Petit Bé

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Benteng Petit Bé dari tembok Saint-Malo
Benteng Petit Bé dari Grand Bé

Petit Bé merupakan sebuah pulau gelombang dekat Saint-Malo, Prancis, dekat dengan pulau yang lebih besar Grand Bé. Ketika gelombang surut pulau dapat dicapai dengan berjalan kaki dari pantai Bon-Secours.

Benteng[sunting | sunting sumber]

Di Petit Bé terdapat sebuah benteng yang dibangun pada abad ke-17. Merupakan bagian dari rangkaian pertahanan yang dirancang oleh Vauban untuk menjaga kota Saint-Malo dari armada Britania dan Belanda. Rangkaian ini juga meliputi Fort National, Fort Harbour, Fort de la Conchée, benteng Cézembre dan Pointe de la Varde (dua benteng telah dihancurkan) dan tembok kota. Benteng-benteng tersebut dibangun oleh insinyur Saint-Malo, Siméon Garangeau.

Menjadi properti angkatan darat Prancis hingga 1885, benteng ini telah dikembalikan ke kota Saint-Malo. Kemudian menjadi sebuah Monument historique tahun 1921, tetapi dibiarkan saja hingga 2000, ketika Saint-Malo memberikan sewa bebeas terhadap sebuah organisasi nirlaba untuk renovasi dan wisata. Bulan April 2007, benteng ini direnovasi tetapi dapat dikunjungi saat gelombang surut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]