Pharmacia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pharmacia
Aktiebolag
IndustriFarmasi
NasibMerger dengan Upjohn untuk membentuk Pharmacia & Upjohn
Didirikan1911; 113 tahun lalu (1911)
Kantor
pusat
Swedia

Pharmacia adalah perusahaan farmasi dan bioteknologi di Swedia yang telah merger dengan perusahaan farmasi Amerika Serikat Upjohn pada tahun 1995.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan Pharmacia didirikan pada tahun 1911 di Stockholm, Swedia oleh apoteker Gustav Felix Grönfeldt di Apotek Elgen.[1][2] Perusahaan ini dinamakan sesudah kata bahasa Yunani φαρμακεία, dialihaksarakan pharmakeia, yang berarti 'sihir'. Pada masa-masa awal perusahaan, sebagian besar keuntungannya diperoleh dari "obat ajaib" Phospho-Energon.

Selama Perang Dunia II, ahli kimia Swedia Björn Ingelman (yang bekerja untuk Arne Tiselius di universitas Uppsala) meneliti berbagai kegunaan polisakarida dekstran. Bersama dengan peneliti medis Anders Grönwall, ia menemukan bahwa dekstran dapat digunakan sebagai pengganti plasma darah dalam transfusi darah, yang mungkin sangat dibutuhkan di masa perang. Pharmacia, yang saat itu masih merupakan perusahaan kecil, dihubungi pada tahun 1943 dan direktur utamanya Elis Göth sangat tertarik. Produk Macrodex, larutan dekstran, diluncurkan empat tahun kemudian.[3]

Produk berbasis dekstran memainkan peran penting dalam perluasan Pharmacia yang lebih lanjut. Pada tahun 1951, perusahaan tersebut pindah ke Uppsala, Swedia, agar lebih dekat dengan para ilmuwan yang bekerja sama dengan mereka, dan Ingelman menjadi kepala penelitiannya. Pada tahun 1959, Pharmacia memelopori filtrasi gel dengan produk Sephadex-nya. Ini juga didasarkan pada dekstran dan penemuan di departemen milik Tiselius, kali ini oleh Jerker Porath dan Per Flodin. Pada tahun 1967 Pharmacia Fine Chemicals didirikan di Uppsala. Pada tahun 1986 Pharmacia Fine Chemicals mengakuisisi LKB-produkter AB dan berganti nama menjadi Pharmacia Biotech. Pharmacia Biotech memperluas peran mereka dalam "revolusi bioteknologi" melalui akuisisi PL Laboratories dari Pabst Brewery yang menawarkan rangkaian bahan kimia penelitian khusus DNA rekombinan. Dijual untuk kepentingan pribadi pada tahun 1990-an, Pharmacia pertama kali merger dengan "Kabi Vitrum" untuk membentuk Kabi Pharmacia dengan kantor pusat di Uppsala. Pada tahun 1993, Kabi Pharmacia membeli Farmitalia, sebuah perusahaan Italia yang telah mengembangkan doxorubicin, suatu obat kemoterapi.[4]

Pada tahun 1995 perusahaan merger dengan perusahaan farmasi Amerika Upjohn, yang kemudian dikenal sebagai Pharmacia & Upjohn dan memindahkan kantor pusatnya ke London.

Pada tahun 1998, perusahaan dibagi menjadi dua area bisnis. Bisnis farmasi menjadi Pharmacia & Upjohn. Kelompok instrumen ilmiah yang menjual resin kromatografi, peralatan pemurnian, reagen biologi molekuler, dan produk elektroforesis dibeli oleh Amersham pada tahun 1998 dan diberi nama Amersham Pharmacia Biotech. Mereka kemudian mengubah nama menjadi Amersham Biosciences dan menjalankan bisnis radiokimia dan reagen bersama dengan bisnis kromatografi yang sangat menguntungkan. Pharmacia Logo Drop tetap menjadi merek yang sangat dikenal. Amersham Biosciences dijual ke GE Healthcare pada bulan April 1998 menjadi GE Healthcare Life Sciences. Mulai 1 April 2020, GE Healthcare Life Sciences telah berganti nama menjadi Cytiva, menyusul penjualan GE Healthcare Life Sciences dari General Electric kepada Danaher Corporation dalam akuisisi $ 21,4 miliar.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah ilustrasi merger, akuisisi, spin-off dan sejarah pendahulu Pharmacia:

Pharmacia
(Merger dengan Upjohn, 1995)
Kabi Pharmacia
Pharmacia Biotech

LKB-produkter AB
(Acq 1968)

PL Laboratories

Kabi Vitrum
(Acq 1990)

Farmitalia
(Acq 1993)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Företagsamheten.se: Pharmacia[pranala nonaktif permanen], accessed on June 17, 2009 (dalam bahasa Swedia)
  2. ^ Elgen adalah ejaan lama bahasa Swedia untuk Älgen, yang artinya "Moose". Secara tradisional, hampir semua toko apotik Swedia dinamakan sesudah binatang.
  3. ^ Pharma-industri.se: Krig, socker och samarbete lade grunden till företag i världsklass Diarsipkan 2010-08-20 di Wayback Machine. ("War, sugar and cooperation laid the foundation for a world-class company"), accessed on June 17, 2009 (dalam bahasa Swedia)
  4. ^ Staff. News: Farmitalia bought by Kabi Pharmacia Diarsipkan 2016-04-20 di Wikiwix. Ann Oncol (1993) 4 (5): 345.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]