Petscop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Petscop
GenrePermainan realitas alternatif (ARG)
Horor
Creepypasta
Surealisme
Let's Play
PembuatTony Domenico[1]
Bahasa asliInggris
Jmlh. episode24[a]
Rilis asli
Rilis12 Maret 2017–2 September 2019[b]

Petscop adalah judul serial web horor YouTube karya Tomy Domenico yang dibuat dengan menyerupai jenis serial video Let's Play di YouTube. Petscop menampilkan "Paul" sebagai tokoh protagonis yang mendokumentasikan dirinya menjelajahi permainan video PlayStation yang diduga "telah lama hilang" berjudul Petscop. Serial ini memiliki 24 episode yang dimulai sejak 12 Maret 2017 hingga 2 September 2019.[2] Serial ini menerima ulasan yang meluas karena cerita, autentisitas, surealisme, dan komunitas penontonnya yang aktif.[3][4]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tokoh utamanya, Paul, telah menemukan atau menerima salinan dari permainan video yang belum dirilis berjudul Petscop. Permainan tersebut dikembangkan oleh sebuah perusahaan fiksi bernama Garalina. Paul mengunggah rekaman tingkatan-tingkatan (level) awal permainan tersebut ke dalam YouTube. Awalnya, permainan tersebut terlihat seperti permainan teka-teki PlayStation pada umumnya. Permainan tersebut berpusat pada karakter pemain bernama Guardian, dengan tugas menangkap makhluk-makhluk asing yang dikenal dengan nama Pets.[5][6] Paul mengulas permainannya yang tampak belum selesai dan kurangnya konten yang dapat dimainkan. Empat episode pertama direkam oleh Paul untuk ditunjukkan pada seseorang yang tidak diketahui namanya. Kemudian, Paul menyadari bahwa unggahannya mendapatkan penonton di YouTube. Meskipun begitu, ia masih mengunggah videonya untuk orang tersebut, sembari berbicara dengannya sesekali di telepon.

Dalam wadah kemasan permainan ini, terdapat sebuah catatan yang berisi kode-kode dan instruksi permainan. Dengan mengikuti catatan tersebut, Paul dapat mengakses bagian gelap dan tersembunyi dari permainan ini. Bagian tersembunyi ini dikenal dengan nama Newmaker Plane.[4][6][7] Newmaker Plane adalah suatu padang rumput yang luas dan gelap gulita, namun terdapat pencahayaan kecil yang mengikuti Guardian. Padang ini memiliki beberapa markah tanah dan jaringan terowongan bawah tanah yang luas. Padang ini tidak terlalu mengikuti aturan permainan teka-teki, dan Paul mencoba untuk merekayasa balik permainan ini (selaku pemain internal permainan) agar terus mendapat kemajuan dalam permainan. Setelah Paul menemukan lebih banyak konten, perlahan-lahan terungkap—melalui referensi ke kejadian dan tokoh di dunia nyata—bahwa Petscop dibuat untuk ditunjukkan pada seseorang yang telah melakukan sesuatu yang mengerikan.

Plot serial ini secara menyeluruh melibatkan seorang pria bernama Marvin, hilangnya teman masa kecilnya, Lina, dan peristiwa di mana Marvin menculik anaknya sendiri, Care, yang ia yakini adalah wujud Lina setelah terlahir kembali. Terdapat suatu titik perhatian yang muncul secara terus-menerus terkait "kelahiran kembali", suatu percobaan yang gagal untuk melahirkan kembali seorang anak bernama Belle menjadi seorang anak bernama Tiara, dan hubungan yang semakin terhubung antara Paul, masa lalu keluarganya, dan permainannya. Lalu, diketahui secara tersirat bahwa beberapa rekamannya di YouTube bukanlah dari perspektif Paul, melainkan juga dari perspektif Belle dan Marvin yang juga memainkan Petscop secara bersamaan. Marvin meminta bantuan dari Paul untuk menemukan markah tanah di Newmaker Plane, dan me-reka ulang proses kelahiran kembali anaknya, Care. Kemudian, Paul menyadari bahwa markah tanah di Newmaker Plane mempunyai kesamaan dengan tempat-tempat di dunia nyata. Di sini, suara narasi Paul sudah tidak terdengar lagi, setelah diperkirakan, Paul mengunjungi salah satu markah tanah yang asli di dunia nyata. Namun, ia masih mengunggah video tanpa suara narasinya.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Di dalam permainan[sunting | sunting sumber]

  • Guardian atau Newmaker[1] — Karakter pemain yang dikontrol oleh Paul. Karakter tersebut berbentuk makhluk menyerupai hewan dari suatu spesies yang tidak diketahui berwarna hijau.[4]
  • Red Tool — Objek besar berwarna merah yang dapat diberi pertanyaan oleh pemain, meskipun sering kali menjawab dengan "I don't know" (bahasa Indonesia: Aku tidak tahu). Objek ini ditemukan di bawah Newmaker Plane, di suatu ruangan dengan pemandangan kincir angin. Tool dengan warna lain juga ditemukan di sepanjang serial berlangsung.[4]
  • Marvin — Marvin hadir sebagai karakter dalam permainan, dan juga sebagai seseorang di dunia nyata. Diduga, Marvin yang asli memainkan permainan ini menggunakan avatarnya. Paul menyebutnya sebagai makhluk asing berwajah hijau di Petscop 8. Ia adalah ayah dari Care, dan menculik Care pada tahun 1997 untuk "dilahirkan kembali". Marvin muncul sesekali untuk mendampingi Paul, lalu belajar untuk berkomunikasi dalam bahasa kontroler PlayStation.[8] Marvin kemudian kembali ke Paul dan menyakitinya secara fisik pada Petscop 15.
  • Carrie Mark (Care) — Care ditampilkan di dalam permainan dan juga dikatakan ada di dunia nyata. Ia diculik sementara waktu pada tahun 1997 sebelum kembali—apa yang terjadi pada sementara waktu dan setelahnya tidak diketahui. Dalam permainan, ia digolongkan sebagai Pet dan ditangkap di bawah Newmaker Plane. Ia memiliki tiga wujud: Care A (sebelum ia diculik), Care B (masa penculikannya), dan Care NLM ("Nobody Loves Me", setelah kabur). Wujud keempat Care adalah sebuah easter egg. Wujud tersebut menampilkan Care setelah percobaan kelahiran kembalinya gagal.
  • Michael Hammond (Mike) — Anak laki-laki berusia 7 tahun yang lahir pada tahun 1988 dan wafat pada tahun 1995. Batu nisannya ditemukan oleh Paul di dalam permainan, lalu diperkirakan Mike adalah adik dari Rainer, maka Mike adalah sepupu Care.[7][9]
  • Lina Leskowitz — Tante Carrie, yang hilang sebagai anak perempuan tahun 1977—bersamaan dengan kincir angin yang juga hilang di belakangnya. Marvin menyaksikan hal ini terjadi, dan kemudian meyakini bahwa Lina dilahirkan kembali ke anaknya, Care.

Pets[sunting | sunting sumber]

  • Randice — Sebuah bunga yang mempunyai hubungan simbiotik dengan Wavey.
  • Toneth — Sebuah Pet yang ditampilkan di dalam sebuah lukisan di samping Randice dan hanya ditemukan di Newmaker Plane. Ia adalah burung yang mematahkan sayapnya akibat tertabrak mobil.
  • Wavey — Sebuah awan yang menyirami Randice agar tetap hidup.
  • Amber — Bola raksasa yang memiliki akal dan senang berdiam di kandangnya.
  • Pen — Seorang matematikawan yang memiliki cita-cita tinggi dan senang menghabiskan waktunya di ruang musik, meskipun ia tunarungu.
  • RonethAdik sepihak Toneth.

Di luar permainan[sunting | sunting sumber]

  • Paul — Namanya diketahui melalui nama save file-nya.[10] Paul adalah orang yang pendiam dan investigatif. Tidak ada yang diketahui mengenai hubungannya dengan keluarganya, selain Paul mengetahui beberapa kejadian, dan keinginannya untuk membongkar rahasia permainan ini. Ada beberapa persamaan antara Paul dengan Care. Ia mengatakan bahwa ia mirip dengan Care dan mempunyai tanggal lahir yang sama. Diperkirakan juga Paul dan Care adalah orang yang sama. Di penghujung serial, ada beberapa hal yang menguatkan bahwa Paul sedang diawasi atau dalam tahanan seseorang.
  • Belle (juga dikenal sebagai Tiara Leskowitz) — Di sepanjang serial, Paul bicara pada seseorang secara spesifik. Dalam kalimat pertamanya: "Ini hanya untuk membuktikan padamu bahwa aku tidak berbohong tentang permainan ini."[11][9] Dalam Petscop 22, Paul menyebut orang ini sebagai Belle.
  • Rainer — Diperkirakan sebagai nama panggilan untuk sepupu Care, Daniel Hammond. Rainer adalah pengembang utama Petscop, dan tujuannya menciptakan permainan ini masih belum jelas. Rainer telah bertemu dengan Paul pada masa kecilnya dan mungkin adalah orang yang memberinya Petscop.
  • Anna — Istri Marvin dan ibu Care.
  • Jill — Pemilik saluran YouTube sekaligus tante Care, dan kebetulan tokoh yang mencurigakan, menurut Paul.[3]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 25, jika lagu tema Petscop juga dihitung.[2]
  2. ^ Lagu tema Petscop diunggah pada tanggal 28 November 2019.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Moyer, Phillip (18 Maret 2020). "There's Something Hiding in Petscop". EGM. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Maret 2020. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  2. ^ a b "Petscop Has Ended With A Soundtrack Launch". TheGamer. 29 November 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 April 2020. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  3. ^ a b "There's Something Hiding in Petscop | EGM". 18 Maret 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Maret 2020. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  4. ^ a b c d Barron, Alex (31 Agustus 2017). ""Petscop," the Creepy YouTube Series That Confounded Gamers on Reddit". The New Yorker. ISSN 0028-792X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Desember 2017. Diakses tanggal 24 November 2017. 
  5. ^ Elsam, Sara (25 Juni 2018). "Petscop, the internet's favourite haunted video game". Eurogamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2020. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  6. ^ a b Barua, Deeparghya (25 April 2019). "Petscop: The game that never existed". The Daily Star. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 April 2020. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  7. ^ a b Greene, Dylan. "The Journey Across Newmaker Plane". Splice Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 April 2020. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  8. ^ Colburn, Randall (24 April 2017). "A creepypasta myth is being born around a supposedly unreleased 1997 game". The A.V. Club. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 December 2017. Diakses tanggal 24 November 2017. 
  9. ^ a b Molke, David (24 April 2017). "Petscop - Angeblich unveröffentlichtes PS1-Spiel stellt das Internet vor Rätsel - GamePro". GamePro (dalam bahasa Jerman). Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Desember 2017. Diakses tanggal 24 November 2017. 
  10. ^ Carlos Saloz, Juan (24 April 2017). "Un oscuro juego de PlayStation ha aparecido en YouTube, y el misterio no deja de crecer". PlayGround (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 24 November 2017. 
  11. ^ Peters, Lucia. "9 Creepy YouTube Web Series To Marathon When You're In The Mood For Some Spookiness". Bustle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Mei 2019. Diakses tanggal 25 November 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]