninggalkan Badalona dan menghabiskan musim panas di rumah Sant Feliu de Codines, di mana hingga masa pengasingannya ke Negara Prancis. Tinggal di Paris, Montpellier, Perpignan dan, akhirnya, ia menetap di Prada-de-Conflent, di mana ia meninggal dan dimakamkan di tahun 1948. Selama tahap akhir dari hidupnya ia melanjutkan kerja filologis dan diterbitkan secara anumerta dalam Tata bahasa Catalan (1956).

Warisan badaloní[sunting | sunting sumber]

Kota Badalona (Barcelonès), karena link yang kuat dengan Fabra, telah mendedikasikan beberapa ruang untuk mengenangnya. Kita, juga, dengan pameran ini dikhususkan untuk mengenang seorang insinyur, filolog, dari 20 Oktober hingga 20 November 2010 di pusat Espai Betúlia. Pompeu Fabra, sebuah bahasa untuk segala sesuatu dan semua orang memadukan tiga konsep "Bahasa, Fabra dan Badalona" dengan keinginan yang besar dari masing-masing untuk menjadi seimbang.

Hal lain yang penting adalah Monumen Pompeu Fabra di Òmnium Cultural dengan tujuan memperingati abad Ketujuh belas Festival Budaya Pompeu Fabra. Satu hal lainnya lagi yang merupakan tanda penghargaan dari warga Badalona adalah dalam pengakuan mereka terhadap Pompeu Fabra sebagai seorang sosok "Guru Besar", rasa hormat untuk pekerjaannya dan kenangan yang mengingat masa-masa ketika Pompeu Fabra berada di kota tersebut.

Dengan alasan adanya renovasi di garis atau lajur 2 (L2) metro tujuan Badalona dan di alun-alun di mana terdapat pintu keluar dari metro, yangmana 2 stasiun ini merupakan sektor yang penting bagi masyarakat sipil di Badalona (badalonina) mengaktifkan kembali tuntutan mereka untuk memberi penghargaan sang Guru dengan memberikan namanya pada kedua stasiun metro baru di alun-alun kota. Dengan keterlibatan lembaga-lembaga, tetapi di atas semua itu berkat tekanan dari masyarakat sipil, hari ini metro dan alun-alun membawa nama "Pompeu Fabra". Kota-kota lain juga mendedikasikan ruang publik untuk memperingati sang linguis, seperti yang ada di Sabadell, dengan alun-alun, atau Palafrugell, dengan avenue.

Saat ini kita dapat menemukan dengan sebuah plakat peringatan bertempat di Dewan kota Badalona, pada tahun 2010, yang mengingatkan kita dimana Fabra tinggal di kota ini.

IEC mendedikasikan ruang khusus yang merupakan salah satu dari tujuh pendiri Filologis di tahun 1911. Kita melihatnya sebagai contoh, misalnya, dengan adanya Ruang Pompeu Fabra, yang mencakup sampel dari bahan-bahan yang berkaitan dengan sang Maestro dari Arsip Institute of Studies Catalan, yang bertujuan untuk mencerminkan hubungan Fabra dengan lembaga dan kontribusinya yang berharga untuk bahasa Catalan. Kita bisa melihat dari adanya Fundasi Pompeu Fabra, dibentuk oleh Jordi Mir, yang terdiri dari 1.535 catatan hasil kerjanya. Semua bahan ini dijadikan katalog dan tersusun rapi di kantor IEC.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Referències

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Kamus Umum Bahasa Catalan
  • Institut Studi Bahasa Catalan
  • Antoni Maria Alcover i Sureda
  • Francesc de Borja Moll
  • Kamus Alcover-Moll
  • Joan Coromines i Vigneaux

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • ^ «Pompeu Fabra i Poch». L'Enciclopèdia.cat. Barcelona: Grup Enciclopèdia Catalana.
  • ^ http://www.lletres.net/pla/fabrapla2.html
  • ^ Pompeu Fabra i la llengua catalana - Àngel Servet i Martí any 1990
  • ^ El Periódico de Catalunya (ed.). http://www.elperiodico.cat/ca/noticias/gracia/pompeu-fabra-filoleg-illustre-excursionista-1503282.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ www.uoc.edu (ed.). http://www.uoc.edu/lletra/revistes/revistalavenc/.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ Generalitat de Catalunya (ed.). http://www20.gencat.cat/portal/site/Departament-de-la-Presidencia/menuitem.7b6b6ed90c92ef316d740d63b0c0e1a0/?vgnextoid=db5932922a8ab310VgnVCM1000008d0c1e0aRCRD&vgnextchannel=db5932922a8ab310VgnVCM1000008d0c1e0aRCRD&vgnextfmt=default.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ . ISBN 8472027457 http://books.google.cat/books?id=GTjjuRy0lvQC&pg=PA153&dq=ortografia+Pompeu+Fabra+catal%C3%A0+central&hl=ca&ei=SLurTfyTEenS4wa7utSaCg&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=5&ved=0CDEQ6AEwBA#v=onepage&q=ortografia%20Pompeu%20Fabra%20catal%C3%A0%20central&f=false.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ Categoria:Articles amb referències sense format http://lexicografia.blogspot.com/2011/10/el-fabra-de-1931.html El Fabra del 31
  • ^ https://www.ara.cat/dossier/Gracies-Fabra-vetllans-des-Prada_0_1963603649.html.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ . ISBN B-42.090-2007 Periksa nilai: invalid character |isbn= (bantuan).  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ Franquesa i Bonet, Ester. Pompeu Fabra, una llengua per a tot i per a tothom (en català). Espai Betúlia. Badalona: Espai Betúlia, octubre de 2010, p. 88. ISBN 978-84-606-5197-0. 
  • ^ . doi:10.2436/20.2503.01014.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ http://pompeu-fabra.espais.iec.cat/obra/obres-completes-de-pompeu-fabra/.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ «Les Obres completes de Pompeu Fabra es presenten dijous a l'IEC i s'enllesteix un projecte encetat l'any 2002». Web. Generalitat de Catalunya, 2012. [Consulta: Maig 2013].
  • ^ http://ocpf.iec.cat/ocpf.cgi.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ Ajuntament de Barcelona (ed.). http://w10.bcn.cat/APPS/nomenclator/frcontent.jsp?idioma=0.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ Diari El Punt (ed.). http://www.elpunt.cat/noticia/article/1-territori/12-infraestructures/160187.html.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  • ^ Ajuntament de Palafrugell (ed.). http://www.palafrugell.cat/guia-de-la-ciutat/nomenclator-de-carrers/item/pompeu-fabra-avinguda-de.html?category_id=23.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)