Helikopter militer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Helikopter militer adalah helikopter yang khusus dibuat atau dikonversi untuk digunakan oleh pasukan militer. Misi helikopter militer adalah fungsi dari desain atau konversi. Penggunaan yang paling umum dari helikopter militer adalah transportasi pasukan, namun helikopter transportasi dapat dimodifikasi atau diubah untuk melakukan misi lain seperti combat search and rescue (CSAR), medical evacuation (MEDEVAC), pos komando udara, atau bahkan dipersenjatai dengan senjata untuk menyerang target darat. Helikopter militer khusus dimaksudkan untuk melakukan misi tertentu. Contoh helikopter militer khusus adalah serangan helikopter, helikopter observasi dan helikopter perang anti-kapal selam.

Helikopter militer dikelompokkan sesuai dengan kegunaan utama mereka.Militer Amerika Serikat memiliki sistem klasifikasi universal sehingga memudahkan mengenali peruntukan sebuah helikopter.

Terdapat beberapa klasifikasi helikopter yaitu: A – Attack (serang), C – Cargo transport, H – Search and Rescue, R – Reconnaissance (pengintai), S – Anti-kapal selam, M – Multi-mission atau multi-peran, T – Trainer, dan U – Utility.

Salah satu helikopter serang populer adalah AH-1 Huey Cobra. Helikopter ini banyak digunakan pada saat Perang Vietnam.Cobra pada awalnya dikembangkan untuk menjadi helikopter ringan dan mudah dikendalikan dengan membawa persenjataan ringan.AH-1 kemudian ditingkatkan menjadi Cobra Super yang membawa 24,15 cm roket Hydra dan misil anti tank Tube-launched Optically-tracked Wire-to-command-Link (TOW).Sedang, AH-64 Apache dirancang sebagai penghancur tank. Helikopter ini membawa meriam 30 mm dan dapat pula membawa 16 roket Hellfire atau 76 roket 70mm.

Training helikopter atau TH, digunakan untuk training militer. Bell TH-67 digunakan oleh Angkatan Darat AS untuk melatih pilot, sementara variasi Angkatan Laut adalah TH-57.

Yang paling dikenal dari helikopter transportasi atau kargo militer adalah helikopter rotor ganda CH-46 Sea Knight.CH-57 Chinook merupakan helikopter rotor dan mesin ganda yang digunakan baik sebagai pengangkut kargo dan pasukan.

Beberapa helikopter militer mengalami modifikasi agar bisa digunakan dalam berbagai keperluan. Sebagai contoh, UH-60L Blackhawk merupakan versi modifikasi dari Anti-Submarine SH-60 Skyhawk. Helikopter tersebut juga dimodifikasi menjadi helikopter serba guna MH-60G Pave Hawk serta HH-60J Jayhawk milik Coast Guard.

Berbagai tipe helikopter diatas memiliki fungsi berbeda dengan platform mesin yang sama. Diantara semua jenis, helikopter multi-peran bisa dikatakan paling berguna dan paling fleksibel.Helikopter seperti MH-60G mampu melakukan misi infiltrasi seperti mendaratkan pasukan khusus dan terbang dalam segala cuaca.Sedang MH-60L merupakan Blackhawk yang sudah ditingkatkan spesifikasinya sehingga bisa berperan sebagai helikopter serang jika diperlukan.

Referensi[sunting | sunting sumber]