Pitha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pitha
Pitha
Tempat asalIndia, Bangladesh
DaerahOdisha, Bihar, Assam, Benggala Barat, Bangladesh
Bahan utamaTepung beras atau tepung gandum
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Pitha (bahasa Oriya: ପିଠା, Assam: পিঠা, bahasa Bengali: পিঠা piṭha), (Sansekerta: पिष्टा, अपूप) atau fita (Sylheti) adalah sejenis kue dari kawasan timur anak benua India, khususnya di Bangladesh serta di Odisha, Assam, Benggala Barat, Jharkhand dan Bihar di India. Pitha biasanya dibuat dari tepung beras, walaupun ada juga yang dibuat dari tepung gandum. Selain itu, terdapat salah satu jenis pitha yang lebih jarang dibuat, yaitu pitha yang terbuat dari pinang-pinangan atau ol.

Pitha biasanya dibentuk dan diisi sesuai dengan kemauan. Isi pitha disebut "pur". Isinya adalah kembang kol, kubis, lobak atau kentang. Untuk pitha yang manis, isinya dapat berupa gula, kelapa atau pistacio. Pitha yang manis sering kali ditambahkan dengan rasa kapulaga.

Pitha dapat digorek, dibakar, direbus atau dipanggang (tergantung pada jenis pitha yang ingin dibuat). Pitha biasanya dimakan untuk sarapan atau sebagai camilan (bersama dengan teh), walaupun ada pula pitha manis yang dibuat sebagai makanan penutup.

Pitha,Bangladesh

Pranala luar[sunting | sunting sumber]