Cézembre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cézembre, dilihat dari pantai Sillon, Saint-Malo

Cézembre adalah sebuah pulau di Brittany, di département Ille-et-Vilaine Prancis, dekat Saint-Malo. Pulau ini tidak berpenghuni, dengan luas permukaan sekitar 18 hektar (44 acre), panjang 750 meter (2.461 kaki), dan lebar maksimum 250 meter (820 kaki).

Pulau ini memiliki pantai berpasir halus yang menghadap Saint-Malo di selatan, dan pantai yang curam dan berbatu di sekitar pulau lainnya. Seperti di tempat lain di Brittany utara, kisaran pasang surut adalah salah satu yang tertinggi di dunia. Sampai abad ketujuh belas adalah mungkin untuk mencapai pulau saat air surut dengan berjalan kaki dari Saint Malo.

Pantai pulau ini populer di musim panas dengan pengunjung yang datang dengan kapal pesiar atau perahu motor dan jarang ada kunjungan dari St-Malo, meskipun pendaratan tidak dimungkinkan kecuali saat air pasang. Sebuah restoran kecil menyajikan makan siang dan pemesanan di muka sangat penting.

Cézembre dihuni oleh sejumlah pertapa selama berabad-abad, dan menampilkan sebuah biara untuk sementara waktu. Ada juga lima kapel kecil. Kapel yang didedikasikan untuk Saint Brendan dibangun pada 1420 oleh seorang imam pertapa dari Saint-Malo, Raoul Boisserel.[1] Vauban membentengi pulau itu pada akhir abad ketujuh belas, dan setelah itu digunakan sebagai tempat karantina, dengan kargo disimpan di kapel Saint Brendan.[1] Selama Perang Dunia I, Angkatan Darat Belgia memasang kompi disipliner di Cézembre. Sebelum kehancurannya selama Perang Dunia II, Oratorium Saint Brendan adalah tempat ziarah bagi wanita yang belum menikah yang akan menusuk hidung patung kayu suci dengan peniti dengan harapan pernikahan yang baik.[2]

Perang Dunia Dua[sunting | sunting sumber]

Plakat yang menunjukkan kapel bersejarah di Cézembre

Selama Perang Dunia II, Jerman dan Italia memperkuat benteng pulau itu sebagai bagian dari Tembok Atlantik. Kontingen Italia terdiri dari dua perwira dan lebih dari seratus pelaut, termasuk dalam Divisione Atlantica dari Repubblica Sociale Italiana. Selama Pertempuran Saint-Malo pada bulan Agustus dan September 1944, garnisun Jerman-Italia dibombardir berat oleh artileri darat, artileri angkatan laut, dan serangan udara, dengan 19.729 bom pesawat, termasuk fosfor dan napalm, dan sekitar 20.000 peluru artileri menghantam pulau itu.[3] Senjata di pulau itu berkontribusi pada pertahanan St. Malo. Tiga ratus orang garnisun pulau itu akhirnya menyerah kepada unsur-unsur Divisi Infanteri ke-83 AS pada 2

Sebuah pesawat USAAF terbang di atas Cézembre tak lama setelah serangan udara pada bulan Agustus atau September 1944

September 1944.[4]

Pascaperang[sunting | sunting sumber]

Akibat pemboman Sekutu yang intens ini, lanskap Cézembre menjadi tandus dan berlubang, meskipun vegetasi alami kembali. Pulau ini belum sepenuhnya diranjau, dan karena alasan ini sebagian besar pulau selain pantai merupakan zona interdite (zona terlarang), dengan pagar kawat berduri dan pemberitahuan peringatan.

Setelah operasi ranjau, pengelolaan pulau itu dipindahkan dari kementerian Pertahanan Prancis ke Conservatoire du littoral (operator publik resmi Prancis) pada Oktober 2017, untuk lebih memperluas perlindungan alamnya dan mengelola situs bersejarah dan arkeologi yang tersisa di pulau, termasuk reruntuhan kapel dan situs pemakaman.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Ile de Cézembre et Phare du Jardin". www.carphaz.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 August 2008. Diakses tanggal 12 January 2022. 
  2. ^ "Entretien avec Nicolas Malfin (Cézembre)". 
  3. ^ "Settant'anni fa a Cézembre, l'isola che non si arrese". 4 September 2014. 
  4. ^ "HyperWar: US Army in WWII: The Breakout and Pursuit [Chapter 21]". www.ibiblio.org. Diakses tanggal 2018-06-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 48°40′36″N 2°4′17″W / 48.67667°N 2.07139°W / 48.67667; -2.07139