Kubis keriting

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kubis keriting
Boerenkool.jpg
SpesiesBrassica oleracea
Kelompok budidayaAcephala Group
Tanah asalTidak diketahui, tetapi sebelum Abad Pertengahan

Kubis keriting, termasuk dalam kelompok kubis (Brassica oleracea) yang ditanam untuk daunnya yang dapat dimakan, meskipun beberapa digunakan sebagai tanaman hias. Tumbuhan kale memiliki daun berwarna hijau atau ungu, dan daun pusatnya tidak membentuk kepala (seperti halnya kol yang dikepalai). Kales dianggap lebih dekat dengan kubis liar daripada sebagian besar bentuk Brassica oleracea yang dijinakkan.[1]

Kubis keriting berasal dari Mediterania timur dan Asia Kecil, di mana ia dibudidayakan untuk makanan paling lambat tahun 2000 SM.[2] Varietas kol berdaun keriting sudah ada bersama dengan varietas berdaun datar di Yunani pada abad ke-4 SM. Bentuk-bentuk ini, yang disebut oleh Romawi sebagai kale Sabellian, dianggap sebagai nenek moyang kale modern.

Catatan paling awal dari kubis di Eropa Barat adalah kubis keras di abad ke-13. Catatan di Inggris abad ke-14 membedakan antara kubis keras dan daun kubis keriting.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tomar, BS. VK Science – Biology. FK Publications. hlm. 149. ISBN 978-81-88597-06-2. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 June 2016. 
  2. ^ Perry, Leonard. "Interesting cool crops". University of Vermont Extension, Department of Plant and Soil Science. Diakses tanggal 5 June 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 
Cari di Wikimedia Commons
 Wikimedia Commons memiliki media yang berhubungan dengan (kategori):