Polimas kuning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Polimas kuning
Amphiprion clarkii

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN188338
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliPomacentridae
GenusAmphiprion
SpesiesAmphiprion clarkii
(Bennett, 1830)
Tata nama
ProtonimAnthias clarkii

Giru ekor kuning ( Amphiprion clarkii ), juga dikenal sebagai polimas kuning, adalah ikan laut milik keluarga Pomacentridae, ikan badut dan ikan betok hias .[2]

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Ikan badut atau ikan anemon adalah ikan yang di alam bebas bersimbiosis mutualisme dengan anemon laut dan tidak terpengaruh oleh tentakel penyengat anemon inang. Anemon laut melindungi ikan badut dari pemangsa, serta menyediakan makanan melalui sisa makanan anemon dan sesekali tentakel anemon mati. Sebagai imbalannya, ikan badut melindungi anemon dari predator dan parasitnya. [3] Ikan badut berukuran kecil, 10–18 sentimeter (3,9–7,1 in), dan tergantung pada spesies, warnanya kuning, oranye, atau kemerahan atau kehitaman, dan banyak yang menunjukkan garis atau bercak putih. Di dalam spesies mungkin ada variasi warna, paling sering menurut distribusi, tetapi juga berdasarkan jenis kelamin, umur dan anemon inang. Ikan badut ditemukan di perairan yang lebih hangat di samudra Hindia dan Pasifik serta Laut Merah di terumbu karang yang terlindung atau di laguna yang dangkal.

Dalam kelompok ikan badut, terdapat hierarki dominasi yang ketat. Ikan terbesar dan paling agresif adalah betina dan ditemukan di bagian atas. Hanya dua ikan badut, jantan dan betina, dalam satu kelompok bereproduksi melalui pembuahan eksternal . Ikan giru adalah hermafrodit berurutan, artinya mereka berkembang menjadi jantan terlebih dahulu, dan ketika dewasa, mereka menjadi betina. Mereka tidak agresif. Ketika produksi telur dan pola pemijahan delapan pasang ikan badut ekor kuning, Amphiprion clarkii, diamati di terumbu karang di lepas pantai Filipina, mereka lebih suka berkembang biak di bulan-bulan yang lebih dingin. Kecenderungan musim kawin puncak dari November hingga Mei terlihat; produksi telur meningkat hingga bulan baru dan menurun setelah bulan purnama. Pemijahan musiman ini sebanding dengan spesies ikan badut lain yang hidup di daerah beriklim sedang (Holtswarth & San Jose, 2017).

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Variasi jingga-hitam

Polimas kuning adalah ikan berukuran kecil yang tumbuh hingga 10 ekor cm sebagai jantan dan 15 cm sebagai perempuan.[4] [5] Itu kekar, dikompresi secara lateral, dan oval hingga bulat.

Itu berwarna-warni, dengan garis-garis hitam, putih, dan kuning yang jelas, meskipun pola yang tepat menunjukkan variasi geografis yang cukup besar. Biasanya berwarna hitam di bagian punggung dan oranye-kuning di bagian perut, area hitam menjadi lebih luas seiring bertambahnya usia. [6] Ada dua pita putih vertikal, satu di belakang mata dan satu di atas anus, dan tangkai ekor berwarna putih. Moncongnya berwarna oranye atau merah muda. Sirip punggung dan sirip ekor berwarna oranye-kuning, [7] dan warna sirip ekor umumnya lebih terang daripada bagian tubuh lainnya, terkadang menjadi keputihan. [8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Allen, G.R.; Arceo, H.; Mutia, M.T.M.; Muyot, F.B.; Nañola, C.L. & Santos (2022). "Amphiprion clarkii": e.T188338A1860189. doi:10.2305/IUCN.UK.2022-2.RLTS.T188338A1860189.en. 
  2. ^ "WoRMS - World Register of Marine Species - Amphiprion clarkii (Bennett, 1830)". Marinespecies.org. Diakses tanggal 2014-01-27. 
  3. ^ "Clown Anemonefish". Nat Geo Wild : Animals. National Geographic Society. Diakses tanggal 2011-12-19. 
  4. ^ Lougher, Tristan (2006). What Fish?: A Buyer's Guide to Marine Fish. Interpet Publishing. hlm. 13. ISBN 0-7641-3256-3. What size? Males maximum 4 in (10 cm), females maximum 5 7/8 in (15 cm) 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Fishbase
  6. ^ Padgette' Steer. "ADW: Amphiprion clarkii: INFORMATION". Animaldiversity.ummz.umich.edu. Diakses tanggal 2014-01-27. 
  7. ^ "SOUS LES MERS : Amphiprion clarkii - poisson-clown de Clark". Fran.cornu.free.fr. Diakses tanggal 2014-01-27. 
  8. ^ "Facts about Clark's Anemonefish (Amphiprion clarkii) - Encyclopedia of Life". Eol.org. 2013-02-14. Diakses tanggal 2014-01-27.