Perubahan suara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perubahan suara atau mutasi suara, terkadang merujuk pada pergantian suara, biasanya merujuk kepada pendalaman suara orang saat mereka mencapai pubertas. Sebelum pubertas, anak laki-laki dan perempuan memiliki nada vokal yang mirip, tetapi saat pubertas suara pria khususnya mendalam satu oktaf, sementara suara wanita biasanya hanya mendalam beberapa not.[1][2][3]

Efek yang mirip adalah suara retak ketika suara seseorang secara tiba-tiba dan tanpa disengaja memasuki tingkat suara yang lebih tinggi (biasanya falsetto) untuk rentang waktu yang pendek. Ini mungkin disebabkan oleh bernyanyi atau berbicara dengan nada di luar rentang vokal alami seseorang, stress, tekanan emosional, atau perubahan fisik yang berkaitan dengan pubertas. Sebuah contoh dari suara retak (ketika dihubungkan dengan pubertas) berlangsung hanya sejenak dan umumnya terjadi lebih jarang saat seseorang bertumbuh menuju dewasa.[4]

Perubahan anatomi[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan dari perubahan suara dimulai di sekitar pubertas.[4] Nada orang dewasa dicapai 2-3 tahun kemudian namun suara tersebut tidak stabil hingga tahun-tahun awal dari masa dewasa. Ini biasanya terjadi beberapa bulan atau beberapa tahun sebelum pertumbuhan rambut wajah yang signifikan. Di bawah pengaruh androgen, kotak suara, atau laring, tumbuh pada kedua jenis kelamin. Pertumbuhan ini jauh lebih menonjol pada anak laki-laki dibanding anak perempuan dan lebih mudah diketahui. Pertumbuhan ini menyebabkan suara menjadi turun dan terdengar lebih dalam. Bersamaan dengan laring, lipatan vokal (pita suara) tumbuh lebih panjang secara signifikan dan lebih tebal.

Tulang-tulang wajah juga mulai bertumbuh. Lubang-lubang di sinus, hidung, dan bagian belakang tenggorokan membesar, sehingga membuat lebih banyak ruang di dalam kepala yang memungkinkan suara untuk beresonansi.[1] Terkadang, perubahan suara juga diikuti oleh ketidakstabilan suara pada tahap awal dari suara yang tidak terlatih. Dikarenakan penurunan yang signifikan pada nada rentang suara, orang-orang mungkin secara tidak sadar berbicara dalam suara kepala atau bahkan menegangkan suara mereka menggunakan nada yang sebelumnya merupakan suara dada, bagian terendah dari penempatan suara modal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perubahan historis pada umur rata-rata pubertas menyebabkan pengaruh yang mendalam dalam menggubah musik untuk suara anak-anak. Penggubah Joseph Haydn (1732-1809) dikenal secara khas menyanyikan bagian dalam nada tinggi sepanjang usia ke-17 tahunnya.

Suara yang tidak berubah memiliki permintaan yang tinggi untuk koor gereja, yang secara historis mengecualikan wanita. Ideal yang tersisa dari koor katedral Inggris berasal dari soprano anak laki-laki (atau treble), dengan bagian alto dilakukan oleh countertenor orang dewasa. Namun di negara yang berbahasa Jerman bagian alto juga dinyanyikan oleh anak laki-laki.

Secara historis, sebuah strategi untuk menghindari pergeseran bersama-sama adalah kastrasi. Castrato pertama kali didokumentasikan dalam catatan gereja Italia sejak tahun 1550-an.[5] Exultate Jubilete dari Mozart, Miserere dari Allegri dan bagian-bagian dari Messiah milik Handel ditulis untuk suara ini, yang warna vokal uniknya dipergunakan secara luas pada opera Baroque. Pada tahun 1861 praktek kastrasi menjadi ilegal di Italia, dan pada tahun 1878 Paus Leo XIII melarang perekrutan kastrati baru oleh gereja. Castrato terakhir adalah Alessandro Moreschi (1858-1922) yang bertugas di Paduan Suara Kapel Sistine.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Your child's changing voice". Kidshealth.org. 
  2. ^ "Breaking voices". BBC Science. 30 April 2002. Diakses tanggal 11 June 2018. 
  3. ^ "Voice changing". The Lowdown. Diakses tanggal 11 June 2018. 
  4. ^ a b "When will my son's voice change?". About.com. 
  5. ^ John Rosselli, "Castrato" article in The New Grove Dictionary of Music and Musicians, 2001.
  6. ^ Ellis, Samantha (August 5, 2002). "All Mouth and No Trousers". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 9, 2014.