Peni Suparto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peni Suparto
Wali Kota Malang Peni Suparto.jpg
Wali Kota Malang 15
Masa jabatan
13 September 2003 – 13 September 2013
Presiden Megawati Soekarnoputri
Susilo Bambang Yudhoyono
Gubernur Imam Utomo
Setia Purwaka
Soekarwo
Wakil Bambang Priyo Utomo
Pendahulu Suyitno
Pengganti Mochamad Anton
Informasi pribadi
Lahir 14 Agustus 1947 (umur 71)
Bendera Indonesia Kediri, Jawa Timur
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Partai politik PDI-Perjuangan
Pasangan Heri Pudji Utami
Alma mater Universitas Negeri Malang
Universitas Brawijaya
Pekerjaan Politikus


Drs. Peni Suparto, M.A.P atau akrab dipanggil Ebes Inep (lahir di Kediri, Jawa Timur, 14 Agustus 1947; umur 71 tahun) adalah Wali Kota Malang yang menjabat selama dua periode yakni 2003 - 2008 dan 2008 - 2013.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Dia lahir di desa Setonorejo namun besar di Udanawu, Blitar. SR (SD), SMP dan SPG di tuntaskan di Blitar. Tahun 1966 merantau ke kota Malang menuntut ilmu di IKIP Negeri Malang (Sekarang Universitas Negeri Malang). Setamat kuliah menjadi asisten dosen di IKIP lalu menjadi dosen tetap hingga tahun 1997. Selama kuliah pernah aktif di GMNI dan Lembaga Intra Kampus (MPM). Studi S2 di selesaikan di Universitas Brawijaya Malang dengan gelar Magister Ahli Pemerintahan (M.AP).

Karier Politik[sunting | sunting sumber]

Tahun 1996 mulai aktif di pergerakan nasionalis (Promeg) sehingga mendapatkan tekanan dari rezim yang saat itu berkuasa. Status dosen dan PNS nya juga terancam. Namun dia tetap konsisten berada dalam barisan penentang arogansi penguasa dan menuntut adanya demokratisasi dan kebebasan berorganisasi bagi rakyat. Pada tahun 1998 Peni Suparto sudah mundur dari dosen / PNS dan memilih total aktif di Partai Politik (PDIP). Dia menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan pertama di kota Malang.

Pemilu 1999 menghantarkannya menjadi anggota DPR - RI. Ketika Pemilihan Wali kota Malang tahun 2003 Peni Suparto terpilih sebagai Wali kota dari kalangan sipil yang pertama di Malang pasca reformasi. Pada Pemilihan Pilkada Langsung periode berikutnya (2008) Peni Suparto kembali terpilih menjadi Wali kota dan menjabat hingga tahun 2013. Peni sering mengkritik kultur feodalisme di tubuh PDIP dan Megawati sang Ketum. Seringkali keputusan daerah dianulir dengan mudah oleh pusat hanya karena lobi-lobi pihak tertentu.

Karena keberaniannya menentang otoritas DPP PDI Perjuangan menjelang Pilkada Kota Malang 2013 Peni dipecat sebagai pengurus dan kader PDIP oleh DPP. Peni menolak meminta maaf dan tidak memulihkan nama baik di organisasi banteng.

Setelah itu dia membentuk organisasi lokal sebagai wadah menghimpun basis setianya. Selanjutnya dia sibuk berbisnis, menulis dan berorganisasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Biografi Peni Suparto karya Liga Alam M
  • Buku Perjalanan Kepemimpinan Ebes Inep di Bumi Arema by Liga Alam M
  • Buku Merajut Masa Depan Kota Bunga by LAM
Jabatan politik
Didahului oleh:
Suyitno
Wali Kota Malang
2003–2013
Diteruskan oleh:
Mochamad Anton