Pollock (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pollock
PollockPoster2000.jpg
Poster film Pollock
SutradaraEd Harris
ProduserEd Harris
Fred Berner
Jon Kilik
James Francis Trezza
SkenarioBarbara Turner
Susan Emshwiller
BerdasarkanJackson Pollock: An American Saga
oleh Steven Naifeh dan Gregory White Smith
PemeranEd Harris
Marcia Gay Harden
MusikJeff Beal
SinematografiLisa Rinzler
PenyuntingKathryn Himoff
Perusahaan
produksi
Brant-Allen
Fred Berner Films
Pollock Films
Zeke Productions
DistributorSony Pictures Classics
Tanggal rilis
Durasi
123 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$6 juta[2]
Pendapatan kotor$10.558.970[3]

Pollock adalah film biografi drama Amerika Serikat tahun 2000 yang disutradarai oleh Ed Harris dan diproduseri oleh Ed Harris, Fred Berner, Jon Kilik dan James Francis Trezza. Naskah film ini ditulis oleh Barbara Turner dan Susan Emshwiller berdasarkan buku Jackson Pollock: An American Saga karya Steven Naifeh dan Gregory White Smith. Film ini dibintangi oleh Ed Harris dan Marcia Gay Harden.

Film Pollock ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 6 September 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 15 Desember 2000. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Sembilan tahun yang lalu, Jackson Pollock (Ed Harris) mencari nafkah dengan memamerkan lukisan sesekali di pertunjukan seni. Ia tinggal bersama saudaranya, Sande (Robert Knott), dan saudara iparnya, Arloie (Molly Regan), di sebuah apartemen kecil di New York. Arloie memberitahu Sande bahwa mereka memiliki bayi dan mengisyaratkan kepada Jackson bahwa ia harus pindah. Segera setelah itu, Jackson bertemu dan tertarik dengan seorang pelukis bernama Lee Krasner (Marcia Gay Harden). Kemudian, saat makan malam, Jackson mengetahui bahwa Sande pindah ke Connecticut untuk mengambil pekerjaan membangun pesawat militer untuk menghindari wajib militer. Tidak dapat mengerti perasaannya sendiri yang campur aduk, Jackson melanjutkan pesta minum-minum dan ditemukan dalam keadaan masuk oleh Lee dan Sande. Lee mengetahui dari Sande bahwa Jackson didiagnosis menderita "neurosis klinis", lalu Lee membawa Jackson pulang dan memutuskan untuk menjadi manajernya.

Suatu hari, teman lama Jackson, Reuben Kadish (Matthew Sussman), datang bersama Howard Putzel (Bud Cort), yang bekerja untuk seorang kolektor seni yang kaya bernama Peggy Guggenheim (Amy Madigan). Peggy datang untuk melihat karya seni Jackson dan memberikan Jackson kontrak untuk menjual lukisannya seharga $2400, ditambah komisi untuk melukis mural 8-20 kaki di aula depan rumahnya di New York. Pameran pertamanya gagal menarik pembeli dan setelah pesta malam tahun baru, Jackson nyaris berada di tempat tidur bersama Peggy namun ia terlalu mabuk untuk melakukan pertunjukan dengan baik. Jackson jatuh pingsan dengan pemabuk lainnya setelah mendengar bahwa Howard telah meninggal. Lee meminta Jackson untuk membuat keputusan: menikahi Lee dan melanjutkan lukisannya, atau "berpisah". Jackson secara mengejutkan menuntut pernikahan gereja dan Lee memberitahu bahwa ia tidak menginginkan tamu.

Jackson dan Lee pindah ke rumah tepi pantai di Long Island dan mengadopsi anjing terlantar yang diberi nama Gyp. Jackson kecewa ketika Lee menjelaskan bahwa ia tidak ingin punya bayi. Pada acara reuni dengan Peggy, meskipun kritikus seni Clement Greenberg (Jeffrey Tambor) berkomentar, Jackson menunjukkan bahwa sulit baginya untuk mengubah lukisan yang telah selesai untuk disukai orang lain. Lukisan-lukisan Jackson masih belum terjual, tetapi Clement meyakinkannya bahwa hal-hal tersebut akan berubah setelah artikel Life terbit dan pameran berikutnya. Lee cemburu ketika Jackson memeluk wanita lain. Sementara itu, Jackson mencoba berbisnis lain untuk mencari nafkah, tetapi kebiasaan mabuknya menghalanginya untuk berbisnis. Ia berbohong kepada Sande tentang status keuangannya. Keuntungan Jackson berubah ketika artikel Life terbit dan ia mencoba menjauhkan diri dari alkohol. Sementara itu, seorang pembuat film bernama Hans Namuth (Norbert Weisser) mencoba untuk membuat film Jackson ketika ia melukis. Namun, kehadiran Hans mengganggu sifat spontan dari karya Jackson, membuat Jackson merasa seperti orang yang pura-pura bertindak. Ia kehilangan kesabaran dan mulai minum lagi, membuat Lee tidak senang, lalu ia menghancurkan acara makan malam Thanksgiving.

Lima tahun kemudian setelah pameran tahun 1950, Clement memberitahu Jackson bahwa majalah Partisan Review mendukung Clyfford Still, dan bahwa teknik aslinya bisa menjadi arah selanjutnya dari seni modern. Jackson yang mabuk tidak menerimanya dengan baik dan sangat marah ketika Lee memarahinya karena ia mabuk dan bermain dengan wanita lain. Jackson berpendapat bahwa itu semua dilakukan karena Lee tidak akan memiliki anak. Lee mengetahui bahwa Jackson berselingkuh dengan Ruth Kligman (Jennifer Connelly), tetapi ia tidak akan membiarkan Jackson bercerai. Ketika Lee pergi ke Venesia untuk mengunjungi Peggy, Jackson mendapatkan panggilan darinya dan setelah itu, Jackson memberitahu Ruth, "Saya berhutang pada wanita itu sesuatu." Pada kunjungan berikutnya, Ruth membawa seorang teman bernama Edith Metzger (Sally Murphy), lalu mereka pergi berkendara, tetapi Jackson mabuk dan menabrakkan mobilnya, menewaskan Jackson sendiri dan Edith.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Ed Harris sebagai Jackson Pollock
  • Marcia Gay Harden sebagai Lee Krasner
  • Tom Bower sebagai Dan Miller
  • Jennifer Connelly sebagai Ruth Kligman
  • Bud Cort sebagai Howard Putzel
  • John Heard sebagai Tony Smith
  • Val Kilmer sebagai Willem de Kooning
  • Amy Madigan sebagai Peggy Guggenheim
  • Sally Murphy sebagai Edith Metzger
  • Stephanie Seymour sebagai Helen Frankenthaler
  • Matthew Sussman sebagai Reuben Kadish
  • Jeffrey Tambor sebagai Clement Greenberg
  • Norbert Weisser sebagai Hans Namuth
  • Everett Quinton sebagai James Johnson Sweeney
  • Annabelle Gurwitch sebagai May Rosenberg
  • John Rothman sebagai Harold Rosenberg
  • Kenny Scharf sebagai William Baziotes
  • Sada Thompson sebagai Stella Pollock
  • Robert O'Neill sebagai Herbert Matter
  • Robert Knott sebagai Sande Pollock
  • Molly Regan sebagai Arloie Pollock

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Pollock mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 81%, berdasarkan 108 ulasan, dengan rating rata-rata 7/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 77 dari 100, berdasarkan 31 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Pollock mendapatkan $8.598.593 di Amerika Utara dan $1.960.377 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $10.558.970, melebihi anggaran produksi film $6 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $44.244, menempati posisi ke-37 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pollock (18)". British Board of Film Classification. January 21, 2001. Diakses tanggal March 6, 2014. 
  2. ^ "Pollock (2000)". The Numbers. Diakses tanggal August 30, 2016. 
  3. ^ a b c "Pollock (2000)". Box Office Mojo. Diakses tanggal August 30, 2016. 
  4. ^ "Pollock (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Pollock reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]