Persemaian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tanaman di persemaian

Persemaian adalah tempat di mana tanaman diperbanyak dan ditanam sesuai ukuran yang diinginkan. Singkatnya, pembibitan adalah pusat produksi bibit tempat bibit diproduksi dan dirawat hingga dipindahkan ke lahan utama. Kebanyakan tanaman yang bersangkutan ditujukan untuk perkebunan, kehutanan, atau biologi konservasi, bukan untuk pertanian . Ini termasuk persemaian ritel, yang menjual kepada masyarakat umum; persemaian grosir, yang hanya menjual kepada perusahaan seperti pembibitan lain dan tukang kebun komersial; dan persemaian swasta, yang memasok kebutuhan institusi atau perkebunan swasta. Beberapa juga akan bekerja di pemuliaan tanaman .

Beberapa persemaian mengkhususkan diri pada bidang tertentu, yang mungkin mencakup: perbanyakan dan penjualan tanaman kecil atau berakar gundul ke pembibitan lain; menumbuhkan bahan tanaman ke ukuran yang dapat dijual, atau penjualan eceran.[1] Persemaian mungkin juga mengkhususkan diri pada satu jenis tanaman, misalnya tanaman penutup tanah, tanaman peneduh, atau tanaman taman batu . Beberapa diantaranya memproduksi bibit dalam jumlah besar, baik berupa bibit atau pohon cangkokan, dari varietas tertentu untuk keperluan seperti pohon buah-buahan untuk kebun buah-buahan atau pohon kayu untuk kehutanan. Beberapa produsen memproduksi stok secara musiman, siap pada musim semi untuk diekspor ke wilayah yang lebih dingin dimana perbanyakan dapat dimulai lebih awal atau ke wilayah di mana hama musiman menghalangi pertumbuhan yang menguntungkan di awal musim.

Persemaian[sunting | sunting sumber]

Ada sejumlah jenis persemaian yang berbeda, yang umumnya dikelompokkan menjadi pembibitan persemaian grosir tau eceran, dan beberapa di antaranya tumpang tindih tergantung pada operasi spesifiknya. Persemaian grosir menghasilkan tanaman dalam jumlah besar yang dijual ke persemaian eceran, [2] penata taman, pusat taman, dan gerai ritel lainnya yang kemudian dijual ke masyarakat.[3]

Persemaian grosir mungkin merupakan operasi kecil yang menghasilkan jenis tanaman tertentu dengan menggunakan lahan kecil, atau operasi yang sangat besar yang mencakup banyak hektar. Mereka memperbanyak bahan tanaman atau membeli tanaman dari persemaian lain, termasuk stek berakar atau tidak berakar, tanaman berakar kecil yang disebut sumbat, atau tanaman berakar telanjang yang ditanam di lapangan, yang ditanam dan ditanam hingga ukuran yang diinginkan. Beberapa persemaian grosir memproduksi tanaman berdasarkan kontrak dengan persemaian lain yang memesan tanaman dalam jumlah dan ukuran tertentu, sementara pembibitan grosir lainnya memproduksi berbagai macam tanaman yang ditawarkan untuk dijual ke pembibitan dan penata taman lain dan dijual berdasarkan siapa yang datang lebih dulu dilayani.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Persemaian sebagai bisnis formal dapat ditelusuri kembali ke abad ketujuh belas di Inggris dan berperan penting dalam pengembangan taman lanskap pada abad kedelapan belas.[4] Pada pertengahan abad kedelapan belas, bisnis persemaian besar telah didirikan di Inggris. [5] Pada awal abad kesembilan belas banyak persemaian menjadi sangat terspesialisasi, dengan panduan pembibitan London tahun 1839 yang mengidentifikasi empat belas bangunan di London dan delapan di selatan atau barat Inggris yang mengkhususkan diri pada varietas tanaman eksotik, beberapa di antaranya dikenal dengan kelas tanaman tertentu.[6] Meskipun pelanggan di persemaian termasuk tukang kebun profesional, pada abad kesembilan belas mengunjungi pembibitan tanaman kelas atas telah menjadi aktivitas yang populer di kalangan kelas menengah dan atas. [5] Misalnya, sebuah iklan di buku panduan wisata Bristol tahun 1842 menyatakan bahwa Durdham Down myNurseries adalah 'daya tarik yang besar bagi Bangsawan dan Bangsawan', serta melayani tukang kebun dan petugas pengadilan pertanian yang berpengalaman.[7]

Metode[sunting | sunting sumber]

Persemaian Perbanyakan menghasilkan tanaman baru dari biji, stek, kultur jaringan, okulasi, atau pembelahan. Tanaman tersebut kemudian ditanam hingga ukuran yang dapat dijual dan dijual ke pembibitan lain yang mungkin terus menanam tanaman dalam wadah yang lebih besar atau menanamnya di lapangan hingga ukuran yang diinginkan. Persemaian perbanyakan juga dapat menjual bahan tanaman dalam jumlah yang cukup besar untuk penjualan eceran dan kemudian dijual langsung ke pembibitan eceran atau pusat kebun (yang jarang memperbanyak tanamannya sendiri).[8]

Persemaian dapat menghasilkan tanaman untuk reboisasi, kebun binatang, taman, dan kota. Dengan persemaian pohon di AS yang memproduksi sekitar 1,3 miliar bibit per tahun untuk reboisasi.[9]

Persemaian menanam tanaman di lahan terbuka, di lahan kontainer, di terowongan atau rumah kaca. Di lahan terbuka, persemaian menumbuhkan pohon hias, semak, dan tanaman keras herba. Di lahan pembibitan kontainer tumbuh pohon-pohon kecil, semak dan tanaman herba, biasanya ditujukan untuk dijual di pusat-pusat taman. Tanaman ini memiliki ventilasi yang baik, sinar matahari, dll. Tanaman dapat ditanam dengan biji, namun cara yang paling umum adalah dengan menanam stek, yang dapat diambil dari ujung pucuk atau akar.

Pengondisian[sunting | sunting sumber]

Dengan tujuan agar bahan tanam lebih mampu menahan tekanan setelah penanaman, berbagai perlakuan persemaian telah dicoba atau dikembangkan dan diterapkan pada bahan pembibitan. Buse dan Day (1989), [10] misalnya, mempelajari pengaruh pengondisian transplantasi pohon cemara putih dan cemara hitam terhadap morfologi, fisiologi, dan kinerja selanjutnya setelah penanaman. Pemangkasan akar, pemotongan, dan pemupukan dengan kalium sebesar 375 kg/ha adalah perlakuan yang diterapkan. Pemangkasan dan pemotongan akar mengubah stok di persemaian dengan menurunkan tinggi, diameter kerah akar, rasio pucuk:akar, dan ukuran tunas, namun tidak meningkatkan kelangsungan hidup atau pertumbuhan setelah penanaman. Pemupukan mengurangi pertumbuhan akar pada pohon cemara hitam tetapi tidak pada pohon cemara putih.

Pembibitan pohon hutan[sunting | sunting sumber]

Baik di hutan maupun di lahan persemaian, pertumbuhan bibit pada dasarnya dipengaruhi oleh kesuburan tanah, namun kesuburan tanah pembibitan mudah untuk diperbaiki, lebih dari kesuburan tanah di hutan.

Nitrogen, fosfor, dan kalium secara teratur disuplai sebagai pupuk, dan kalsium serta magnesium disuplai sesekali. Penerapan pupuk nitrogen tidak menumpuk di dalam tanah untuk mengembangkan gudang nitrogen yang tersedia untuk tanaman di masa depan. [11] Namun, fosfor dan kalium dapat terakumulasi sebagai gudang yang tersedia untuk jangka waktu lama.

Pemupukan memungkinkan pertumbuhan bibit bertahan lebih lama sepanjang musim tanam dibandingkan bibit yang tidak dipupuk; pohon cemara putih yang dibuahi mencapai dua kali tinggi pohon yang tidak dibuahi. [12] Kesuburan yang tinggi pada media perakaran lebih mendukung pertumbuhan tunas dibandingkan pertumbuhan akar, dan dapat menghasilkan bibit dengan berat yang tidak sesuai dengan kondisi lokasi penanaman. Nutrisi yang kelebihan pasokan dapat mengurangi pertumbuhan [13] [14] atau penyerapan nutrisi lainnya. [15] Selain itu, kelebihan ion nutrisi dapat memperpanjang atau melemahkan pertumbuhan sehingga mengganggu perkembangan dormansi dan pengerasan jaringan yang diperlukan pada waktunya untuk menahan cuaca musim dingin. [16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McDaniel, Gary L. (1982). Ornamental Horticulture. Reston Publishing Company. hlm. 346. ISBN 978-0-8359-5348-1. 
  2. ^ Kumar, Rohit (30 March 2023). "Kanishka Hi-Tech Nursery". Kanishka Hitech Nursery. Diakses tanggal 30 March 2023. 
  3. ^ Maiti, Ratikanta; Rodríguez, Humberto González; Thakur, Ashok Kumar; Sarkar, Narayan Chandra (2017-08-14). APPLIED BOTANY (dalam bahasa Inggris). American Academic Press. ISBN 978-1-63181-866-0. 
  4. ^ Clark, Kathleen (2012). "What the Nurserymen Did for Us: The Roles and Influence of the Nursery Trade on the Landscapes and Gardens of the Eighteenth Century". Garden History. 40 (1): 17–33. JSTOR 41719885. 
  5. ^ a b Alcorn, Keith (2020). "From specimens to commodities: The London nursery trade and the introduction of exotic plants in the early nineteenth century". hlm. 715–733. doi:10.1093/hisres/htaa025. 
  6. ^ Mangles, J. (1839). The Floral Calendar, Monthly and Daily: With Miscellaneous Details Relative to Plants and Flowers, Gardens and Greenhouses, Horticulture and Botany, Aviaries, &c. &c. hlm. 87. 
  7. ^ Philp & Evans, The New Bristol Guide for 1842 (Bristol, Philp & Evans, 1842)
  8. ^ Reid, Robert L. (2013-10-22). The Manual of Australian Agriculture. Elsevier. ISBN 978-1-4831-0034-0. 
  9. ^ "The Reforestation Pipeline". American Forests (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-16. 
  10. ^ Buse, L.J.; Day, R.J. 1989. Conditioning three boreal conifers by root pruning and wrenching. USDA, For. Serv., Tree Plant. Notes 40(2):33–39.
  11. ^ Armson, K.A.; Carman, R.D. 1961. Forest tree nursery soil management. Ont. Dep. Lands & Forests, Timber Branch, Ottawa ON. 74 p.
  12. ^ Armson, K.A. 1966. The growth and absorption of nutrients by fertilized and unfertilized white spruce seedlings. For. Chron. 42(2):127–136.
  13. ^ Stiell, W.M. 1976. White spruce: artificial regeneration in Canada. Dep. Environ., Can. For. Serv., Ottawa ON, Inf. Rep. FMR-X-85. 275 p.
  14. ^ Duryea, M.L.; McClain, K.M. 1984. Altering seedling physiology to improve reforestation success. pp. 77–114 in M.L. Dryea and G.N. Brown (eds.). Seedling physiology and reforestation success. Martinus Nijhoff/Dr. W. Junk, The Hague.
  15. ^ Armson, K.A.; Sadreika, V. 1979. Forest tree nursery soil management and related practices – metric edition. Ont. Min. Nat. Resour., Div. For. For. Manage. Branch, Toronto ON. 179 p.
  16. ^ van den Driessche, R. 1980. (E.P. 640.66), Growth of Douglas-fir and white spruce seedlings treated with slow release fertilizers in the nursery. B.C. Min. For., Victoria BC, Res. Memo 39. 2 p.