Playing in the Dark (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Playing in the Dark adalah sebuah buku karya Toni Morison yang diterbitkan pada tanggal 1 Mei 1992. Sebelumnya, Toni Morison juga telah menulis novel berjudul Beloved dan Jazz. Dalam Novel Playing in the Dark ini, Toni Morison memberi kita karya sastra kritik yang terpelajar, penuh gaya, dan sangat persuasif untuk mengubah gaya bahasa dan sastra Amerika bahkan membuka bab baru dalam pandangan tentang ras di Amerika.

Diskusi brilian Toni Morrison tentang "Afrika" dalam fiksi Poe, Melville, Cather, dan Hemingway mengarah pada penilaian kembali karakteristik penting dari tradisi sastra. Dia menunjukkan betapa tema kebebasan dan individualisme, kejantanan dan kepolosan, bergantung pada keberadaan populasi kulit hitam yang jelas-jelas tidak bebas, dan yang datang untuk melayani penulis kulit putih sebagai perwujudan dari ketakutan dan keinginan mereka sendiri.[1][2]

Tema[sunting | sunting sumber]

Konsep Afrika dalam Sastra Amerika

Tema yang paling menonjol di seluruh Toni Morrison "Playing in the Dark: Whiteness and the Literary Imagination" adalah sebuah eksplorasi konsep Afrikaisme yang berulang dalam sastra Amerika. Morrison memulai untuk mendokumentasikan contoh-contoh orang kulit hitam yang memicu penemuan dalam literatur yang tidak ditulis oleh mereka. Orang kulit hitam dipandang sebagai penanda bagi orang yang baik hati dan jahat, yang spiritual dan menggairahkan, dan sensualitas yang berdosa tetapi memikat dikombinasikan dengan tuntutan kemurnian dan pengekangan. Sebagai penulis kulit hitam, Morrison berjuang dengan bahasa yang membangkitkan sinyal tersembunyi tentang superioritas ras. Kerentanan Morrison terletak pada romantisasi kegelapan. Sampai baru-baru ini, Morrison mengasumsikan bahwa semua pembaca fiksi Amerika berkulit putih, dan efek asumsi ini pada imajinasi sastra mempesona dirinya. Morrison mempertimbangkan bagaimana putih dan gelap dalam sastra dan apa akibatnya dari konstruksi semacam itu.[3]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

"Playing in the Dark: Whiteness and the Literary Imagination" karya Toni Morrison adalah kumpulan tiga esai yang ditulis mengenai ras dalam sastra Amerika. Morrison mengeksplorasi cara-cara keputihan sastra dan kegelapan sastra dikonstruksi dalam sastra Amerika serta cara-cara yang memengaruhi sastra Amerika secara keseluruhan. "Playing in the Dark: Whiteness and the Literary Imagination" mengeksplorasi cara yang digunakan oleh kehadiran Afrika dalam sastra Amerika oleh penulis yang berbeda.

Pembacaan Toni Morrison tentang "The Words to Say It" pada tahun 1983 memicu minatnya untuk membuat katalog cara orang kulit hitam memicu saat-saat penemuan dalam literatur yang tidak ditulis oleh mereka. Alasan utama bahwa masalah ini sangat penting bagi Morrison adalah karena orang kulit hitam dan orang kulit hitam tidak merangsang gagasan yang sama tentang ketakutan, anarki atau cinta untuknya. Sebagai penulis kulit hitam, ia berjuang dengan bahasa yang membangkitkan tanda-tanda tersembunyi keunggulan ras. Adalah asumsi umum bahwa semua pembaca sastra Amerika berkulit putih, dan Morrison bertanya-tanya apa arti asumsi semacam itu terhadap imajinasi sastra. Dia merenungkan bagaimana keputihan dan kegelapan sastra dibuat dan apa akibatnya dari konstruksi semacam itu.

Toni Morrison berpendapat untuk memperluas studi literatur Amerika ke lanskap yang lebih luas. Dia tertarik pada apa yang diminta dan memungkinkan proses masuk ke dalam apa yang diasingkan. Karyanya mengharuskan dia untuk berpikir tentang betapa bebasnya dia sebagai seorang penulis wanita Afrika-Amerika di dunia yang jender, seksual, rasialis. Morrison memperdebatkan asumsi bahwa literatur Amerika bebas dan tidak terhalang oleh kehadiran empat ratus tahun orang Afrika-Amerika di Amerika Serikat, mengklaim bahwa perenungan kehadiran orang kulit hitam adalah pusat untuk memahami literatur nasional Amerika. Penting untuk melihat bagaimana Afrika yang tidak terpisahkan dalam kritik sastra, serta mempertimbangkan strategi yang digunakan untuk menghapus kehadirannya dari pandangan. Keheningan dan penghindaran menguasai wacana sastra tentang ras. Morrison mempertaruhkan tuduhan bahwa ia memiliki minat yang besar pada topik-topik tersebut karena subjeknya terlalu penting untuk diabaikan. Dia menganalisis karya Henry James "What Maisie Knew" dan Willa Cather "Sapphira and the Slave Girl."

Toni Morrison mengutip contoh-contoh dari The Narrative of Arthur Gordon Pym karya Edgar Allen Poe untuk mendukung teorinya bahwa citra putih terkait dengan penghapusan sosok hitam. Dia juga menyatakan bahwa figur-figur permukaan kulit putih yang tidak bisa ditembus dalam literatur Amerika setiap kali kehadiran orang Afrika terlibat. Di Amerika awal, populasi budak menawarkan diri sebagai pengganti untuk meditasi pada masalah kebebasan manusia dan teror. Tema utama dalam sastra Amerika adalah cara seniman mengalihkan konflik internal mereka ke "kegelapan kosong". Morrison mengambil dari "Voyagers to the West" karya Bernard Bailyn, potret singkat proses dimana orang Amerika ditetapkan sebagai orang baru, kulit putih dan pria. Tindakan menghindari ras dalam sastra adalah tindakan rasis dalam dan dari dirinya sendiri. Kehadiran orang Afrika yang gelap dan taat memberi informasi dalam literatur Amerika, melayang di latar belakang sebagai bayangan bahkan ketika literatur itu bukan tentang karakter atau idiom orang Afrika. Narasi budak adalah booming publikasi di abad kesembilan belas sebagai masalah kebebasan versus perbudakan. Afrikaisme berfungsi sebagai wahana yang oleh diri Amerika tahu bahwa ia tidak diperbudak dalam karya-karya penulis seperti Twain, Melville dan Hawthorne. Morrison menganalisis karya Mark Twain, "Huckleberry Finn," serta karya Edgar Allen Poe yang menurutnya menunjukkan bagaimana konsep diri Amerika terikat pada Afrikaisme meskipun tertutup tentang ketergantungannya. Jika seseorang menindaklanjuti dengan sifat refleksif diri dari pertemuan dengan Afrikaisme ini, itu mengungkapkan bahwa gambar-gambar kegelapan bisa jahat dan melindungi, memberontak dan memaafkan, takut dan diinginkan. Ia mengungkapkan ciri-ciri kontradiktif diri dari diri, sementara para penulis tampaknya mengatakan bahwa hanya putih yang bisu, terselubung, tidak masuk akal, dan tidak dapat ditembus.

Toni Morrison mengklaim bahwa ras lebih banyak digunakan secara metaforis mungkin daripada sebelumnya. Afrikaisme memperoleh kebutuhan metafisik tidak sama dengan kehilangan kegunaan ideologisnya. Kehadiran orang kulit hitam melekat dan tidak dapat dipisahkan dari definisi ke-Amerika-an. Morrison menganalisis karya-karya Hemingway dan jaraknya dari Afrika-Amerika, yang menyatakan bahwa karyanya bebas dari agenda dan sensitivitas, menjadikannya sebuah studi kasus murni untuk teorinya. Dia menyelidiki penggunaan anggota kru hitam sebagai tanpa nama dan stereotip dibandingkan dengan nama dan personalisasi dalam "To Have and Have Not." Morrison mengeksplorasi penggunaan Hemingway tentang kehadiran orang Afrika dalam hubungan seksual pria dan wanita dan membahas keterikatan romantis Hemingway dengan perawat. Sebagai penutup, pertimbangan Toni Morrison bukan tentang sikap penulis tertentu terhadap ras. Studi-studi dalam Afrikaisme Amerika harus menyelidiki cara-cara kehadiran dan kepribadian Afrika-telah dibangun dan penggunaan sastra yang dilayaninya. Morrison bukan penyelidikan literatur rasis atau non-rasis. Dia tidak mengambil posisi dan juga tidak mendorongnya pada kualitas pekerjaan berdasarkan pada sikap penulis terhadap ras. Proyek Morrison adalah upaya untuk mengalihkan pandangan kritis dari objek rasial ke subjek rasial. Semua umat manusia kehilangan ketika kritik terlalu sopan atau terlalu takut untuk melihat kegelapan yang mengganggu di depan matanya.[4][5][6]

Gaya Penulisan[sunting | sunting sumber]

Toni Morrison, penulis dan narator "Playing in the Dark: Whiteness and the Literary Imagination" juga merupakan penulis Beloved, Song of Solomon dan beberapa penggambaran lain kehidupan Afrika-Amerika. Dalam kumpulan esai ini, ia meneliti pengaruh kehadiran Afrika pada sastra Amerika dan kemudian penulis, terutama penulis perempuan kulit hitam, seperti dirinya, menulis di dunia rasial, seksual, dan gender. Morrison menulis untuk berdebat tentang perluasan studi sastra Amerika untuk menyelidiki cara-cara di mana putih dan hitam dibangun dan efeknya terhadap sastra Amerika.

Toni Morrison berpendapat bahwa, meski ada anggapan umum yang bertentangan, kehadiran orang Afrika itu berbagi dan membentuk sastra Amerika. Dia percaya bahwa mustahil bagi Amerika untuk tidak terpengaruh oleh populasi kulit hitamnya dan menawarkan bukti untuk mendukung sudut pandangnya. Audiens yang dituju Morrison adalah pembaca dan kritikus.[1][7][8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Playing in the Dark — Toni Morrison". www.hup.harvard.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-01. 
  2. ^ "Playing in the Dark". www.ux1.eiu.edu. Diakses tanggal 2020-07-01. 
  3. ^ "Playing In The Dark Summary & Study Guide". SuperSummary (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-01. 
  4. ^ Morrison, Toni,. Playing in the dark : whiteness and the literary imagination (edisi ke-First Vintage Books edition). New York. ISBN 0-679-74542-4. OCLC 27173949. 
  5. ^ "Playing in the Dark Summary - eNotes.com". eNotes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-01. 
  6. ^ "Review: Playing in the Dark by Toni Morrison". www.eyrie.org. Diakses tanggal 2020-07-01. 
  7. ^ Fox, Margalit (2019-08-06). "Toni Morrison, Towering Novelist of the Black Experience, Dies at 88". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2020-07-01. 
  8. ^ Rao, R.M.V. (2009-03-01). "Constructs of blackness in Toni Morrison's playing in the dark: Whiteness and the literary imagination". 4: 7–17.