Pertempuran Jolo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Jolo (1638)
Bagian dari Konflik Spanyol–Moro
Tanggal4 Januari 1638 – 14 April 1646
LokasiBauang (Jolo), Kesultanan Sulu
Hasil

Tahap pertama (Januari–Mei 1638): Kemenangan Spanyol

  • Orang-orang Spanyol mendirikan garnisun di Jolo.[1]
  • Sultan dan istananya melarikan diri ke Dungun, Tawi-Tawi.[1]

Tahap kedua (1640): Kemenangan taktis Spanyol, Kemenangan Sulu strategis
Tahap ketiga (1644–46): Kemenangan Sulu

Pihak terlibat
Imperium Spanyol Kesultanan Sulu
Dukungan kecil:
Republik Belanda Republik Belanda
Tokoh dan pemimpin
Imperium Spanyol
Sebastián Hurtado de Corcuera
Sultan Muwallil Wasit
Pangiran Salikula
Sultan Nasir ud-Din
Kekuatan
Sekitar 2,000 pasukan
~1,500 Cebuano pasukan pendukung
500 pasukan Spanyol
80 kapal
4,000 pasukan dari Jolo, Borneo, Makassar
1 Kuta (Benteng)
Jumlah kapal A.L. Belanda yg tdk diketahui
Korban
Tidak diketahui (parah) Tidak diketahui (parah)

Pendudukan Spanyol di Jolo atau Pertempuran Jolo merupakan sebuah ekspedisi militer untuk menenangkan orang-orang Moro dari Kesultanan Sulu pada tahun 1630-an. Ekspedisi, yang secara pribadi dipimpin oleh Sebastian de Corcuera, yang kemudian Gubernur Jenderal Hindia Spanyol adalah ekspedisi tindak lanjut ke kampanye sebelumnya yang berhasil melawan Kesultanan Maguindanao di bawah Sultan Qudarat. Awalnya sukses, sebagian karena epidemi di dalam benteng Sultan Wasit pada awal kampanye, mengakibatkan pasukan Sulu mundur ke Tawi-Tawi.

Pendudukan Jolo juga melihat angsuran garnisun Spanyol yang berumur pendek di kota. Kemudian, Sultan Wasit dan Sultan Nasir ud-Din, yang banyak orang percaya sebagai Sultan Qudarat, memulai serangkaian ekspedisi melawan orang-orang Spanyol, berhasil mengurangi garnisun sampai mereka dipanggil kembali ke Manila untuk mempertahankan serangan yang dirumorkan oleh perompak Tiongkok, Koxinga. Setelah pendudukan, periode singkat perdamaian diikuti, tanpa serangan signifikan yang dilakukan di Mindanao atau Sulu. Penjajahan Corcuera adalah pendudukan Spanyol Jolo yang pertama dari tahun 1638–1645.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Gubernur Jenderal yang baru dari Filipina pada saat itu, Gubernur Sebastian Hurtado de Corcuera bermaksud untuk menenangkan Moros Mindanao sekali dan untuk semua, untuk mengkonsolidasikan dan memperkuat kekuasaan Spanyol di kepulauan.[2] Hal ini menyebabkan invasi Spanyol awal Basilan, kemudian dikenal sebagai Taguima, dan serangan yang sukses terhadap basis Sultan Qudarat di Lamitan[3] pada tahun 1636. Qudarat (kadang-kadang dieja Kudarat) kemudian fokus pada pengumpulan dukungan dari interior Maguindanao, berkumpul kembali untuk yang lain menyerang, saat berurusan dengan Spanyol secara diplomatis. Setelah menandatangani perjanjian dengan Qudarat, selingan pendek 2 tahun terjadi sebelum Corcuera berangkat ke Bauang, ibu kota Kesultanan Sulu, yang dikenal orang Spanyol sebagai Jolo.[4]

Sementara itu, di dalam tembok-tembok Kuta atau Benteng Sultan Muwallil Wasit, yang dikenal sebagai Rajah Bungsu kepada orang-orang Spanyol, berita tentang pasukan ekspedisi datang tepat pada waktunya untuk membuat persiapan untuk serangan yang akan datang. Sultan Wasit memanggil semua Datu dari Sulu bersama dengan sekutu dari Kalimantan dan Makassar untuk memperkuat Kutanya. Pada saat orang-orang Spanyol melihat Jolo pada tanggal 3 Januari, sebelum melakukan serangan, Kuta Sultan Wasit menyombongkan 4.000 pasukan dan potongan artileri yang tak terhitung banyaknya yang siap untuk mengusir serangan Spanyol seperti yang telah dilakukan beberapa kali sebelumnya. Sultan Wasit juga mengadakan perjanjian dengan Maguindanao Sultan Kudarat untuk mengadakan perjodohan[5] antara salah satu putri Sultan Wasit dan Kudarat. Pentingnya pernikahan dan aliansi yang dihasilkan akan dibahas lebih lanjut nanti.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Serangan Spanyol[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 4 Januari 1638, orang-orang Spanyol mendarat di pantai dekat Jolo dan melancarkan serangan pertama mereka di benteng, dengan Corcuera sendiri memimpin pasukan.[2] Meskipun kekuatan datang dengan kemarahan dan dengan senjata yang lebih baik dibandingkan dengan yang ada di benteng, serangan itu dipukul mundur. Pengeboman benteng berlanjut selama berminggu-minggu setelah serangan awal, dengan orang-orang Sulu keras kepala dan bersembunyi di dalam benteng, sementara pasukan Spanyol-Filipina berkumpul kembali di kapal mereka. Serangan lain dipimpin oleh Corcuera dan orang-orang Sulu tetap bertahan. Dengan pihak mana pun mendapatkan tanah apa pun, dan situasi pengepungan saat ini mendukung Sultan, yang memiliki persediaan makanan yang tetap dari pedalaman pulau itu, masa kemacetan pun terjadi.

Kemacetan dan wabah penyakit di Jolo[sunting | sunting sumber]

Setelah hampir 3 bulan mengalami kebuntuan di Jolo, dengan tidak ada pihak yang menang atau kalah, dan kedua belah pihak menderita korban yang meningkat, tampak seolah-olah orang-orang Sulu sekali lagi telah memukul mundur serangan terhadap ibu kota mereka. Namun segera, penyakit misterius, digambarkan sebagai "penyakit tropis" [1] (diduga Malaria) memasuki benteng dan menghancurkan para pembela. Banyak orang-orang Sulu meninggal karena epidemi yang tiba-tiba, dan akhirnya, Sultan Wasit meminta retret, meninggalkan benteng dan kota dan berlayar ke Dungun, Tawi-Tawi di bagian paling selatan dari Kesultanan. Orang-orang Spanyol kemudian menduduki kota dan berjuang melawan sisa-sisa perlawanan di benteng, mendirikan garnisun di dalam kota dan merekonstruksi Kuta dan benteng pertahanannya.

Serangan balik oleh Sultan Wasit[sunting | sunting sumber]

Setelah kemenangan awal orang-orang Spanyol di Jolo, Sultan Wasit dihadapkan pada kekalahan memalukan di tangan de Corcuera. Serangan awal di kota Jolo dilakukan oleh Datu Sulu yang ditinggalkan, di bawah komando Sultan Wasit sendiri. Namun, tidak ada serangan besar yang terjadi sampai kira-kira 1640. Mengelompokkan kembali dan meminta bala bantuan dari Tawi-Tawi, dia mengorganisir serangan balasan [1] untuk mengusir orang-orang Spanyol keluar dari wilayahnya.

Namun, dia tidak langsung memimpin serangan ini. Datu Sulu sekarang akan dipimpin oleh putra Sultan, Pangiran Salikula. Saat itu sekitar Salikula bernama de facto Sultan Sulu, karena usia ayahnya yang sudah tua. Butuh 5 tahun konflik sebelum orang-orang Spanyol akan menyetujui sebuah perjanjian, dan akhirnya meninggalkan Jolo.

Pertempuran Bud Datu[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar tentara Sultan Wasit sekarang terdiri dari kekuatan Datu-nya, dan Datu Tawi-Tawi, keturunannya dari Borneo dan Makassari, entah dibunuh atau ditangkap. Nasib Jolo bergantung pada tentara Datu dan tentara Sultan. Serangan balik awal akhirnya mendorong garis depan ke gunung Bud Datu, menghadap ke kota Spanyol Jolo di kemudian hari selama berbulan-bulan, Datu Sulu mulai bertempur dalam perang berdarah di hutan di kaki gunung, itu menjadi jalan buntu lain untuk sementara waktu

Segera, pertempuran mulai menguntungkan orang-orang Sulu, sebagai garnisun orang-orang Spanyol terus menerus habis, dan Corcuera tidak hadir pada saat ini, menghadiri tugas-tugas di Manila. Sultan Wasit juga tidak lagi memimpin Datu dalam pertempuran, ia dianggap tua dan putranya dipercayakan dengan perintah atas serangan itu..[1]

Tidak jelas berapa lama pertempuran ini berlangsung, atau seberapa parah korban di kedua belah pihak, apa yang dipercaya secara luas, bagaimanapun, adalah bahwa Sultan Wasit memerintahkan bahwa Gunung yang menghadap Jolo, diberi nama "Bud Datu" yang berarti "Gunung dari Datu "untuk memperingati pengorbanan para Datu Sulu dalam perjuangan panjang mereka dengan orang-orang Spanyol.[1] Para Datu Sulu berjongkok dan membangun Kuta mereka di lereng gunung, untuk mengkonsolidasikan keuntungan kecil mereka.

Keterlibatan Belanda[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 25 Maret 1644, Sultan Wasit mengutus Putranya, Pangiran Salikula, bersama dengan armada Belanda dari Batavia untuk membombardir orang-orang Spanyol yang tersisa di garnisun Jolo.[1] Tidak ada pertempuran darat yang menentukan selama periode ini, dan Belanda agaknya tidak terlibat lagi dengan Sultan Sulu sesudahnya. Suatu periode kedamaian relatif sekali lagi terjadi di Jolo, karena garnisun kini terputus dari bala bantuan dan hampir dikelilingi.

Akhir penyerangan Sulu dan penghancuran garnisun Jolo[sunting | sunting sumber]

Beberapa waktu pada 1645, kekuatan gabungan Pangiran Salikula, Sultan yang bertindak dari Sulu dan seorang Sultan Nasir ud-Din, yang banyak orang percaya sebagai Sultan Kudarat, memimpin serangan terakhir terhadap garnisun, membunuh dan menangkap pasukan Spanyol yang tersisa di sana. dan akhirnya menduduki Jolo.

Keterlibatan Sultan Kudarat[sunting | sunting sumber]

Tidak jelas apa yang terjadi antara penaklukan Sulu atas Jolo dan perjanjian terakhir yang ditandatangani dengan Manila dan Sulu. Diyakini, bagaimanapun, bahwa karena perjanjian pernikahan sebelumnya dengan Qudarat, atau Nasir ud-Din, nama yang diduga di Sulu,[3] Salikula tidak akan terus memerintah sebagai de facto Sultan, atau bahkan memerintah sebagai Sultan penuh pada kenyataannya. Sebaliknya, Wasit diyakini telah memberikan tahta Sulu kepada Nasir ud-Din sebagai tanda terima kasih dan kewajiban, karena Nasir ud-Din adalah menantunya, karena perjanjian pernikahan sebelumnya antara putri Sultan Wasit dan Sultan Qudarat.

Sultan Qudarat secara resmi dinobatkan sebagai Sulu Sultan Nasir ud-Din di Bauang atau Jolo, sekitar akhir tahun 1645, sementara Salikula dan Wasit tetap di Tawi-Tawi. Pada tanggal 14 April 1646, Pemerintah Spanyol Manila menandatangani perjanjian damai dengan Sulu Sulta Nasir ud-Din yang mengakui kemerdekaan kesultanan dari Spanyol, hak kedaulatannya untuk memperluas ke Tawi-Tawi Group sejauh pulau Tup-Tup dan Balabac di Palawan, dan monopolinya pada perdagangan Maguindanao-Sulu-Borneo.[1][5]

Sultan Nasir ud-Din memerintah sampai 1648, ketika, setelah kematian putra Wasit, Salikula (kadang-kadang dieja Sarikula) Wasit menegaskan haknya untuk memerintah sebagai Sultan sekali lagi, dan Nasir ud-Din diminta untuk turun takhta. Namun, pemerintahan kedua Sultan Muwallil Wasit akan berumur pendek, ketika ia meninggal pada sekitar tahun 1649 atau 1650, memberi jalan kepada putranya, Pangiran Bakhtiar untuk menjadi Sultan.

Akibat dan peninggalan[sunting | sunting sumber]

Mindanao dan Sulu tidak akan pernah sama setelah de Corcuera melangkah masuk, dalam upayanya untuk menenangkan dan menyatukan pulau-pulau Filipina menjadi satu koloni bangsa Spanyol. Keterlibatannya dalam interior Maguindanao menyebabkan Qudarat dan Datus lain dari Mindanao untuk memulai pembentukan kembali dan membentuk menjadi entitas politik yang lebih besar. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Kesultanan Maguindanao dapat diakui sebagai negara Islam [2] dan sebuah kerajaan yang bersatu, dengan gabungan pemerintahan Buayan, Cotabato-Maguindanao di bawah Qudarat, dan para Sultan Lanao untuk membentuk ke dalam satu bangsa.

Beberapa tahun kemudian, hampir semua pasukan di Mindanao dipanggil kembali ke Manila untuk mempertahankannya dari serangan yang diharapkan oleh Perompak Tiongkok Koxinga. Hal ini memungkinkan Kesultanan di selatan untuk berkumpul kembali dan mulai memobilisasi pasukan mereka, karena mereka sekarang tidak terganggu, karena ketidakhadiran dan pengabaian banyak benteng, terutama dari Zamboanga. Serangan oleh Koxinga tidak pernah datang dan Mindanao mengalami periode perdamaian dan stabilitas relatif yang ditandai oleh peningkatan perdagangan dan produksi, serta mobilisasi militer.

Dampak pada Sulu juga signifikan. Meskipun pendudukan Jolo sudah lama, dan epidemi yang menyebabkannya, prestise Kesultanan akan tumbuh seiring perdagangan berlanjut dan Monopoli terkonsolidasi dengan perdagangan dengan Kalimantan dan Belanda. Kekayaan baru datang mengalir masuk dan Kesultanan pada akhirnya akan mencapai puncaknya pada abad ke-18. Namun, dampaknya juga negatif bagi Sulu, perang telah merusak ladang-ladang di pulau utama dan kurangnya beras terbukti, masalah yang akan dihadapi Sulu pada abad ke-19 dan seterusnya. Jolo mungkin telah ditangkap kembali, tetapi Sultan dan istananya tidak akan melihat Jolo lagi sampai tahun 1736 ketika istana akan dipindahkan ke Jolo dari Tawi-Tawi.

Dampak yang ditimbulkannya terhadap para pemimpin perang juga akan sangat besar. Sultan Muwallil Wasit dipermalukan oleh kekalahannya oleh Corcuera dan tidak pernah benar-benar ditebus sampai Son Sarikula berjuang melawan orang-orang Spanyol. Dia dikenang sebagai pahlawan Sulu yang gagah berani.

Salikula, pewaris takhta Sulu memerintah selama 4 setengah tahun sebagai Sultan de facto, tidak pernah benar-benar mengalami kekuatan Sultan penuh.[1]

Sultan Qudarat akan tetap menentang orang-orang Spanyol dan akan terus merampok pantai-pantai di Filipina Spanyol, sampai kematiannya pada usia 90 tahun, setelah memerintah sebagai Sultan di hampir semua Mindanao, dan sebagai Sultan Sulu.

Sebastian de Corcuera tidak akan disambut sebagai pahlawan di Manila, karena ia telah membuat banyak musuh, terutama di gereja, dan reputasinya sebagai salah satu gubernur Filipina yang paling inovatif dan sukses segera dihapus dari memori oleh gereja, dan masa jabatannya berakhir pada 1644.[2] Karier dan kampanyenya dalam perang Moro termasuk yang paling sukses di seluruh konflik. Dia berhasil mempertahankan Jolo selama 8 tahun, pertama kalinya dalam sejarah bahwa orang Spanyol menduduki Jolo untuk jangka waktu yang lama. Ekspedisinya untuk menenangkan Moro juga memunculkan berbagai drama komik di seluruh nusantara, yang menggambarkan pertarungannya dengan Moro, drama lucu ini akan menjadi bagian integral dari budaya dan seni Filipina sebagai "Moro-moro" atau "Moros y Cristianos".

Namun apa yang tidak berubah adalah bahwa hampir semua Kerajaan di Filipina selatan tetap independen dan kuat. Perompak Moro terus merusak dan menyerang pantai Filipina dan tidak ada serangan militer Spanyol lainnya yang akan mendekati keberhasilan Corcuera, sampai abad ke-19.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]