Pertempuran Marj Dabiq

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pertempuran Marj Dābiq (bahasa Inggris: The Battle of Marj Dābiq; bahasa Turki: Mercidabık Muharebesi) adalah sebuah pertempuran militer antara Kekaisaran Turki atau Kekaisaran Ottoman dan Kesultanan Mesir atau Kesultanan Mamluk. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 24 Agustus 1516 Masehi (M)[1] menjadi salah satu bagian dari Perang Mamluk-Ottoman (1516-1517 M) yang berakhir dengan kemenangan Ottoman. Pertempuran Marj Dābiq terjadi di Kota Dabiq. Kota Dabiq terletak di Syria, tepatnya 44 kilometer di sebelah utara Kota Aleppo.Kemenangan Ottoman dalam pertempuran ini memberikan kekuasaan untuk mengontrol penuh daerah Syria.

Pada abad enam belas Masehi, Ottoman telah menguasai secara penuh daerah Balkan mulai memperluas daerah kekuasaannya ke selatan di Timur Tengah. Ekspansi Ottoman ke Timur Tengah dipengaruhi oleh perkembangan Kekaisaran Persia Safawi yang sangat pesat menyebabkan propaganda di perbatasan Turki oleh Kaum Syiah. Kekaisaran Persia Safawi terletak di utara Iran modern diserang oleh Ottoman pada tahun 1514 melalui Pertempuran Chaldiran tepatnya pada tanggal 23 Agustus yang berakhir dengan kemenangan Ottoman. Setelah itu, Ottoman yang dipimpin oleh Sultan Selim mulai mendominasi kawasan Iran dan Timur Tengah lainnya ingin menguasai daerah Mesir yang dikuasai oleh Kesultanan Mamluk.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Battle of Marj Dabiq". Project Gutenberg Self-Publishing Press. Diakses tanggal 11 November 2017. 
  2. ^ Pillalamarri, Akhilesh. "Exactly 500 Years Ago, This Battle Changed the Middle East Forever". The National Interest. Diakses tanggal 11 November 2017.