Permaisuri Zhang (Cao Fang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Permaisuri Zhang (†254))
Permaisuri Zhang
張 皇后
Permaisuri Cao Wei
Masa JabatanFebruari atau Maret 252 – April atau Mei 254
PendahuluPermaisuri Zhen
PenerusPermaisuri Wang
Informasi pribadi
KelahiranTidak diketahui
KematianTidak diketahui
AyahZhang Ji
PasanganCao Fang

Permaisuri Zhang, nama pribadinya tidak diketahui, merupakan seorang permaisuri Cao Wei selama periode Tiga Kerajaan, Tiongkok. Dia adalah istri kedua Cao Fang, kaisar ketiga Cao Wei.

Latar Belakang Keluarga[sunting | sunting sumber]

Tidak banyak yang diketahui tentang Permaisuri Zhang, selain kakeknya, Zhang Ji (張既) adalah gubernur Provinsi Liang (meliputi kira-kira yang sekarang Gansu) dan bahwa ayahandanya Zhang Ji (張緝; perhatikan karakter Tionghoa yang berbeda untuk Ji) adalah administrator komanderi.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Permaisuri Zhang diangkat menjadi ratu pada tahun 252; pada saat itu, kakeknya sudah meninggal, sedangkan ayahandanya diangkat menjadi menteri senior. (Tidak jelas apakah dia adalah selir kekaisaran sebelum dijadikan permaisuri.)

Pada tahun 254, wali penguasa Sima Shi membunuh orang kepercayaan Cao Fang, pejabat Li Feng (sahabat Zhang Ji). Dia kemudian memfitnah Li Feng, Zhang Ji dan sahabat mereka Xiahou Xuan berkhianat, dan menyuruh mereka semua dan klan mereka dieksekusi.

Satu bulan kemudian, Cao Fang dipaksa untuk menggulingkan Permaisuri Zhang. Tidak diketahui nasibnya, meskipun tampaknya dia ditahan rumah selama sisa hidupnya tetapi tidak dieksekusi bersama dengan anggota keluarganya yang lain.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Permaisuri Zhen
Permaisuri Cao Wei
252–254
Diteruskan oleh:
Permaisuri Wang