Pipit-lembu Eurasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pipit-lembu Eurasia
Pyrrhula pyrrhula

Jantan di Lancashire, UK
Betina Lancashire, UK
Song and calls recorded in Surrey, England
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22720671
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusPyrrhula
SpesiesPyrrhula pyrrhula
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim taksonLoxia pyrrhula Linnaeus, 1758
Distribusi

Range of P. pyrrhula     Breeding      Resident      Non-breeding

Pipit-lembu Eurasia ( Pyrrhula pyrrhula ) adalah burung pengicau kecil dalam keluarga pipit, Fringillidae. Di Eropa Anglophone, burung ini hanya dikenal sebagai bullfinch.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Pipit-lembu Eurasia adalah burung besar berkepala banteng. Bagian atas berwarna abu-abu; bulu terbang dan paruh pendek tebal berwarna hitam; begitu pula ujung kepala dan wajahnya pada burung dewasa (berwarna coklat keabu-abuan pada remaja), dan pantat putih serta palang sayap mencolok saat terbang. Jantan dewasa memiliki bagian bawah berwarna merah, tetapi betina dan burung muda memiliki bagian bawah berwarna abu-abu. Burung ini berganti bulu antara bulan Juli dan Oktober, tetapi burung kutilang jantan tidak memiliki bulu musim gugur yang kusam seperti yang dimiliki burung kutilang lainnya.[2] Nyanyian burung yang tidak mencolok ini berisi peluit bergalur, dan sering digambarkan sebagai 'sedih'. Suara kicauan burung ini adalah siulan “peeu” atau “pew” yang pelan, rendah, dan melankolis. Lagu tersebut hanya terdengar dalam jarak dekat. Ini adalah kicauan yang lemah dan gatal, bergantian dengan peluit lembut. Pipit-lembu Eurasia yang dijinakkan dapat diajari untuk mengulang melodi tertentu.[3]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Burung ini berkembang biak di Eropa dan Asia beriklim sedang. Ini sebagian besar merupakan pemukiman, tetapi banyak burung utara bermigrasi lebih jauh ke selatan di musim dingin. Hutan campuran dengan beberapa tumbuhan runjung disukai untuk berkembang biak, termasuk taman dan kebun.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Spesies ini tidak membentuk kelompok besar di luar musim kawin, dan biasanya terlihat berpasangan atau berkelompok famili.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Ia membangun sarangnya di semak-semak, (sebaiknya tinggi dan lebarnya lebih dari empat meter), tegakan semak, atau pohon dewasa, bertelur empat hingga tujuh telur berwarna biru pucat yang berbintik-bintik merah kecokelatan. Ciri khas Passeriformes adalah memiliki spermatozoa dengan kepala bulat dan akrosom tumpul.[4] Spesies ini menghasilkan dua atau tiga induk per musim, dari awal Mei hingga pertengahan Juli.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Makanan utamanya adalah biji-bijian dan pucuk pohon buah-buahan, yang dapat menjadikannya hama di kebun buah-buahan : di Inggris, selama berabad-abad, setiap paroki membayar hadiah untuk setiap pipit-lembu Eurasia yang dibunuh. Tiken dan buah sanca disukai di musim gugur dan awal musim dingin.[5] Jika tanaman pelindung burung liar ditanam untuknya, kubis keriting, kinoa, dan otek lebih disukai, di samping pagar tanaman tinggi atau hutan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Pyrrhula pyrrhula". 2018: e.T22720671A132141969. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22720671A132141969.en. 
  2. ^ RSPB Handbook of British Birds (2014). ISBN 978-1-4729-0647-2
  3. ^ Springer. "Songbirds turn on and tune up: Bullfinches have the brain power to learn to sing human melodies accurately". phys.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-16. 
  4. ^ Birkhead, Timothy R.; Immler, Simone; Pellatt, E. Jayne; Freckleton, Robert (2006). "Unusual sperm morphology in the Eurasian Bullfinch (Pyrrhula pyrrhula)". Auk. 123 (2): 383–392. doi:10.1642/0004-8038(2006)123[383:USMITE]2.0.CO;2. 
  5. ^ Dyda J, Symes N and Lamacraft D (2009) Woodland management for birds: a guide to managing woodland for priority birds in Wales.