Permainan realitas alternatif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permainan realitas alternatif (ARG) adalah pengalaman interaktif yang menggunakan dunia nyata sebagai platform untuk menceritakan kisah yang mungkin dipengaruhi oleh ide atau tindakan peserta. Biasanya permainan realitas alternatif memanfaatkan teknologi sosial untuk beberapa derajat atau lainnya untuk desainer game (dikenal sebagai puppetmasters) untuk memberikan informasi kepada peserta, dan bagi peserta untuk berkomunikasi dengan tali lainnya selama proses permainan.

ARG kadang-kadang digambarkan sebagai bentuk narasi pertama yang asli dari internet, karena cerita mereka bergantung pada dua kegiatan utama yang dilakukan di sana: mencari informasi, dan berbagi informasi. Bentuknya ditentukan oleh keterlibatan pemain yang intens dengan cerita yang terjadi secara waktu nyata dan berkembang sesuai dengan tanggapan peserta, dan karakter yang secara aktif dikendalikan oleh para desainer gim, sebagai lawan yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan seperti di komputer atau game konsol video. Pemain berinteraksi langsung dengan karakter dalam permainan, memecahkan tantangan dan teka-teki berbasis plot, dan sering bekerja bersama dengan komunitas untuk menganalisis cerita dan mengoordinasikan kehidupan nyata dan aktivitas online.

ARG umumnya menggunakan multimedia, seperti telepon, email dan surat tetapi bergantung pada Internet sebagai media pengikat pusat.

Ada perbedaan penting yang harus dibuat antara jenis permainan tradisional dan permainan realitas alternatif. Sedangkan permainan tradisional dirancang untuk membantu orang melarikan diri dari kenyataan, permainan realitas alternatif sebenarnya dirancang untuk membuat kenyataan lebih menarik. Oleh karena itu pentingnya menggunakan dunia nyata sebagai panggung untuk permainan. ARG biasanya gratis untuk dimainkan, dengan biaya yang diserap baik melalui produk pendukung atau perjanjian promosi. Meskipun mungkin untuk mengikuti permainan secara individual, ARG benar-benar dirancang untuk kolektif pemain yang berbagi informasi dan solusi hampir seketika, dan memasukkan individu yang memiliki hampir setiap bidang keahlian yang mungkin.

Terminologi ARG

Puppetmaster – Puppetmaster bertanggung jawab untuk menjalankan ARG. Puppetmasters secara serentak adalah sekutu dan musuh bagi basis pemain, menciptakan rintangan dan menyediakan sumber daya untuk mengatasinya dalam menceritakan kisah permainan. Puppetmasters umumnya tetap berada di belakang tirai saat pertandingan sedang berjalan. Identitas asli para dalang bisa atau mungkin tidak diketahui sebelumnya.

Tirai – Tirai umumnya merupakan metafora untuk pemisahan antara puppetmaster dan para pemain. Hal ini dapat mengambil bentuk tradisional kerahasiaan mutlak mengenai identitas dan keterlibatan boneka boneka dengan produksi, atau hanya merujuk pada konvensi bahwa puppetmaster tidak berkomunikasi langsung dengan pemain melalui permainan, berinteraksi bukan melalui karakter dan desain permainan.

Trailhead – Petunjuk yang disengaja yang memungkinkan pemain menemukan jalan ke dalam permainan. Kebanyakan ARG menggunakan sejumlah trailhead di beberapa media, untuk memaksimalkan kemungkinan orang menemukan permainan. Beberapa trailhead mungkin terselubung, yang lain mungkin iklan yang disamarkan.

Meskipun permainan awalnya mungkin menarik sekelompok kecil peserta, karena mereka menemukan tantangan baru, mereka akan menjangkau dan menarik orang lain dengan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengatasi rintangan.

Permainan Realitas Alternatif terkadang termasuk dalam kategori permainan serius (istilah yang digunakan untuk menggambarkan permainan yang memiliki tujuan pendidikan tertentu). Contoh-contoh ARG yang serius termasuk Tomorrow Calling (aktivisme lingkungan), World Without Oil (ketergantungan minyak asing), dan Jejak Harapan (mitigasi konflik). Serius ARG memperkenalkan masuk akal sebagai fitur narasi untuk menarik pemain ke dalam permainan. Orang berpartisipasi untuk mengalami, mempersiapkan atau membentuk kehidupan alternatif atau masa depan. Dengan demikian, game memiliki potensi untuk menarik pemain lepas atau non-pemain, karena ‘bagaimana jika’ adalah permainan yang dapat dimainkan siapa pun. Subjek serius mereka dapat menyebabkan Serius ARG untuk menyimpang dari ARG mainstream dalam desain.

Alih-alih menantang kecerdasan kolektif untuk memecahkan teka-teki, para panglima dunia Tanpa Minyak bertindak sebagai pemain untuk memandu “imajinasi kolektif” untuk menciptakan catatan masa depan multi-penulis dari masa depan alternatif, konon seperti yang terjadi. Dengan meminta para pemain mengabadikan kehidupan mereka dalam realitas alternatif minyak-terguncang, game WWO melepaskan kontrol narasi kepada pemain hingga ke tingkat yang tidak pernah terlihat sebelumnya dalam sebuah ARG.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Pervasive games Templat:Mixed reality