Surat kepercayaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Surat kepercayaan dari Duta Besar Cekoslowakia untuk Lituania, yang ditulis dalam bahasa Prancis tradisional dan ditandatangani oleh Presiden Václav Havel.

Surat kepercayaan (bahasa Inggris: letter of credence; bahasa Prancis: lettre de créance) adalah surat diplomatik resmi yang menunjuk seorang diplomat sebagai duta besar untuk negara berdaulat lainnya. Surat ini dikenal secara resmi sebagai kredensial diplomatik. Surat ini ditujukan dari satu kepala negara ke kepala negara lain, dengan tujuan meminta negara tujuan untuk memberikan kepercayaan atau kredensi untuk apa pun yang dikatakan duta besar atas nama negaranya. Surat tersebut diberikan secara pribadi oleh duta besar, baik residen maupun nonresiden, kepada kepala negara penerima dalam upacara formal, yang menandai awal dari masa tugas duta besar tersebut.

Surat kepercayaan secara tradisional ditulis dalam bahasa Perancis sebagai lingua franca untuk urusan diplomasi.[1] Namun, saat ini surat tersebut juga dapat ditulis dalam bahasa resmi dari negara pengirim.[2][3]

Duta Besar Eugène-Richard Gasana dari Rwanda memberikan kepercayaannya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "10th Anniversary of Poland's Accession to the EU". Ministry of Foreign Affairs, Republic of Poland. 8 May 2014. Letters of Credence (translated from French) of Jan Kułakowski, 26 February 1990 (AMFA). 
  2. ^ Ahren, Raphael (October 17, 2012). "New Egyptian ambassador brings Israel 'message of peace'". The Times of Israel. 
  3. ^ "Diplomatic Credential Presented by the Great Qing Empire". National Palace Museum.