Perwakilan permanen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perwakilan permanen adalah diplomat yang memimpin misi diplomatik pada sebuah organisasi internasional.[1]

Organisasi menerima perwakilan permanen dari negara anggotanya, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Uni Eropa, Organisasi Kerjasama Islam, dan Organisasi Negara-Negara Amerika. Perwakilan permanen bisa dikirim ke sub unit atau kantor lapangan pada organisasi. Sebagai contoh, selain perwakilan permanen yang dikirim ke markas PBB di New York, negara-negara anggota PBB juga menunjuk perwakilan tetap ke kantor-kantor PBB lainnya, seperti yang ada di Jenewa, Nairobi, dan Wina.

Perwakilan tetap secara informal disebut sebagai duta besar.[2] Namun, meskipun seorang perwakilan permanen biasanya memegang pangkat diplomatik seorang duta besar, karena ia terakreditasi di sebuah organisasi internasional, jabatan resmi tersebut adalah perwakilan tetap.[2] Sebagai contoh, Duta Besar Amerika Serikat di PBB secara teknis disebut sebagai Perwakilan/Misi Permanen untuk PBB, meskipun dia secara luas disebut sebagai duta besar.

Representasi diplomatik daripada Paus dinamakan sebagai Nunsiatur Apostolik, dengan posisi setara dengan perwakilnan permanen.[3] Sementara ini pada beberapa organisasi internasional, seperti UNESCO, menggunakan istilah Delegasi Permanen yang mengacur kepada kepala misi diplomatik yang terakreditasi pada mereka.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Vienna Convention on the Representation of States in their Relations with International Organizations" (PDF). UN Office of Legal Affairs. United Nations. 1975. Diakses tanggal September 27, 2017. 
  2. ^ a b Berridge, G.R.; Lloyd, Lorna (2012). The Palgrave Macmillan Dictionary of Diplomacy, Third Edition. New York: Palgrave Macmillan. ISBN 978-0-230-30299-0. 
  3. ^ "Nuncio". New Advent Catholic Encyclopedia. New Advent. 2017. Diakses tanggal September 27, 2017. 
  4. ^ "Directory of Permanent Delegations and Permanent Observer Missions to UNESCO". UNESCO. 2017. Diakses tanggal September 27, 2017.