Perjanjian Pengurangan Serangan Strategis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SORT / Perjanjian Moskwa
Nama panjang:
  • Perjanjian tentang Pengurangan Serangan Strategis
Presiden Vladimir Putin dan George W. Bush menandatangani SORT pada 24 Mei 2002 di Moskow
Ditandatangani24 Mei 2002
LokasiMoskwa
Efektif1 Juni 2003
SyaratRatifikasi kedua belah pihak
Habis tempo5 Februari 2011
(Digantikan oleh New START)
Penanda tanganAS: George W. Bush
Rusia: Vladimir Putin
Pihak Amerika Serikat
 Rusia
RatifikasiSenat AS
Duma Negara
BahasaInggris, Rusia

Perjanjian Antara Amerika Serikat dan Federasi Rusia tentang Pengurangan Serangan Strategis (SORT), juga dikenal sebagai Perjanjian Moskwa, adalah perjanjian pengurangan senjata strategis antara Amerika Serikat dan Rusia yang berlaku mulai Juni 2003 hingga Februari 2011 ketika digantikan oleh perjanjian New START.[1]

Pada saat itu, SORT diposisikan sebagai "mewakili elemen penting dari hubungan strategis baru" antara kedua negara[2] dengan kedua pihak setuju untuk membatasi persenjataan nuklir mereka masing-masing antara 1.700 dan 2.200 hulu ledak yang dikerahkan secara operasional. Perjanjian ini ditandatangani di Moskow pada 24 Mei 2002.

Setelah diratifikasi oleh Senat AS dan Duma Negara, SORT mulai berlaku pada tanggal 1 Juni 2003. Masa berlakunya akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2012 jika tidak digantikan oleh New START. Masing-masing pihak dapat menarik diri dari perjanjian tersebut setelah memberikan pemberitahuan tertulis tiga bulan kepada pihak lainnya.

Perlucutan senjata nuklir bersama[sunting | sunting sumber]

SORT adalah salah satu dari serangkaian perjanjian dan negosiasi mengenai perlucutan senjata nuklir bersama antara Rusia (dan pendahulunya, Uni Soviet) dan Amerika Serikat, yang mencakup SALT I (1969–1972), Perjanjian ABM (1972), SALT II (1972–1979), Perjanjian INF (1987), START I (1991), START II (1993) dan New START (2010).

Perjanjian Moskow berbeda dengan START karena perjanjian ini membatasi penggunaan hulu ledak secara operasional, sedangkan START I membatasi hulu ledak melalui atribusi yang dinyatakan pada sarana pengirimannya (ICBM, SLBM, dan Pembom Berat).[3]

Delegasi Rusia dan AS bertemu dua kali setahun untuk membahas implementasi Perjanjian Moskow di Komisi Implementasi Bilateral (BIC/Bilateral Implementation Commission).

Ratifikasi[sunting | sunting sumber]

Perjanjian tersebut diserahkan untuk diratifikasi pada bulan Desember 2002. Namun, pengesahan perjanjian tersebut memakan waktu sekitar satu tahun karena rancangan undang-undang tersebut harus diajukan kembali setelah ditolak oleh komite karena kekhawatiran mengenai pendanaan untuk kekuatan nuklir dan tentang pemotongan sistem yang belum tercapai. akhir masa pakainya. Lebih lanjut, para deputi khawatir tentang kemampuan AS untuk mengunggah hulu ledak nuklir cadangan untuk serangan pertama (potensi upload).

Ratifikasi tersebut juga bermasalah karena ketua komite urusan luar negeri Duma, Dmitry Rogozin, tidak setuju dengan rekannya di Dewan Federasi Margelov. Deputi Rogozin berpendapat bahwa Perjanjian Moskow harus ditunda karena invasi AS ke Irak tahun 2003. Namun pada akhirnya penundaan tersebut tidak pernah terjadi. Pemungutan suara terakhir serupa dengan START II dengan hampir sepertiga anggota parlemen memberikan suara menentang. Resolusi ratifikasi mengamanatkan pelaporan presiden mengenai perkembangan kekuatan nuklir dan mencatat bahwa legislator utama harus diikutsertakan dalam perencanaan antarlembaga.

Implementasi[sunting | sunting sumber]

Laboratorium Nasional Lawrence Livermore melaporkan bahwa Presiden Bush mengarahkan militer AS untuk mengurangi separuh persediaan senjata nuklir yang dikerahkan dan cadangan pada tahun 2012. Sasaran tersebut tercapai pada tahun 2007, dengan pengurangan hulu ledak nuklir AS menjadi lebih dari 50 persen dari total tahun 2001. . Usulan lebih lanjut dari Bush akan membuat jumlah totalnya turun 15 persen lagi.[4]

Kritikan[sunting | sunting sumber]

Meskipun Presiden Bush mengatakan perjanjian itu "melikuidasi permusuhan nuklir warisan Perang Dingin" dan penasihat keamanannya Condoleezza Rice mengatakan perjanjian itu harus dianggap sebagai "perjanjian terakhir abad lalu,"[5] pihak lain mengkritik perjanjian itu karena berbagai alasan:

  • Tidak ada ketentuan verifikasi yang memberikan keyakinan, baik kepada pihak yang menandatangani maupun pihak lain, bahwa pengurangan tersebut memang benar-benar terjadi.
  • Pengurangan persenjataan tidak harus bersifat permanen; hulu ledak tidak perlu dihancurkan dan oleh karena itu dapat disimpan dan kemudian dikerahkan kembali.
  • Pengurangan persenjataan harus selesai pada tanggal 31 Desember 2012, yang juga merupakan hari di mana perjanjian tersebut kehilangan kekuatan kecuali diperpanjang oleh kedua belah pihak.
  • Ada klausul dalam perjanjian yang menyatakan bahwa penarikan diri dapat dilakukan setelah pemberitahuan tiga bulan diberikan dan karena tidak ada tolok ukur yang diperlukan dalam perjanjian tersebut, masing-masing pihak tidak dapat melakukan tindakan apa pun untuk melanjutkan perjanjian tersebut dan kemudian menarik diri pada bulan September 2012.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Obama, Barack (2010-05-13). "Memo to the Senate of the United States" (PDF). White House Office of the Press Secretary. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-05-28. 
  2. ^ Letter of Transmittal: The Moscow Treaty 2002
  3. ^ START1 treaty hypertext US State Dept. Article II
  4. ^ Heller, Anne (2008-07-08). "Monitoring a Nuclear Weapon from the Inside: Embedded sensors could help transform stockpile stewardship". Science & Technology Review. Lawrence Livermore National Laboratory. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-09-20. 
  5. ^ Sanger, David E.; Wines, Michael (2002-05-24). "U.S. and Russia Sign Nuclear Weapons Reduction Treaty (Published 2002)". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2020-11-07.