Pesawat pengawasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah Raytheon Sentinel dari RAF menunjukkan pod radarnya

Pesawat pengawasan atau pesawat mata-mata adalah suatu jenis pesawat yang digunakan untuk mengawasi dan mengumpulkan informasi dari waktu ke waktu. Mereka dipakai oleh pasukan militer dan instansi pemerintah lainnya dalam peran seperti pengumpulan intelijen, pengawasan medan perang, pengawasan udara, pengamatan biasa (misalnya pengawas artileri), patroli perbatasan dan perlindungan perikanan.

Pesawat pengawas biasanya tidak membawa persenjataan, atau hanya sebatas untuk pertahanan diri saja. Sebuah pesawat pengawas tidak selalu membutuhkan kemampuan tingkat tinggi atau kemampuan siluman. Pesawat ini bisa juga dibuat dengan memodifikasi pesawat sipil. Pesawat pengawas juga bisa termasuk balon tertambat (misalnya TARS) dan kendaraan udara tak berawak (UAV).

Istilah[sunting | sunting sumber]

Istilah "pengawasan" dan "pengintaian" kadang-kadang digunakan secara bergantian, tetapi, dalam konteks militer, perbedaan dapat ditarik.

"Pengawasan" berarti memonitor perubahan situasi secara real time, dan pengintaian, yang menangkap gambar statis untuk analisis. "Pengawasan" kadang-kadang dikelompokkan dengan intelijensi, akuisisi target dan pengintaian (ISTAR).

Observasi adalah istilah yang digunakan untuk pengawasan ketika sensor utamanya adalah mata manusia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pra Perang Dunia I[sunting | sunting sumber]

Balon pengawasan pertama dalam sejarah, "l'Entreprenant", 1794. Ilustrasi dari akhir Abad ke-19.