Perdana Menteri Perancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Perdana Menteri Republik Perancis
Premier Ministre Français
Édouard Philippe 2014.jpg
Petahana
Édouard Philippe

Sejak 15 Mei 2017
Pemegang Perdana Jules Armand Dufaure,
19 Februari 1871
Pembentukan 1872
Situs web www.premier-ministre.gouv.fr
Perancis

Artikel ini adalah bagian dari seri:
Politik dan pemerintahan
Perancis



Negara lain · Atlas
 Portal politik

Perdana Menteri Perancis (bahasa Perancis: Premier ministre français) di Republik Kelima adalah kepala pemerintahan dan Dewan Menteri Perancis.[1] Pada masa Republik Ketiga dan Keempat, kepala pemerintahan bernama Presiden Dewan Menteri (Président du Conseil des Ministres) yang disingkat menjadi Presiden Dewan (Président du Conseil).

Perdana menteri mengajukan daftar menteri kepada presiden. Sebagaimana semua keputusan eksekutif, dekret dan keputusan perdana menteri wajib diawasi oleh sistem pengadilan administratif. Beberapa dekret dilaksanakan setelah mempertimbangkan saran Dewan Negara (Conseil d'État).

Semua perdana menteri mempertahankan program kementerian-kementeriannya dan membuat pilihan anggaran. Mengenai keputusan di tangan perdana menteri atau presiden tergantung pada partai mereka masing-masing.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Dekret dan keputusan Perdana Menteri, semuanya berupa keputusan eksekutif, ditujukan pada sistem pengadilan administratif (lihat Conseil d'État). Beberapa dekret dikeluarkan setelah disarankan Conseil.

Setiap menteri cenderung mempertahankan program kementeriannya, meski pilihan keuangan harus dibuat. Perdana Menteri adalah pengawas terakhir pada pilihan semacam itu, walaupun, ketika Presiden dalam sudut politik yang sama, pilihan Presiden dapat lebih berat.

Karena Perdana Menteri bertanggungjawab untuk kebijakan pemerintahan, ia sering disalahkan karena kesalahan pemerintahan. Sebagai akibatnya, popularitas perdana menteri mulai meningkat, kemudian jatuh, tergantung kondisi. Sementara beberapa orang menganggap posisi Perdana Menteri menetapkan peningkatan politik untuk pilihan presiden, juga dianggap sebagai posisi berbahaya karena kemungkinan tak terkenal.

Pencalonan[sunting | sunting sumber]

Perdana Menteri dipilih Presiden Republik. Karena Majelis Nasional dapat, menurut jumlah kritikan, memaksa pengunduran diri pemerintah, pilihan perdana menteri harus memperbaiki sebagian besar Majelis. Ketika Presiden dan sebagian besar Majelis memiliki kecondongan politik berbeda, hal semacam ini dikenal sebagai kohabitasi, di mana eksekutif dikepalai presiden dan perdana menteri dengan pendapat yang berbeda.

Perdana Menteri mempersiapkan daftar menteri lainnya di bawah Presiden.

Rekor[sunting | sunting sumber]

  • Perdana Menteri termuda adalah Laurent Fabius. Ditunjuk tanggal 17 Juli 1984 pada usia 37 tahun.
  • Perdana Menteri tertua adalah Pierre Bérégovoy. Ditunjuk tanggal 2 April 1992 pada usia 66 tahun.
  • Satu-satunya wanita yang ditunjuk sebagai Perdana Menteri adalah Edith Cresson. Menjabat sejak 1991 sampai 1992.
  • Dua Perdana Menteri sempat menjadi wali kota Bordeaux pada saat yang bersamaan, Jacques Chaban-Delmas (1969-1972) dan Alain Juppé (1995-1997).
  • Perdana Menteri dengan masa jabatan terlama adalah Georges Pompidou, 6 tahun, 2 bulan, 26 hari, tahun 1962 sampai 1968.
  • Perdana Menteri dengan masa jabatan tersingkat adalah Edith Cresson, 10 bulan dan 18 hari, tahun 1991 sampai 1992.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]