Pipit-lembu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pipit-lembu
Pyrrhula

Eurasian bullfinch, Pyrrhula pyrrhula
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusPyrrhula
Brisson, 1760
Species
See text.

Pyrrhula adalah genus kecil burung passerine, biasa disebut pipit-lembu, milik keluarga Pipit ( Fringillidae ). Genus mempunyai sebaran Palearktik ; hampir semua spesies terdapat di Asia, dengan dua spesies secara eksklusif di Himalaya dan satu spesies, P. pyrrhula, juga terdapat di Eropa. Pipit-lembu azores ( P. murina ) adalah spesies yang terancam punah (tersisa sekitar 120 pasang), hanya terdapat di sebelah timur pulau São Miguel di kepulauan Azores .

Evolusi spesies pipit-lembu dimulai segera setelah nenek moyang rio-rio tusam menyimpang dari mereka (pada akhir Miosen Tengah, sekitar 12 jtl ), dan sangat mungkin bahwa spesies terakhir berevolusi di Amerika Utara; yang cukup pasti adalah bahwa sebaran pipit-lembu dimulai di wilayah umum Himalaya. Pipit gunung juga tampaknya menjadi bagian dari kelompok ini.

Pipit-lembu memiliki sayap dan bulu ekor berwarna hitam mengilap. Mereka menunjukkan pantat berwarna putih. Tungkai dan kakinya berwarna coklat berdaging. Paruhnya yang pendek dan bengkak disesuaikan untuk memakan kuncup, dan berwarna hitam kecuali pipit-lembu coklat, yang memiliki paruh berwarna abu-abu atau abu-abu kehijauan. Jantan dapat dibedakan dari dadanya yang berwarna oranye atau merah. Beberapa spesies memiliki topi hitam.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Pyrrhula aurantiaca Pipit-lembu jingga India dan Pakistan
</img> Pyrrhula erythaca Pipit-lembu kepala-kelabu Bhutan, Cina, India, Myanmar, dan Nepal
</img> Pyrrhula owstoni Pipit-lembu Taiwan (berpisah dari P. erythaca ) [1] Taiwan
</img> Pyrrhula eritrocephala Pipit-lembu kepala-merah Bhutan, India utara, Nepal
</img> Pyrrhula leucogenis Pipit-lembu pipi-putih orang Filipina
</img> Pirrhula murina Pipit-lembu Azores Pulau São Miguel, di kepulauan Azores, Makaronesia di Samudra Atlantik Utara.
</img> Pyrrhula nipalensis Pipit-lembu coklat Bhutan, Cina, India, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Taiwan, dan Vietnam.
</img> Pirrhula pirula Pipit-lembu Eurasia di seluruh Eropa dan Asia beriklim sedang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dong, Feng; Li, Shou-Hsien; Chiu, Chi-Cheng; Dong, Lu; Yao, Cheng-Te; Yang, Xiao-Jun (2020). "Strict allopatric speciation of sky island Pyrrhula erythaca species complex". Molecular Phylogenetics and Evolution. 153: 106941. doi:10.1016/j.ympev.2020.106941. PMID 32818596.