Pipit (Estrildidae)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pipit)
Pipit
Estrildidae

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
UpaordoPasseri
SuperfamiliPasseroidea
FamiliEstrildidae
Illiger, 1811

Pipit adalah nama umum bagi sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang menyebar di wilayah tropis Dunia Lama dan Australasia. Burung-burung ini sekarang dimasukkan ke dalam suku Estrildidae, meski ada juga yang menganggap kelompok ini adalah anak-suku (Estrildinae), bagian dari suku Passeridae yang lebih luas.[1] Sebelumnya, kelompok burung ini ditempatkan dalam suku manyar-manyaran, Ploceidae.

Jenis-jenis pipit (termasuk bondol dan gelatik) senang berkelompok, dan sering terlihat bergerak dan mencari makanan dalam gerombolan yang cukup besar. Burung-burung ini memiliki perawakan dan kebiasaan yang serupa, tetapi warna-warni bulunya cukup bervariasi. Ukuran terkecil dimiliki oleh Nesocharis shelleyi yang panjang tubuhnya sekitar 8,3 cm (3,3 inci), meski yang bobotnya paling ringan adalah Estrilda troglodytes (6 g). Sedangkan yang paling besar adalah gelatik jawa (Padda oryzivora), yang panjang tubuhnya 17 cm (6,7 inci) dan beratnya 25 g.

Kebanyakan burung pipit tidak tahan dengan iklim dingin dan memerlukan habitat hangat seperti di wilayah tropika. Namun ada pula sebagian kecil jenis yang beradaptasi dengan lingkungan dingin di Australia selatan. Pipit bertelur 4-10 butir, putih, yang disimpan dalam sarangnya yang berupa bola-bola rumput.

Daftar marga[sunting | sunting sumber]

Pipit benggala, Amandava amandava
Pipit matari, Neochmia phaeton
Pipit ekor-api, Oreostruthus fuliginosus

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pipit haji, Lonchura maja

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Christidis L, Boles WE (2008). Systematics and Taxonomy of Australian Birds. Canberra: CSIRO Publishing. hlm. 177. ISBN 9780643065116. 

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]