Perang Kitos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perang Kitos
Bagian dari Peperangan Yahudi-Romawi
Roman Empire Map.png
Kekaisaran Romawi setelah tahun 120
Tanggal115–117
LokasiMediterania Timur, Kekaisaran Romawi
Hasil Kemenangan Romawi
Perubahan
wilayah
Status quo ante bellum
Pihak terlibat
Templat:Country data Kekaisaran Romawi Kaum Zelot Yahudi
Tokoh dan pemimpin

Templat:Country data Roman Empire Kaisar Trayanus
Templat:Country data Roman Empire Marcius Turbo

Templat:Country data Roman Empire Lusius Quietus

Lukuas (Andreas)
Julianus Dihukum mati[1]
Pappus Dihukum mati[1]

Artemio
Korban
Banyak sekali warga yang tewas, sebagian wilayah habis penduduknya, 460.000+ warga Romawi (kebanyakan orang Yunani Romawi) tewas di Kirene dan Siprus, dan tidak diketahui berapa yang tewas di Mesir, Libya, dan wilayah Mediterania Timur lainnya Komunitas Yahudi di Siprus, Kirene, dan mungkin di tempat lainnya dihabisi dan diusir secara permanen ke ujung timur Kekaisaran (khususnya Yudea)

Perang Kitos (115–117; bahasa Ibrani: מרד הגלויות: mered ha'galuyot atau mered ha'tfutzot [מרד התפוצות]; terjemahan: pemberontakan diaspora. bahasa Latin: Tumultus Iudaicus) berlangsung dari tahun 115 hingga 117. Saat sebagian besar pasukan Romawi sedang bertempur dalam Perang Parthia yang dikobarkan oleh Kaisar Trayanus di perbatasan timur Kekaisaran Romawi, etnis Yudea di Kirenaika, Siprus, dan Mesir melancarkan pemberontakan besar-besaran dan para pemberontak bahkan membantai garnisun dan warga Romawi. Beberapa wilayah bahkan telah dihabisi penduduknya sehingga pendatang dari wilayah lain harus dikirim agar wilayah tersebut tidak menjadi kosong. Pemberontakan ini pada akhirnya dipadamkan oleh legiun Romawi, khususnya di bawah kepemimpinan Jenderal Romawi Lusius Quietus, dan namanya kemudian menjadi nama perang ini, karena "Kitos" merupakan perubahan dari nama Quietus.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Malamat, Abraham (1976). A History of the Jewish people. Cambridge, Mass: Harvard University Press. hlm. 330. ISBN 0674397312. 

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]