Jenis pertandingan gulat profesional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel ini adalah daftar semua jenis pertandingan profesional gulat. Untuk masing-masing adalah uraian singkat. Setiap pertandingan mempunyai deskripsi yang singkat.

Pertandingan Single[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Single atau Pertandingan Tunggal adalah pertandingan yang paling biasa diadakan di profesional gulat, usaha pegulat di pertandingan ini adalah memenangkan pertandingan ini melalui pin atau membuat lawannya menyerah (Submission). Dalam pertandingan ini pegulat biasanya tidak mau mendapatkan diskualifikasi atau mendapatkan hitungan di luar arena dari wasit yang membuat pertandingan berakhir dan pegulat akan kalah.

Ada juga Pertandingan Single yang peraturan yang berbeda seperti Pertandingan Single yang hanya bisa dimenangkan melalui pin. Atau Pertandingan Single yang hanya bisa dimenangkan oleh membuat lawannya menyerah, pertandingan ini bernama Pertandingan Menyerah. Pertandingan Single yang lain adalah Pertandingan Single yang mempunyai batas waktu.

Pertandingan Single Tidak Diskualifikasi adalah pertadingan tunggal tidak diskualifikasi yang artinya di pertandingan ini pegulat tidak bisa mendapatkan diskualifikasi dan pegulat bisa menggunakan senjata seperti kursi lipat untuk membela diri.

Pertandingan Duchess of Queensbury Rules[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Duchess of Queensbury Rules adalah pertandingan single yang dipertandingkan berdasarkan peraturan tertentu. Seorang pegulat menantang pegulat lain dalam pertandingan yang akan dipertandingkan berdasarkan beberapa jenis peraturan tanpa menjelaskan secara rinci, kemudian membuat peraturan yang menguntungkan mereka saat pertandingan berlangsung dan memberikannya kepada penyiar ring. Jenis pertandingan ini pertama kali terjadi pada acara bayar-per-tayang Backlash (2001) antara Chris Jericho vs. William Regal, yang dimenangkan Regal.

Pertandingan Tanpa Dihitung Keluar[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Tanpa Dihitung Keluar adalah pertandingan di mana pegulat tidak akan dihitung sampai detik ke-10 seperti pertandingan biasa ketika dia keluar dari arena. Salah satu contohnya terjadi pada acara Vengeance (2003) antara Stephanie McMahon dan Sable, yang dimenangkan oleh Sable.[1]

Pertandingan Aturan Tidak Seimbang[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Aturan Tidak Seimbang adalah pertandingan single dengan salah satu pesertanya tidak dapat didiskualifikasi atau dihitung keluar, sedangkan lawannya dapat didiskualifikasi. Ketentuan ini dapat memberikan kerugian serius bagi lawan untuk menang. Salah satu contoh pertandingan ini terjadi pada acara The Horror Show at Extreme Rules pada tahun 2020 antara Dolph Ziggler dan Drew McIntyre, ketika Drew McIntyre menang meski dirugikan. Contoh lainnya adalah Carlito vs. Triple H pada acara Unforgiven tahun 2007 dalam pertandingan tanpa diskualifikasi dengan aturan tanpa diskualifikasi hanya berlaku untuk Carlito. Meskipun memiliki keunggulan ini, Carlito kalah. Contoh lainnya adalah John Cena vs. Rhyno pada episode Smackdown tahun 2003 dalam pertandingan peraturan ECW dengan aturan tanpa diskualifikasi hanya berlaku untuk Rhyno. Meskipun memiliki keunggulan ini, Rhyno kalah.

Pertandingan Pinfall[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Pinfall (dikenal juga dengan Hanya Pinfall ) adalah pertandingan single dengan pegulat mana pun hanya bisa mencapai pinfall di dalam ring untuk meraih kemenangan. Tidak ada submission, tidak ada diskualifikasi, dan tidak ada hitungan keluar dalam pertandingan ini.

Pertandingan Aturan Gulat Murni[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Aturan Gulat Murni paling sering muncul di Ring of Honor (ROH). Ini adalah pertandingan single dengan setiap pegulat hanya diperbolehkan tiga kali rope break. Setelah semuanya habis, pegulat tidak dapat menggunakan tali untuk melepaskan diri dari pin atau submission. Tinju tertutup ilegal, dan menggunakannya akan menyebabkan pegulat dihukum rope break.. Jika mereka kehabisan jatah rope break, mereka akan didiskualifikasi. Pertandingan ini bisa dimenangkan dengan pinfall atau submission.

Pertandingan Batas Waktu[sunting | sunting sumber]

Pertandingan batas waktu adalah pertandingan single yang dipertandingkan dalam batas waktu yang ditentukan sampai ada pegulat yang meraih kemenangan atau waktu mencapai nol, yang menghasilkan hasil resmi seri. Terkadang, pertandingan yang berakhir seri akan dinyatakan sebagai "tidak ada kontes" jika kedua pesaing menerima diskualifikasi atau dihitung keluar. Pertandingan dapat dimenangkan dengan pinfall, submission, diskualifikasi atau hitungan keluar.

Pertandingan Tantangan Khusus[sunting | sunting sumber]

Pertandingan tantangan khusus sering digunakan di WCW untuk menyebut pertandingan single dengan ketentuan sang juara tidak mempertahankan gelarnya sehingga gelar tidak berpindah tangan jika sang juara kalah dalam pertandingan tersebut. Hal ini dapat diumumkan berdasarkan nama, sebagai pertandingan non-gelar atau sebagai pertandingan single. Ini juga digunakan dalam format tag tim. World TV Champion Arn Anderson vs. Paul Orndorff pada acara Clash of the Champions XI adalah salah satu contohnya. Orndorff memenangkan pertandingan namun Anderson tetap menjadi juara.

Pertandingan berbasis pakaian[sunting | sunting sumber]

Beberapa pertandingan didasarkan pada pakaian berbeda di mana peserta harus mengenakan pakaian tertentu, pakaian minim, atau penutup mata.

Pertandingan penutup mata[sunting | sunting sumber]

Dalam pertandingan Penutup Mata, kedua peserta harus mengenakan penutup mata selama pertandingan berlangsung. Contoh terkenal dari pertandingan ini adalah pertandingan WrestleMania VII antara Jake "The Snake" Roberts dan Rick Martel.

Pakaian yang dikurangi[sunting | sunting sumber]

Jenis pertandingan wanita mencakup pertandingan yang memiliki peraturan wanita bergulat dengan pakaian yang lebih sedikit. Ini mungkin termasuk bikini (Pertandingan Bikini), pakaian dalam (Pertandingan Pakaian Dalam), pakaian basah (Pertandingan Basah dan Liar), atau tanpa pakaian (Naked Women's Wrestling League).

Pertandingan Bertukar Tempat[sunting | sunting sumber]

Dalam pertandingan Bertukar Tempat, kedua peserta harus berdandan satu sama lain. Selain berdandan seperti peserta lainnya, salah satu peserta juga menggunakan tema masuk peserta lain sebagai miliknya.

Pertandingan berbasis battle royale[sunting | sunting sumber]

Battle royale adalah jenis pertandingan multi-pesaing dengan pegulat dieliminasi hingga hanya tersisa satu. Battle royale pada umumnya dimulai dengan 20 peserta atau lebih yang semuanya berada di dalam ring pada saat yang sama, yang kemudian tersingkir dengan cara dilempar melewati tali paling atas dan kedua kaki menyentuh lantai venue.

Battlebowl[sunting | sunting sumber]

Battlebowl adalah variasi dua ring pada battle royale, pegulat memulai dari satu ring dan mencoba melemparkan pegulat ke ring kedua, setelah itu mereka dapat tersingkir dengan cara diusir dari ring tersebut. Pegulat terakhir yang tersisa di ring pertama dapat beristirahat hingga hanya tersisa satu pegulat di ring kedua, setelah itu mereka bertarung di kedua ring hingga salah satu tersingkir dan pemenang diumumkan, dengan cara yang mirip dengan sistem gugur ganda. Pertandingan Ini diadakan oleh World Championship Wrestling pada acara Starrcade 1991, tetapi pertandingan Battlebowl di masa depan diperebutkan berdasarkan aturan battle royale normal.

Battle Zone[sunting | sunting sumber]

Zona pertempuran menampilkan sejumlah pria dalam eliminasi satu ring dan over-the-top-rope. Battle royale yang khas, kecuali yang satu ini menampilkan meja yang dilapisi kawat berduri, paku payung, dan bola lampu di bagian luar ring, yang dapat menangkap pegulat saat mereka dilempar keluar ring.

Bunkhouse Stampede[sunting | sunting sumber]

Bunkhouse Stampede dari National Wrestling Alliance (NWA) melibatkan pegulat yang mengenakan apa yang disebut sebagai "perlengkapan bunkhouse"—sepatu bot koboi, jeans, T-shirt—bukan celana ketat gulat biasa dan tidak hanya mengizinkan tetapi juga mendorong membawa senjata. Pada tahun 1988 NWA menamai acara bayar-per-tayang dengan nama Bunkhouse Stampede, dengan judul pertandingan Bunkhouse Stampede yang diadakan di dalam kurungan.[2]

Fulfill Your Fantasy battle royale[sunting | sunting sumber]

The Fulfill Your Fantasy adalah battle royale wanita dengan tambahan pakaian fetish, seperti pelayan Prancis, pakaian dalam, perawat, siswi, dll. Seringkali, jenis pakaian dipilih melalui jajak pendapat penonton. Pertandingan ini memperbolehkan perempuan untuk tersingkir dengan cara dilempar melalui tali, di bawah tali, atau di atas tali sebagai ketentuannya.

Hardcore battle royale[sunting | sunting sumber]

Battle royale dengan aturan hardcore (tidak ada diskualifikasi dan tidak ada hitungan keluar) yang melibatkan beberapa pesaing di atas ring secara bersamaan. Pertandingan bisa berlangsung selama 15 atau 20 menit. Seluruh peserta tidak tersingkir dengan cara terlempar keluar ring dan kedua kaki menyentuh lantai. Menyematkan atau memaksa untuk mengirimkan siapa pun yang merupakan juara Hardcore saat ini akan mengakibatkan peserta yang menang menjadi juara sementara. Siapapun orang yang memegang gelar pada akhir batas waktu akan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan dan juara resmi. Contoh paling terkenal adalah Pertandingan Hardcore Battle Royal dari WrestleMania 2000 WWF.

Last Blood battle royale[sunting | sunting sumber]

Last Blood Battle royale pada dasarnya adalah pertandingan First Blood multi-pesaing. Semua pesaing memulai pada waktu yang sama dan pegulat tersingkir ketika mereka mulai mengalami pendarahan. Pemenangnya adalah pegulat terakhir dalam pertandingan yang tidak mengeluarkan darah. Pertandingan ini diadakan di Tri-State Wrestling Association, pendahulu Extreme Championship Wrestling.[3]

Reverse battle royale[sunting | sunting sumber]

Umumnya digunakan di TNA/Impact Wrestling, battle royale terbalik dimulai dengan pegulat mengelilingi ring, bukan di dalamnya. Di awal pertandingan, mereka bertarung untuk mendapatkan separuh dari mereka untuk masuk ke dalam ring, dan pada saat itulah orang terakhir yang bertahan akan memenangkan battle royale.

Cage Reverse Battle Royale adalah variasi TNA lain dari jenis pertandingan ini. Ini memiliki tiga tahap, dimulai sebagai battle royale luar-dalam yang melibatkan 15 pegulat atau lebih. Tujuh orang pertama yang memasuki ring melalui sangkar atas akan maju ke tahap kedua yaitu Pertandingan Gauntlet. Saat turun ke tahap akhir, hanya dua pegulat yang akan bertarung dalam satu pertandingan tunggal yang ditentukan melalui pinfall atau submission.[4]

Semi-final battle royale[sunting | sunting sumber]

Semi-final battle royale terdiri dari battle royale ketika sejumlah pegulat tersisa, pertandingan berakhir, dan mereka yang tersisa ditempatkan dalam pertandingan gulat standar untuk memperebutkan hadiah.

Dalam All Elite Wrestling, ini dikenal sebagai Dynamite Dozen Battle Royale, saat dua belas pesaing bersaing hingga tersisa dua, dan ada episode berikutnya dengan dua pesaing terakhir bertanding, dalam hal ini, "AEW Dynamite Diamond Ring".[5][6]

Di New Japan Pro-Wrestling, New Japan Rumble 2021 pada Wrestle Kingdom 15 dilakukan sebagai battle royale semifinal. Chase Owens, Bad Luck Fale, Tetsuya Bushi, dan Toru Yano menjadi empat besar yang bertanding dalam pertandingan untuk gelar keesokan harinya.

Tag Team battle royale[sunting | sunting sumber]

Battle royale tag tim terdiri dari tag tim pegulat yang ditunjuk dengan dua anggota dalam tim. Pertandingan ini menggunakan aturan battle royale biasa, tim dapat tersingkir jika salah satu atau kedua pasangan terlempar melewati tali paling atas dengan kedua kaki menyentuh lantai. Pertandingan ini dilakukan mirip dengan battle royale tetapi dalam kasus ini, kedua pegulat dianggap aktif pada waktu yang sama dan tidak ada tag karena menggunakan ketentuan tim tag tornado.

Variasi lain dari tag team battle royale digunakan selama WWE Draft 2011 pada tanggal 25 April 2011. Tim pegulat harus mengeliminasi semua anggota tim lawan, seperti pertandingan tim tag eliminasi dimana pegulat dari sebuah tim yang kalah, yang baru saja terlempar melewati tali ring dengan kedua kaki di lantai, harus kembali ke ruang ganti mereka. Pemenang tim menerima draft pick #1 untuk mereknya masing-masing.

Thunderbowl[sunting | sunting sumber]

Thunderbowl adalah variasi lain dari Battlebowl, yang melibatkan 100 pegulat yang dibagi menjadi 50 dalam dua ring. Satu-satunya cara untuk tersingkir adalah dengan dilempar melewati tali. Tidak peduli bagaimana dan di mana anda dipukul, apakah itu apron, lantai, atau barikade, anda tetap juga akan tersingkir. Ketika 25 pegulat tersisa di setiap ring, tahap kedua dimulai. Tahap kedua ini adalah ketika semua 50 pegulat masuk ke dalam satu ring dan tidak ada eliminasi. Setelah periode lima menit, pertandingan berubah menjadi Battle Royale dengan eliminasi dimenangkan dengan melemparkan lawan melewati tali dan jatuh ke lantai. Ketika lima pegulat tersisa, tahap ketiga dimulai. Tahap ketiga ini kemudian berubah menjadi pertandingan lima arah di mana pinfall dan submission akan menyingkirkan lawan. Ketika dua pegulat tersisa, pertandingan berubah menjadi pemain terakhir yang bertahan di mana KO diperbolehkan.

TNA Knockout Makeover battle royale[sunting | sunting sumber]

TNA Knockout Makeover akan dimulai sebagai battle royale eliminasi over-the-top multi-wanita. Mereka tersingkir dari pertandingan jika terlempar melewati tali paling atas dan kedua kakinya mendarat di lantai, hingga tersisa dua peserta terakhir. Dua pesaing terakhir akan saling berhadapan dalam pertandingan tangga, dengan pemenangnya akan menerima pertandingan TNA Knockout Championship, sedangkan runner-up akan dicukur rambutnya.

Battle royale wanita[sunting | sunting sumber]

Battle royale wanita atau diva hanya menampilkan pesaing wanita. Beberapa ketentuan pertandingan ini memperbolehkan perempuan untuk tersingkir dengan cara dilempar melalui tali, di bawah tali, atau di atas tali. Seperti yang dinyatakan oleh Jonathan Coachman pada edisi RAW tanggal 20 Februari 2006, selama battle royale pesaing #1, Divisi Divas WWE diubah namanya menjadi Divisi Wanita WWE pada bulan April 2016, dan oleh karena itu, peraturannya sama dengan battle royale pria dengan pesaing tersingkir dengan cara dilempar melewati tali.

World War 3[sunting | sunting sumber]

Dibuat oleh World Championship Wrestling pada tahun 1995, battle royale World War 3 melibatkan pengaturan tiga ring dan 60 pesaing, 20 pegulat memulai di masing-masing dari tiga ring di mana mereka akan bergulat di bawah aturan battle royale reguler. Setelah tersisa 30 peserta (kecuali pada tahun 1997, yang jumlahnya 20), semua peserta akan memasuki ring tengah dan melanjutkan sesuai aturan reguler hingga hanya satu pegulat yang tersisa.

Pertandingan sinematik[sunting | sunting sumber]

Pertandingan sinematik secara teknis bukanlah jenis pertandingan itu sendiri, melainkan istilah yang digunakan untuk merujuk pada pertandingan yang diproduksi dengan berbagai teknik sinematik. Aturannya bervariasi dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya, tetapi umumnya didasarkan pada gulat keras. Berbeda dengan pertandingan gulat pada umumnya, yang dilakukan dalam satu kali pengambilan dan biasanya di hadapan penonton langsung, pertandingan sinematik direkam selama beberapa jam dengan berbagai adegan yang difilmkan, mirip dengan pembuatan film, dengan melibatkan produksi dengan anggaran lebih tinggi. Produk akhir (pertandingan lengkap) biasanya berdurasi 20 hingga 40 menit dan ditayangkan di lain waktu, biasanya untuk acara bayar-per-tayang. Mereka juga biasanya difilmkan di lokasi atau di lokasi yang dibuat khusus.[7][8][9]

Meskipun tidak dianggap sebagai pertandingan sinematik pada saat itu, Hollywood Backlot Brawl antara Roddy Piper dan Goldust pada WrestleMania XII pada tahun 1996 dianggap sebagai pertandingan sinematik awal oleh World Wrestling Federation (sekarang WWE), karena menggunakan teknik yang sekarang ditampilkan dalam pertandingan sinematik. Tidak seperti pertandingan sinematik masa depan (yang biasanya ditayangkan dalam satu segmen), pertandingan tersebut ditayangkan selama beberapa segmen di antaranya pertandingan di dalam ring, dan menampilkan segmen yang direkam sebelumnya di luar Arrowhead Pond dengan keduanya bertarung serta Piper yang "mengejar" Cadillac emas Goldust dalam Ford Bronco putih jelas mengacu pada kasus pembunuhan O. J. Simpson yang sedang berlangsung. (Vince McMahon menyebutkan dalam komentar tanpa sepenuhnya melanggar kayfabe bahwa "rekaman itu tampak sangat familiar". Pada kenyataannya, rekaman pengejaran Bronco yang terkenal dari Simpson sebenarnya digunakan sebagai bagian dari pertandingan.) Pertandingan akhirnya berakhir di ring langsung, ketika Piper menanggalkan Goldust hingga mengenakan pakaian dalam wanita dan menciumnya sebagai bagian dari "menjadikannya seorang pria".[10] WrestleMania XII menampilkan pertandingan sinematik kedua antara "The Huckster" dan "Nacho Man".

Pada SummerSlam 1996, The Undertaker menghadapi Mankind dalam "Boiler Room Brawl" yang sebagian besar sudah direkam sebelumnya, dilengkapi alat peraga dan sudut kamera yang tidak lazim.

Pada tahun 2016, Total Nonstop Action Wrestling (TNA, sekarang Impact Wrestling) mengadakan pertandingan bertajuk "Final Deletion" antara saudara Matt Hardy dan Jeff Hardy untuk episode Impact Wrestling tanggal 5 Juli, yang difilmkan di kompleks Matt Hardy. Itu adalah pertandingan gulat keras dengan jumlah jatuh di mana saja. Sekuelnya adalah tawuran antara The Broken Hardys dan Decay bertajuk "Delete or Decay".[11] The Broken Hardys dan Decay melanjutkan persetruan mereka pada Bound for Glory, ketika Decay kehilangan TNA World Tag Team Championship mereka kepada The Hardys dalam "The Great War". Keluarga Hardy mengeluarkan undangan tag tim terbuka di kompleks mereka pada episode Impact Wrestling tanggal 15 Desember, berjudul Total Nonstop Deletion. Acara utamanya adalah "Tag Team Apocalypto" dengan The Hardys mengalahkan Decay.

Meskipun tidak diperebutkan sebagai pertandingan, WWE segera menindaklanjutinya dan memfilmkan perkelahian bergaya sinematik antara The New Day (Big E, Kofi Kingston, dan Xavier Woods) dan The Wyatt Family (Bray Wyatt, Erick Rowan, dan Braun Strowman) yang diadakan di The Wyatt Family Compound dan ditayangkan pada episode WWE Raw 11 Juli 2016. WWE kemudian merekam pertandingan sinematik mereka sendiri untuk bayar-per-tayang Payback 2017, yang disebut pertandingan House of Horrors antara Randy Orton dan Bray Wyatt. Mirip dengan pertandingan "Final Deletion" di TNA, pertandingan ini diadakan di sebuah rumah kosong, namun alih-alih dihitung jatuh di mana pun, pertandingan ini harus berakhir di ring di arena tempat acara tersebut diadakan (adegan House of Horrors sudah direkam sebelumnya, sedangkan bagian in-ring ditayangkan langsung).[12] Pertandingan sinematik berikutnya akan terjadi pada episode Raw 19 Maret 2018, yang menampilkan Matt Hardy, yang telah kembali ke WWE dan menjadi "Woken" Matt Hardy, melawan Bray Wyatt dan disebut "Ultimate Deletion" ini seperti "Final Deletion", termasuk diadakan di kompleks rumah Matt.

Pertandingan sinematik menjadi lebih sering terjadi pada tahun 2020 sebagai akibat dari pandemi COVID-19.Pandemi ini mulai mempengaruhi industri gulat profesional pada bulan Maret tahun itu, memaksa promotor untuk mengadakan acara secara tertutup. WWE mengadakan beberapa pertandingan sinematik dengan sistem bayar-per-tayang antara bulan Maret dan Agustus, dan sangat dipuji atas dua pertandingan yang terjadi di WrestleMania 36, pertandingan Boneyard antara The Undertaker dan AJ Styles, yang merupakan pertandingan Buried Alive yang diadakan di pemakaman yang dibangun khusus di wilayah Orlando,[13][14] dan pertandingan Firefly Fun House antara John Cena dan "The Fiend" Bray Wyatt. (Meskipun pertandingan berakhir dengan The Fiend menjepit Cena di atas ring, pertandingan itu sendiri adalah rangkaian karir Cena yang seperti mimpi, menunjukkan kelemahan karakternya dengan berbagai segmen difilmkan di markas WWE Titan Towers di Stamford, Connecticut).[15][16] Setelah itu, pertandingan sinematik diadakan pada Money in the Bank pada bulan Mei, yang merupakan pertandingan tangga eponymous dari acara tersebut yang diadakan di kantor pusat WWE,[17] Perkelahian Backlot antara Adam Cole dan Velveteen Dream di tempat parkir Full Sail University pada NXT TakeOver: In Your House pada bulan Juni,[18] pertandingan single yang diproduksi secara sinematik antara Edge dan Randy Orton pada Backlash juga pada bulan Juni,[19] dan Pertarungan Rawa Wyatt antara Bray Wyatt dan Braun Strowman di The Horror Show di Extreme Rules pada bulan Juli.[20] Menyusul diperkenalkannya arena pementasan WWE ThunderDome dan Capitol Wrestling Center (CWC) masing-masing pada bulan Agustus dan Oktober, penggunaan pertandingan sinematik sangat berkurang, karena arena pementasan baru ini memungkinkan penggemar untuk menghadiri acara tersebut secara virtual. Untuk mengusung tema Halloween pada NXT: Halloween Havoc pada bulan Oktober, diadakan pertandingan Haunted House of Terrors antara Dexter Lumis dan Cameron Grimes, yang mirip dengan pertandingan House of Horrors dari Payback 2017.[21] Pertandingan yang melibatkan Randy Orton, "The Fiend" Bray Wyatt, dan Alexa Bliss juga menggunakan teknik sinematik, seperti pertandingan Firefly Inferno antara Orton dan The Fiend pada TLC: Tables, Ladders & Chairs pada bulan Desember, yang berakhir dengan Orton membakar seluruh tubuh The Fiend,[22] dan pertandingan antargender antara Orton dan Bliss pada Fastlane pada Maret 2021, yang menampilkan Bliss menggunakan kekuatan supernatural.[23] Sejak dimulainya kembali tur langsung pada Juli 2021, WWE berhenti memproduksi pertandingan sinematik.

All Elite Wrestling (AEW) juga memasukkan pertandingan sinematik selama pembatasan pandemi pada tahun 2020 dan 2021, terutama pertandingan Stadium Stampede pada Double or Nothing 2020, yang merupakan pertandingan arena kosong 5 v 5 di stadion TIAA Bank Field.[24][25] Selama periode tersebut, AEW menampilkan setidaknya satu pertandingan sinematik di setiap PPV mereka: "Pertandingan Gigi dan Kuku" pada All Out 2020 antara Dr. Britt Baker, D.M.D. dan Big Swole di klinik gigi Baker di kehidupan nyata,[26] pertandingan bertajuk "The Elite Deletion" pada Full Gear 2020, menampilkan Matt Hardy melawan Sammy Guevara dan serupa dengan pertandingan "Deletion" lainnya yang melibatkan Hardy,[27] dan pertarungan jalanan tim tag yang mempertemukan Darby Allin dan Sting melawan Team Taz (Brian Cage dan Ricky Starks) pada Revolution 2021, yang diadakan di gudang terbengkalai di suatu tempat di Atlanta, Georgia.[28] Pada Double or Nothing 2021 Pertandingan Stadium Stampede adalah pertandingan sinematik hybrid dengan babak pertama direkam di TIAA Bank Field, kemudian diakhiri secara langsung di Daily's Place yang berdekatan. Penonton yang hadir menyaksikan paruh pertama pertandingan melalui layar video sebelum aksi meluas ke amfiteater. Ini akan menjadi pertandingan sinematik terakhir AEW yang diproduksi sebelum perusahaan tersebut melanjutkan tur langsung pada bulan Juli tahun itu.

Impact Wrestling juga kembali memproduksi pertandingan sinematik pada tahun 2021 ketika Ethan Page bergulat dengan alter egonya "The Karate Man" di Hard to Kill dalam pertandingan sinematik bergaya Mortal Kombat yang menampilkan The Karate Man "membunuh" Page dalam pertandingan terakhir Page sebelum berangkat ke AEW.

Pertandingan berbasis wadah[sunting | sunting sumber]

Beberapa pertandingan memiliki wadah yang ditempatkan di dalam atau dekat ring, dengan tujuan pertandingan tersebut adalah untuk menjebak pegulat lawan di dalamnya. Semua pertandingan ini dilakukan di bawah aturan hardcore, dan banyak dari pertandingan ini menggunakan nama wadahnya, seperti pertandingan Ambulans dan pertandingan Peti Mati. Jenis pertandingan serupa bertujuan untuk menahan pegulat lawan, dan pertandingan sering kali menggunakan nama alat penahan – misalnya, Tandu. Tak satu pun dari pertandingan ini dapat berakhir dengan pinfall, submission, hitungan keluar, atau diskualifikasi.

Wadah umum yang digunakan untuk pertandingan ini adalah peti mati (terhubung dengan persona Deadman The Undertaker, baik menggunakan peti mati biasa atau peti mati dengan kedalaman ganda dan lebar ganda, terkadang dirancang khusus untuk lawan tertentu yang dihadapi The Undertaker), ambulans, tempat sampah, mobil jenazah ( dikenal sebagai "Last Ride match", juga terhubung dengan gimmick The Undertaker), dan brankar.

Pertandingan Ambulans[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Ambulans dilakukan di bawah aturan keras, tidak ada pinfall, tidak ada penyerahan, tidak ada diskualifikasi, tidak ada hitungan mundur dan satu-satunya cara untuk menang adalah dengan satu pegulat memaksa lawannya masuk ke belakang ambulans dan menutup pintu. Pertandingan ambulans pertama berlangsung pada Survivor Series 2003 dengan Kane mengalahkan Shane McMahon. Yang kedua terjadi pada Elimination Chamber (2012) yang juga melibatkan Kane sebagai salah satu pesaingnya. Lawannya adalah John Cena, yang memenangkan pertandingan, dengan aturan tambahan ditambahkan bahwa ambulans harus berangkat untuk menang. Pertandingan Ambulans ketiga adalah bagian dari pertandingan Three Stages of Hell di WWE Payback pada 16 Juni 2013, di Rosemont, Illinois antara John Cena dan Ryback untuk WWE Championship. Yang terbaru terjadi pada NXT Halloween Havoc pada Oktober 2022, antara Julius Creed dan Damon Kemp.

Pertandingan Buried Alive[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Buried Alive adalah pertandingan yang tujuannya adalah agar seorang pegulat melemparkan lawannya ke dalam kuburan yang digali dari gundukan tanah besar yang ditempatkan di luar ring. Begitu sampai di kuburan, pegulat harus mengubur lawannya di tanah dan tanah sesuai kebijaksanaan wasit.[29] Perlengkapan mulai dari sekop, gerobak tangan, hingga buldoser kerap disediakan untuk mengubur lawan hingga tuntas. Pertandingan Buried Alive adalah salah satu dari tiga pertandingan khas The Undertaker (pertandingan lainnya adalah pertandingan Casket dan Last Ride).

Pertandingan sinematik Buried Alive diadakan antara The Undertaker dan AJ Styles untuk WrestleMania 36, yang disebut sebagai "pertandingan Boneyard". Pertandingan berlangsung di luar ruangan dalam suasana seperti kuburan di dekat gudang yang ditinggalkan, bukan di ring tradisional.[30][31]

Pertandingan Casket[sunting | sunting sumber]

The Undertaker dalam pertandingan casket melawan CM Punk

Pertandingan casket (dikenal juga sebagai pertandingan Coffin) memiliki peti mati di dekat ring, dengan tujuan pertandingan ini adalah untuk menjebak pegulat lawan di dalam.[32] Pertandingan casket dimulai sebagai pertandingan coffin satu kali pada tahun 1970-an antara Dusty Rhodes dan Ivan Koloff.[33][34][35] Pertandingan coffin dihidupkan kembali sebagai salah satu pertandingan khas The Undertaker dan pertama kali muncul di televisi pada Survivor Series sebagai pertandingan coffin melawan Kamala. Sebelumnya, di house show pada tanggal 14 Juli 1991, Ultimate Warrior mengalahkan Undertaker dalam pertandingan casket di St. Louis, Missouri di Busch Stadium. Telah terjadi 17 pertandingan casket, 11 diantaranya dimenangkan oleh The Undertaker. Edisi ke-20 diadakan pada Halloween Havoc dan yang pertama setelah pensiunnya The Undertaker yang melibatkan Grayson Waller versus Apollo Crews dengan Crews sebagai pemenang.

Selain WWE, pertandingan peti mati baru-baru ini diadopsi untuk digunakan dalam Total Nonstop Action Wrestling dan Lucha Underground, dengan Lucha Underground menamakannya sebagai Grave Consequences (selanjutnya pertandingan Graver Consequences). Versi lain dari Pertandingan Casket yang diperhalus adalah ketika kemenangan tidak diperoleh dengan menempatkan lawan di peti mati tetapi dengan pinfall atau submission. Namun, pegulat yang kalah kemudian dimasukkan ke dalam peti mati.

Pertandingan Last Rites[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Last Rites adalah variasi Impact Wrestling dengan peti mati diturunkan ke tengah ring, dan tujuannya adalah untuk memasukkan lawan ke dalam peti mati, yang diangkat ke langit-langit setelah pertandingan. Pertandingan Last Rites pertama dilakukan antara Sting dan Abyss. Vince Russo mencetuskan pertandingan ini, pertandingan tersebut dianggap sebagai bencana karena tidak ada pegulat yang dapat bekerja dengan baik akibat penempatan peti mati di tengah ring yang membatasi dan menghalangi ruang kerja mereka. Pertandingan berakhir dengan sangat buruk sehingga selama pertandingan, penonton yang marah berteriak "Fire Russo!" sangat keras sehingga para komentator harus berteriak ke mikrofon agar didengar.

Pada tahun 2023, Impact Wrestling menghadirkan kembali pertandingan Last Rites, tetapi memodifikasinya menjadi pertandingan casket biasa.[36]

Pertandingan Tempat Sampah[sunting | sunting sumber]

Pertandingan tempat sampah adalah pertandingan hardcore tanpa diskualifikasi, tanpa penyerahan, tanpa penghitungan, dan tanpa finfall dan satu-satunya tujuan untuk menang adalah dengan memaksa lawan masuk ke tempat sampah dan menutup penutupnya. Pertandingan pertama terjadi pada WrestleMania XIV, mempertemukan The New Age Outlaws melawan Cactus Jack dan Chainsaw Charlie.

Pertandingan Last Ride[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Last Ride merupakan pertandingan hardcore yang mirip dengan pertandingan Ambulans, yaitu syarat kemenangannya adalah seorang pegulat memaksa lawannya masuk ke belakang mobil jenazah, menutup pintu, dan mengusirnya keluar arena. Ini adalah salah satu dari 3 pertandingan khas The Undertaker. Pertandingan pertama jenis ini terjadi di No Mercy ketika Undertaker menantang John "Bradshaw" Layfield untuk WWE Championship, meskipun pertandingan telah diadakan sebelumnya dengan ketentuan serupa. Pertandingan kedua jenis ini terjadi di Armageddon ketika The Undertaker menantang Mr. Kennedy dan mengalahkannya. Variasi dari pertandingan ini digunakan di NXT Spring Breakin', yang disebut pertandingan Trunk yang diperebutkan antara Tony D'Angelo dan Channing "Stacks" Lorenzo, yang merupakan pemenangnya dan Pretty Deadly (Kit Wilson dan Elton Prince).

Pertandingan Tandu[sunting | sunting sumber]

Tandu di sisi ring sebelum pertandingan tandu

Dalam pertandingan tandu, seorang pegulat harus melumpuhkan lawannya sedemikian rupa sehingga ia mampu membawanya ke atas tandu dan mendorongnya ke garis finis untuk meraih kemenangan yang biasanya melewati garis di bagian atas jalan masuk. Pertandingan pertama jenis ini berbeda karena seorang pegulat kalah jika setelah didorong keluar dari ring, empat petugas medis mampu memuatnya ke dalam tandu "membawa", mengangkatnya sepenuhnya, dan mulai berjalan keluar bersamanya.

Pertandingan Tag Tim[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Tag Tim adalah pertandingan di mana dua pegulat melawan dua pegulat juga. Pertandingan yang paling biasa adalah pertandigan dua melawan dua tag tim. Peraturan pertandingan tag tim untuk mengganti posisi adalah memegang tubuh teman yang menunggu di sudut arena, cara memenangkan pertandingan ini adalah menutup atau membuat lawan menyarah. Ada juga pertandingan tag tim dengan peraturan berbeda.

Pertandingan dengan beberapa Pegulat bekerja sama[sunting | sunting sumber]

Pertandingan ini maksudnya adalah lebih dari dua pegulat bekerja sama untuk melawan lebih dari dua pegulat lain. Seperti Pertandingan enam orang tag tim adalah pertandingan tiga pegulat melawan tiga pegulat dan seterusnya.

Pertandingan Tag Tim Eliminasi[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Tag Tim Eliminasi maksudnya adalah Pertandingan Tag Tim biasa atau Pertandingan dengan beberapa Pegulat bekerja sama, akan tetapi peraturan pertandingan ini berbeda. Daripada menang atau kalah seperti pertandingan tag tim biasa, pertandigan ini melibatkan eliminasi. Jadi jika pegulat tereliminasi oleh menutup atau menyerah, timnya tidak akan kalah melainkan dia sendiri akan tereliminasi. Tim yang anggotanya paling sedikit tereliminasi akan menang dan tim yang semua anggotanya tereliminasi akan kalah.

Pertandingan Campuran[sunting | sunting sumber]

Adalah pertandingan antara pegulat campuran Wanita dan Pria, biasanya terjadi di pertandingan Tag Atau Trio.

Pertandingan Handicap[sunting | sunting sumber]

Pertandingan handicap adalah pertandingan yang mirip dengan Pertandingan Single, perbedaannya adalah di peertandingan ini satu pegulat akan lebih dari satu pegulat di tim yang sama seperti pertandingan satu melawan dua, pertandingan satu melawan tiga pegulat atau pertandingan dua melawan tiga.[37] Di beberapa pertandingan satu melawan dua handicap, dua pegulat yang akan bertanding akan bertanding di bawah aturan pertandingan tag tim.[38]

Pertandingan Iron Man[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Iron Man adalah pertandingan yang mirip dengan Pertandingan Tunggal tetapi mempunyai batas waktu. Tujuan utama di pertandingan ini adalah pegulat untuk mendapatkan skor lebih banyak dari lawannya, untuk mendapatkan skor in pegulat harus menutup lawannya, memaksa lawannya utuk menyerah, diskualifikasi, menghitung, atau knockout

Pertandingan Lumberjack[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Lumberjack adalah pertandingan standar dengan arena yang dikelilingi oleh pegulat yang tidak telibat di pertandingan itu.[39] Pegulat yang mengelilingi arena itu bernama Lumberjack atau Lumberjills jika pegulat itu perempuan, mereka mencegah pegulat yang sedang bergulat untuk melarikan diri dari arena atau lawannya.[39]

Pertandingan Hardcore[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Hardcore adalah pertandingan yang menggunakan lingkungan yang luar biasa seperti menggunakan senjata yang biasanya tidak bisa dipakai di gulat normal.

Pertandingan First Blood[sunting | sunting sumber]

Pertandingan First Blood atau Pertandingan Darah Pertama dalam Bahasa Indonesia adalah pertandingan di mana pegulat harus membuat lawannya berdarah untuk memenangkan pertandingan ini.

Pertandingan Last Man Standing[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Last Man Standing atau Pertandingan Manusia Terakhir Berdiri dalam Bahasa Indonesia adalah pertandingan di mana pegulat bisa menggunakan senjata seperti kursi lipat, gelar, meja dan lain lain untuk membela diri. Untuk memenangkan pertandingan ini pegulat harus membuat lawannya jatuh dan tidak bsa berdiri sampai hitungan sepuluh. Pertandingan ini mirip dengan pertandingan di olahraga Tinju.[40]

Pertandingan I Quit[sunting | sunting sumber]

Pertandingan I Quit atau Pertandingan Saya Berhenti dalam Bahasa Indonesia adalah pertandingan di mana pegulat harus memaksa lawannya untuk mengatakan I Quit untuk memenangkan pertandingan ini.

Pertandingan Tanpa Diskualifikasi[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Tanpa Diskualifikasi, juga diketahui dengan nama Pertandingan No Holds Barred adalah pertandingan di mana pegulat tidak bisa mendapatkan diskualifikasi dan pegulat bisa menggunakan senjata seperti kursi lipat untuk membela diri.

Pertandingan Berdasarkan Stipulasi[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Pensiun[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Pensiun adalah pertandingan di mana pegulat yang kalah akan pensiun, stipulasi pensiun bisa digunakan kepada satu pegulat[41] atau bisa juga untuk kedua pegulat yang akan bertanding[42]

Ada juga pertandingan Pensiun di mana pegulat memang betulan akan pensiun dari karier gulatnya, pertandingan ini biasanya jarang terjadi.

Pertandingan Luchas de Apuestas[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Luchas de Apuestas (Perkelahian Perjudian) dari Bahasa Spanyol adalah pertandingan yang biasa terjadi di gulat di Mexico. Pertandingan ini melibatkan taruhan dari pegulat seperti rambut, topeng dan gelar. Jika pegulat kalah dan telah menaruhkan rambut, topeng atau gelarnya dia akan memotong rambutnya, membuka topengnya atau dia akan kehilangan gelarnya.

Pertandingan Berdasarkan Senjata[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Tangga[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Tangga adalah pertandingan di mana gelar atau objek tertentu digantungkan di atas arena dan pegulat akan menggunakan tangga untuk mengambil benda itu, pegulat pertama yang mengambil benda itu akan memenagkan pertandingan ini. Pertandingan Money In The Bank yang dimiliki WWE adalah Pertandingan Tangga di mana benda yang harus diambil adalah tas yang disimbolkan sebagai kontrak pertandingan kejuaraan dunia.[43]

Pertandingan Meja, Tangga, dan Kursi[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Meja, Tangga, dan Kursi atau Tables, Ladders, and Chairs Match (TLC) dalam Bahasa Inggris adalah perpanjangan dari Pertandingan Tangga dengan kursi dan meja sebagai senjata yang legal.[44]

Pertandingan Meja[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Meja dalah pertandingan di mana pegulat harus membanting lawannya ke meja kayu untuk memenangkan pertandingan ini.

Pertandingan Strap[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Strap atau Pertandingan Tali Pengikat dalam Bahasa Indonesia adalah pertandingan di mana tangan pegulat akan diikat kepada satu sama lain. Cara memenangkan pertandingan ini adalah untuk memegang keempat sisi arena atau bisa juga untuk menutup.

Pertandingan berbasis kurungan[sunting | sunting sumber]

Beberapa pertandingan berlangsung di lingkungan tertutup tertentu. Meskipun sebagian besar penutup ini dipasang di dalam atau di sekitar ring, beberapa di antaranya ditempatkan terpisah dari ring. Dalam semua kasus, struktur itu sendiri dianggap berpengaruh dan sebagian besar pertandingan berbasis kurungan ditentukan melalui pinfall atau menyerah kecuali ketentuan spesifik lainnya dibuat sebelumnya.

Pertandingan Steel Cage[sunting | sunting sumber]

Pertandingan steel cage pada acara Impact Wrestling tahun 2013

Pertandingan Steel Cage atau Pertandingan Kandang Baja dalam Bahasa Indonesia adalah pertandingan di mana arena dikelilingi oleh kerangkeng dan untuk memenangkan pertandingan ini adalah untuk memanjat kerangkeng dan keluar dari kerangkeng itu atau hanya menanya wasit untuk membuka pintu kerangkeng dan keluar. Jalan yang lain untuk memenangkan pertadingan ini aladah menutup lawan atau membuat lawan menyerah.

Pertandingan Asylum[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Asylum adalah sebutan untuk dua jenis pertandingan yang berbeda, yang melibatkan sangkar rantai berbentuk lingkaran yang ditempatkan di tengah ring.

Jenis pertandingan Asylum yang pertama adalah pertandingan yang dibuat oleh Scott Steiner di WCW, diadakan di dalam sangkar rantai kecil berbentuk lingkaran yang ditempatkan di tengah ring. Kemenangan hanya terjadi melalui submission.

Pada tanggal 16 Mei 2016, pertandingan Asylum jenis kedua diperkenalkan dan dijadwalkan antara Dean Ambrose dan Chris Jericho pada Extreme Rules, variasi dari pertandingan kandang baja dengan senjata digantung di atas kurungan dan melarikan diri dari kurungan bukanlah cara untuk memenangkan pertandingan sehingga hanya bisa berakhir dengan pinfall atau penyerahan.

Pada tanggal 10 Agustus 2019, pertandingan Asylum jenis ketiga, yang juga mencakup ketentuan kurungan baja kawat berduri (sejenis pertandingan dengan pintu kurungan baja dikunci dengan rantai dan gembok) diperkenalkan setelah Adam Cole dan Johnny Gargano imbang masing-masing satu pertandingan dalam pertandingan normal dan pertandingan no holds barred pada NXT TakeOver: Toronto (2019) dengan senjata dihubungkan ke kurungan baja dan kawat berduri di atasnya.

Hell in a Cell[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Hell in a Cell atau Pertandingan Neraka di dalam Kerangkeng dalam Bahasa Indonesia adalah pertandingan yang dimiliki oleh WWE. Pertandingan ini adalah di mana arena dikelilingi oleh kerangkeng kawat baja dengan atap, di pertandingan ini tidak ada menghitung atau diskualifikasi. Untuk memenangkan pertandingan ini harus menutup lawan atau membuat lawan menyerah. Pertandingan ini jarang diadakan karena terlalu berbahaya dan bisa mengahiri karier. Pintu kerangkeng ini biasanya ditutup, akan tetapi beberapa pertandingan Hell in a Cell ada pintu kerangkeng terbuka dan pegulat bergulat di luar kerangkan dan juga di atas kerangkeng.

Pertandingan Elimination Chamber[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Elimination Chamber atau Pertandingan Ruang Eliminasi dalam Bahasa Indonesia adalah pertandingan yang dimiliki WWE. Pertandingan ini adalah di mana arena dikelilingi oleh kerangkeng berbentuk bulat dan di dalamnya ada empat polong. Setiap pertandingan enam pegulat akan masuk dan empat pegulat akan masuk ke polong itu. Dua pegulat akan memulai pertandingan ini dan pegulat yang ada di polong itu akan menunngu giliran mereka untuk keluar dari polong itu. Pegulat akan mencoba untuk tidak tereliminasi dan pegulat terakhir yang tidak pernah dieliminasi akan menang,[45] cara mengekiminasi adalah menutu atau membuat lawan menyerah. Kerangkeng ini adalah berwarna hitam dan kaca polong tebuat dari kaca yang taha peluru. Kerangkeng ini 11 meter di diameter dan terbuat dari baja sebanyak 16 ton dan rantai sepanjang 3.2 kilometer

Pertandingan lebih dari dua sisi[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Triple Threat[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Triple Threat adalah di mana tiga pegulat bertanding di arena dan cara memenangkannya adalah menutup lawan atau membuat lawan menyerah.

Pertandingan Fatal Four Way[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Fatal Four Way adalah di mana empat pegulat bertanding di arena dan cara memenangkannya adalah menutup lawan atau membuat lawan menyerah.

Pertandingan Six Pack[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Six Pack adalah di mana enam pegulat bertanding di arena dan cara memenangkannya adalah mengeliminasi semua lawan melalui pin atau submission.

Pertandingan Battle Royal[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Battle Royal adalah di mana banyak pegulat ditempatkan di arena dan pegulat akan mencoba untuk mengeliminasi pegulat lain, mengeliminasi pegulat lain adalah dengan melemparkan mereka keluar arena sampai dua kaki pegulat memijak lantai. Pegulat terakhir yang tidak tereliminasi menang.

Pertandingan Bedasarkan Tempat[sunting | sunting sumber]

Pertandingan Street Fight[sunting | sunting sumber]

Adalah pertandingan yang boleh mengambil tempat di manapun, Seperti tribun penonton ataupun backstage.

Pertandingan Falls Count Anywhere[sunting | sunting sumber]

Adalah pertandingan yang boleh mengalahkan lawan di manapun. Seperti di luar ring atau dalam ring.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2007 Wrestling almanac & book of facts". Wrestling's historical cards. Kappa Publishing. 2023. hlm. 113. 
  2. ^ Furious, Arnold. "NWA Bunkhouse Stampede". 411mania. Diakses tanggal April 16, 2008. 
  3. ^ Williams, Scott E. (2006). Hardcore History: The Extremely Unauthorized Story of ECW (dalam bahasa Inggris). Sports Publishing LLC. ISBN 978-1-59670-021-5. Diakses tanggal April 18, 2021. 
  4. ^ "October 26, 2006". TNA iMPACT! results. Online World of Wrestling. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2008. Diakses tanggal April 16, 2008. 
  5. ^ "AEW DYNAMITE Results November 20, 2019". www.allelitewrestling.com. November 20, 2019. Diakses tanggal November 25, 2019. 
  6. ^ AEW Staff (November 27, 2019). "AEW DYNAMITE Results November 27, 2019". all elite wrestling.com. Diakses tanggal December 4, 2019. 
  7. ^ "Backstage Details for WrestleMania 36 Boneyard Match: Improvised Lines, Accidental Blood, AJ Styles 'Hand' Idea, More". 411mania. April 6, 2020. Diakses tanggal April 7, 2020. 
  8. ^ Casey, Connor (May 28, 2020). "Chris Jericho Reveals AEW's Stadium Stampede Secrets". ComicBook.com. Diakses tanggal June 1, 2020. 
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama FullGear2020
  10. ^ Aaron Oster (2020-04-08). "WWE successfully takes risks in cinematic Wrestlemania". The Baltimore Sun. Diakses tanggal 2022-02-20. 
  11. ^ Matheson, Danielle (September 9, 2016). "DELETE Or DECAY: A Loving Breakdown Of Impact Wrestling's Latest Insane Hardy Boys Epic". Uproxx. Diakses tanggal February 18, 2021. 
  12. ^ Powell, Jason (April 30, 2017). "4/30 Powell's WWE Payback Live Review: Roman Reigns vs. Braun Strowman, Kevin Owens vs. Chris Jericho for the U.S. Championship, Samoa Joe vs. Seth Rollins, Randy Orton vs. Bray Wyatt in a House of Horrors match". Pro Wrestling Dot Net. Diakses tanggal April 30, 2017. 
  13. ^ Powell, Jason (April 4, 2020). "WrestleMania 36 results: Powell's live review of night one featuring Goldberg vs. Braun Strowman for the WWE Universal Championship, Undertaker vs. AJ Styles in a Boneyard match, Becky Lynch vs. Shayna Baszler for the Raw Women's Championship, Seth Rollins vs. Kevin Owens". Pro Wrestling Dot Net. Diakses tanggal April 4, 2020. 
  14. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BoneyardMatch2
  15. ^ Powell, Jason (April 5, 2020). "WrestleMania 36 results: Powell's live review of Night Two featuring Brock Lesnar vs. Drew McIntyre for the WWE Championship, John Cena vs. "The Fiend" Bray Wyatt in a Firefly Funhouse match, Edge vs. Randy Orton in a Last Man Standing match, Rhea Ripley vs. Charlotte Flair for the NXT Women's Championship". Pro Wrestling Dot Net. Diakses tanggal April 5, 2020. 
  16. ^ Alvarez, Bryan (April 6, 2020). "WOR: WRESTLEMANIA 36 NIGHT TWO, PLUS ALL THE NEWS!". Wrestling Observer Figure Four Online. Diakses tanggal April 7, 2020. 
  17. ^ Johnson, Mike (May 11, 2020). "MONEY IN THE BANK LADDER MATCH NEWS AND NOTES". PWInsider. Diakses tanggal May 12, 2020. 
  18. ^ Moore, John (June 7, 2020). "NXT Takeover: In Your House results – Moore's live review of Adam Cole defeated Velveteen Dream in a Backlot Brawl for the NXT Championship, Charlotte Flair vs. Rhea Ripley vs. Io Shirai for the NXT Women's Championship, Keith Lee vs. Johnny Gargano for the NXT North American Title, Tommaso Ciampa vs. Karrion Kross". Pro Wrestling Dot Net. Diakses tanggal June 7, 2020. 
  19. ^ Fiorvanti, Tim; Coyle, Sean (June 14, 2020). "WWE Backlash: Randy Orton defeats Edge in the 'Greatest Wrestling Match Ever'". ESPN. Diakses tanggal June 15, 2020. 
  20. ^ Giri, Raj (July 18, 2020). "Exclusive Details On The WWE Extreme Rules "Swamp Fight" Between Bray Wyatt And Braun Strowman". Wrestling Inc. Diakses tanggal July 20, 2020. 
  21. ^ Moore, John (October 28, 2020). "10/28 NXT TV results: Moore's review of the Halloween Havoc edition featuring Damian Priest vs. Johnny Gargano for the NXT North American Title and Io Shirai vs. Candice LeRae for the NXT Women's Title in Spin The Wheel, Make The Deal matches, Rhea Ripley vs. Raquel Gonzalez, Cameron Grimes vs. Dexter Lumis in a Haunted House of Terror match". Pro Wrestling Dot Net. Diakses tanggal October 29, 2020. 
  22. ^ Powell, Jason (December 20, 2020). "WWE TLC results: Powell's review of Roman Reigns vs. Kevin Owens in a TLC match for the WWE Universal Championship, Drew McIntyre vs. AJ Styles in a TLC match for the WWE Championship, The Fiend vs. Randy Orton in a Firefly Inferno Match". Pro Wrestling Dot Net. Diakses tanggal December 20, 2020. 
  23. ^ Powell, Jason (March 21, 2021). "WWE Fastlane results: Powell's live review of Roman Reigns vs. Daniel Bryan for the WWE Universal Championship with Edge as special enforcer, Drew McIntyre vs. Sheamus in a No Holds Barred match, Big E vs. Apollo Crews for the Intercontinental Title, Randy Orton vs. Alexa Bliss". Pro Wrestling Dot Net. Diakses tanggal March 21, 2021. 
  24. ^ Snowden, Jonathan (May 23, 2020). "AEW's Ridiculous Stadium Stampede Match Was Wrestling at Its Chaotic Finest". Bleacher Report. Diakses tanggal February 18, 2021. 
  25. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama StadiumStampede2
  26. ^ Lee, Joseph (September 5, 2020). "Highlights Of First Ever Tooth & Nail Match At AEW All Out (Pics, Video)". 411Mania. Diakses tanggal February 18, 2021. 
  27. ^ Chiari, Mike (November 7, 2020). "Matt Hardy Beats Sammy Guevara at AEW Full Gear 2020 in Elite Deletion Match". Bleacher Report. Diakses tanggal February 18, 2021. 
  28. ^ Nason, Josh (March 7, 2021). "AEW REVOLUTION NOTES: PPV OPENER, TAPED STREET FIGHT A 'MASSIVE SUCCESS'". Wrestling Observer Figure Four Online. Diakses tanggal March 11, 2021. 
  29. ^ "Specialty Matches: Buried Alive Match". World Wrestling Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 25, 2008. Diakses tanggal October 17, 2010. 
  30. ^ "WWE's Triple H Explains What It's Like to Film WrestleMania Without the Fans". TVGuide.com. April 2, 2020. Diakses tanggal April 4, 2020. 
  31. ^ "WWE WrestleMania 36 results, recap, grades: Major title change, epic Undertaker match, card, 2020 highlights". CBSSports.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal April 5, 2020. 
  32. ^ Foley, Mick. Have A Nice Day: A Tale of Blood and Sweatsocks (p. 194)
  33. ^ "The History of The Casket Match". Diarsipkan dari versi asli tanggal June 13, 2013. Diakses tanggal February 12, 2012. 
  34. ^ "Casket Match". Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2011. Diakses tanggal February 12, 2012. 
  35. ^ "Video". www.prosieben.de. July 2, 2013. 
  36. ^ Eddie Edwards & PCO End Their Rivalry in a Last Rites Match LIVE This Sunday at Rebellion - Impact Wrestling.com
  37. ^ "WCW Monday Nitro results - September 4, 2000". DDT Digest. 2000-09-04. Diakses tanggal 2007-06-20. 
  38. ^ "Uncensored 1999 results". DDT Digest. Diakses tanggal 2007-06-20. 
  39. ^ a b Foley, Mick. Have A Nice Day: A Tale of Blood and Sweatsocks (p.184)
  40. ^ Martin, Finn (2003-10-22). "Power Slam Magazine, issue 112". "Boldberg grabs gold" (Unforgiven 2003). SW Publishing. hlm. 22–23. 
  41. ^ "RAW results - June 7, 2004". Online World of Wrestling. 2004-06-07. Diakses tanggal 2007-04-08. MATCH: Eugene Dinsmore w/William Regal vs Johnny Nitro (If he loses he is FIRED!).. 
  42. ^ "Mayhem 1999 results". DDT Digest. Diakses tanggal 2007-06-30. Match 5: Loser retires – Curt Hennig vs. Buff Bagwell 
  43. ^ "Inside WWE > Specialty Matches". WWE. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-28. Diakses tanggal 2007-07-10. 
  44. ^ "Inside WWE > Specialty Matches: TLC match". WWE. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-02-15. Diakses tanggal 2007-07-15. 
  45. ^ "Inside WWE > Specialty Matches: Elimination Chamber". WWE. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-02-12. Diakses tanggal 2007-07-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]