Permaisuri Wang (Cao Fang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Permaisuri Wang
王皇后
Permaisuri Cao Wei
TenureMei 254
PendahuluPermaisuri Zhang
PenerusPermaisuri Bian
Informasi pribadi
KelahiranTidak diketahui
KematianTidak diketahui
AyahWang Kui (王夔)
PasanganCao Fang

Permaisuri Wang, nama pribadinya tidak diketahui, merupakan seorang permaisuri Cao Wei selama periode Tiga Kerajaan, Tiongkok. Dia adalah istri ketiga Cao Fang, kaisar ketiga Cao Wei.

Sangat sedikit yang diketahui tentang dia, selain itu dia adalah putri Wang Kui (王夔), direktur transportasi kekaisaran. Dia diciptakan permaisuri pada tahun 254, setelah istri kedua Cao Fang, Permaisuri Zhang digulingkan atas tuduhan palsu pengkhianatan terhadap ayahandanya Zhang Ji (張緝) oleh wali penguasa Sima Shi. Tidak diketahui apakah Permaisuri Wang sebelumnya merupakan permaisuri kekaisaran.

Kemudian pada tahun 254, Cao Fang dianggap kudeta terhadap Sima Shi, dan sementara dia akhirnya tidak melaksanakan rencana, berita itu bocor, dan Sima Shi memecatnya dan menurunkannya menjadi gelar Pangeran Qi (yang dia pegang selama ini pemerintahan ayahanda Cao Rui). Apa yang terjadi pada Permaisuri Wang tidak diketahui, meskipun agaknya dia diizinkan untuk memiliki gelar Putri Qi. Tidak ada yang diketahui lebih lanjut tentang dia dalam sejarah resmi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Permaisuri Zhang
Permaisuri Cao Wei
254
Diteruskan oleh:
Permaisuri Bian