Pizzicato

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Garis bas jazz secara tradisional dimainkan dengan pizzicato. Teknik pizzicato jazz yang ditunjukkan di atas berbeda dengan teknik pizzicato tradisional.
C Tengah, pizzicato Play .

Pizzicato ( /ˌpɪtsɪˈkɑːt/ ,bahasa Italia: [pittsiˈkaːto]; diterjemahkan sebagai "mencubit", dan terkadang secara kasar sebagai "dipetik") [1] adalah teknik bermain yang melibatkan pemetikan senar alat musik dawai . Teknik pastinya agak berbeda-beda bergantung pada jenis instrumennya:

  • Pada alat musik gesek membungkuk, cara memainkannya dengan cara memetik senarnya dengan jari, bukan menggunakan busur . Ini menghasilkan suara yang sangat berbeda dari membungkuk, pendek dan perkusi, bukan berkelanjutan.
  • Pada alat musk dawai berkunci, seperti piano, pizzicato dapat digunakan (walaupun jarang terlihat dalam repertoar tradisional, teknik ini telah dinormalisasi dalam musik kontemporer, dengan banyak contoh oleh George Crumb, Toru Takemitsu, Helmut Lachenmann, dan lain-lain) sebagai salah satu dari berbagai teknik yang melibatkan manipulasi langsung senar yang dikenal secara kolektif sebagai " piano senar ".
  • Pada gitar, ini adalah bentuk pemetikan yang diredam, yang memiliki kemiripan dengan pizzicato pada instrumen senar membungkuk dengan ketahanan yang relatif lebih pendek. Ia juga dikenal (terutama pada gitar non-klasik) sebagai palm muting .

Ketika senar dipukul atau dipetik, seperti halnya pizzicato, gelombang suara yang dihasilkan tidak termasuk dalam rangkaian harmonik seperti ketika senar dibengkokkan. Timbre yang kompleks ini disebut inharmonisitas . Ketidakharmonisan suatu dawai bergantung pada sifat fisiknya, seperti tegangan, komposisi, diameter, dan panjang. Ketidakharmonisan menghilang ketika senar dibengkokkan karena aksi selip tongkat busur bersifat periodik, sehingga ia mendorong semua resonansi senar pada rasio harmonik yang tepat, walaupun harus sedikit menyimpang dari frekuensi alaminya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggunaan pizzicato pertama yang diakui dalam musik klasik ditemukan dalam Captain Humes Poeticall Musicke (1607) karya Tobias Hume, di mana ia menginstruksikan pemain viola da gamba untuk menggunakan pizzicato (' thumpe '). Penggunaan awal lainnya ditemukan dalam Il battletimento di Tancredi e Clorinda karya Claudio Monteverdi (sekitar tahun 1638), di mana para pemain diinstruksikan untuk menggunakan dua jari tangan kanan mereka untuk memetik senar. Kemudian, pada tahun 1756, Leopold Mozart dalam bukunya Versuch einer gründlichen Violinschule menginstruksikan pemainnya untuk menggunakan jari telunjuk tangan kanan. Ini tetap merupakan cara yang paling umum untuk melakukan pizzicato, meskipun terkadang jari tengah digunakan. Busur dipegang di tangan pada saat yang sama kecuali ada cukup waktu untuk meletakkannya dan mengambilnya kembali di antara bagian yang membungkuk.

Digunakan dalam berbagai gaya musik[sunting | sunting sumber]

Dalam jazz dan bluegrass, dan beberapa gaya musik populer yang menggunakan double bass (seperti chanson modern Prancis, psikobilly Amerika, dan rockabilly ), pizzicato adalah cara umum memainkan kontrabas . Hal ini tidak biasa untuk alat musik keluarga biola, karena terlepas dari apakah instrumen keluarga biola digunakan dalam musik jazz (misalnya biola jazz), populer, tradisional (misalnya fidel Bluegrass) atau musik Klasik, instrumen tersebut biasanya dimainkan dengan busur untuk sebagian besar pertunjukan. Dalam permainan double bass klasik, pizzicato sering dilakukan dengan busur dipegang di tangan; oleh karena itu, senar biasanya hanya dipetik dengan satu jari. Sebaliknya, dalam jazz, bluegrass, dan gaya non-Klasik lainnya, pemain biasanya tidak memegang busur dan oleh karena itu bebas menggunakan dua atau tiga jari untuk memetik senarnya.

Namun, dalam musik klasik, alat musik gesek biasanya dimainkan dengan busur, dan komposer memberikan indikasi khusus untuk memainkan pizzicato jika diperlukan. Karya musik klasik yang dimainkan seluruhnya pizzicato antara lain:

  • J. S. Bach: the ninth movement of the Magnificat (1723–1733)
  • Johann Strauss II and Josef Strauss: Pizzicato Polka (1869)
  • Edvard Grieg: Act IV – Anitra's Dance in Peer Gynt (1874)
  • Léo Delibes: the "Divertissement: Pizzicati" from Act 3 of the ballet Sylvia (1876)
  • Pyotr Ilyich Tchaikovsky: the third movement of the 4th symphony (1877–78)
  • Johann Strauss II: Neue Pizzicato Polka (1892)
  • Helmer Alexandersson: the third movement of his second symphony (1919)
  • Béla Bartók: the fourth movement of the String Quartet No. 4 (1928)
  • Benjamin Britten: the second movement of the Simple Symphony (1934)
  • Leroy Anderson: Jazz Pizzicato (1938) and Plink, Plank, Plunk! (1951)

Antonio Vivaldi, di bagian "Ah Ch'Infelice Sempre" dari kantata Cessate, omai cessate, menggabungkan instrumen pizzicato dan membungkuk untuk menciptakan suara yang unik. Dia juga memasukkan pizzicato dalam gerakan kedua "Winter" dari The Four Seasons .

Notasi[sunting | sunting sumber]

Dalam notasi musik, seorang komposer biasanya akan menunjukkan bahwa pemainnya harus menggunakan pizzicato dengan singkatan pizz. Kembalinya menggesek ditunjukkan dengan istilah Italia arco atau bog. . Pizzicato tangan kiri biasanya ditunjukkan dengan menulis tanda silang kecil di atas not, dan pizzicato Bartók sering kali ditandai dengan lingkaran dengan garis vertikal kecil di atasnya di atas not yang dimaksud atau dengan menulis pizz Bartók di awal bagian yang relevan.

Dalam musik klasik, permainan arco adalah asumsi utama; dengan demikian, jika bagian notasi musik dimulai dan tidak ada indikasi yang diberikan apakah nada tersebut arco atau pizz, pemain berasumsi bahwa nada tersebut digesek.

Teknik alat musik gesek membungkuk[sunting | sunting sumber]

Implikasi praktis[sunting | sunting sumber]

Jika pemain gesek harus memainkan pizzicato dalam jangka waktu yang lama, pemain tersebut boleh meletakkan busurnya. Pemain biola dan pemain viola juga boleh memegang instrumen dalam "posisi banjo " (beristirahat secara horizontal di pangkuan), dan memetik senarnya dengan ibu jari tangan kanan. Teknik ini jarang digunakan, dan biasanya hanya pada gerakan-gerakan yang seluruhnya bersifat pizzicato. Teknik yang mirip dengan ini, di mana senar dipetik seperti gitar, digunakan dalam gerakan ke-4 Capriccio Espagnol (Scena e canto gitano) karya Rimsky-Korsakov, di mana biola, viola, dan cello diperintahkan untuk dimainkan. pizzicato "quasi Guitara", musik di sini terdiri dari akord tiga dan empat nada, yang dimainkan dengan jari dan dipetik seperti instrumen yang ditiru.

Teknik pizzicato lainnya[sunting | sunting sumber]

Teknik pizzicato warna-warni lainnya yang digunakan dalam karya Rimsky-Korsakov yang disebutkan di atas adalah pizzicato dua tangan, ditandai dengan tanda ms dan md (untuk mano sinistra, tangan kiri, dan mano destra, tangan kanan); di sini, senar E terbuka dipetik secara bergantian dengan cepat oleh tangan kiri dan kanan.

{
\override Score.TimeSignature #'stencil = ##f
    \relative c'' {
        c4-+^\markup "pizz."
    } }
The music notation for left hand pizzicato

Jari tangan kiri juga dapat digunakan untuk pizzicato, baik saat tidak digunakan atau saat meninggalkan posisi sebelumnya. Hal ini memungkinkan pizzicati di tempat yang biasanya tidak ada waktu untuk membawa tangan kanan dari atau ke posisi membungkuk. Penggunaan pizzicato tangan kiri relatif jarang dan paling sering ditemukan dalam repertoar solo biola; dua contoh pizzicato kiri yang terkenal adalah Caprice ke-24 karya Paganini dan Zigeunerweisen karya Sarasate . Pizzicato tangan kiri juga dapat digunakan saat nada membungkuk dipegang, sebuah efek yang muncul terutama dalam repertoar akhir abad ke-19 dan seterusnya. Contoh teknik ini dapat ditemukan pada karya Wieniawski, Berg ( Violin Concerto ), Stravinsky ( Three Pieces for String Quartet ) dan masih banyak lainnya.

{
\override Score.TimeSignature #'stencil = ##f
    \relative c'' {
        c4\snappizzicato
    } }
The music notation for Bartók pizzicato

Variasi selanjutnya adalah pizzicato yang sangat kuat di mana senarnya dipetik secara vertikal dengan cara menjentikkan dan memantul dari papan jari instrumen. Ini dikenal sebagai snap pizzicato atau Bartók pizzicato, diambil dari nama salah satu komposer pertama yang menggunakannya secara ekstensif (misalnya dalam gerakan ke-4 dari Fourth String Quartet- nya, 1928). Gustav Mahler terkenal menggunakan jenis pizzicato ini dalam gerakan ketiga dari Seventh Symphony- nya, di mana ia memberikan cello dan double bass dengan catatan kaki 'petik begitu keras sehingga senarnya mengenai kayu' (bar 401).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pizzicato". Cambridge Advanced Learner's Dictionary. Cambridge University Press. Diakses tanggal 8 February 2008.