Pengeroyokan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengeroyokan atau perundungan kelompok (bahasa Inggris : Mobbing), sebagai istilah sosiologis, berarti perundungan terhadap individu oleh suatu kelompok, dalam konteks apa pun, seperti keluarga, kelompok sebaya, sekolah, tempat kerja, lingkungan, komunitas, atau secara daring. Ketika itu terjadi sebagai pelecehan fisik dan emosional di tempat kerja, seperti "berkerumun" oleh rekan kerja, bawahan atau atasan, memaksa seseorang keluar dari tempat kerja melalui rumor, sindiran, intimidasi, penghinaan, mendiskreditkan, dan isolasi, itu adalah juga disebut sebagai pelecehan umum yang berbahaya, nonseksual, non-rasial/rasial .[1]

Efek psikologis dan kesehatan[sunting | sunting sumber]

Korban pengeroyokan di tempat kerja sering menderita: gangguan penyesuaian, gejala somatik, trauma psikologis (misalnya trauma tremor atau mutisme selektif onset mendadak ), gangguan stres pascatrauma (PTSD), atau depresi berat .

Dalam pengeroyokan target dengan PTSD, Leymann mencatat bahwa "efek mental sepenuhnya sebanding dengan PTSD dari pengalaman perang atau kemah penjara." Beberapa pasien mungkin mengembangkan alkoholisme atau gangguan penyalahgunaan zat lainnya. Hubungan keluarga secara rutin menderita dan korban terkadang menunjukkan tindakan agresi terhadap orang asing di jalan. Target dan saksi di tempat kerja bahkan dapat mengembangkan episode psikotik singkat psikosis kerja umumnya dengan gejala paranoid. Leymann memperkirakan bahwa 15% kasus bunuh diri di Swedia dapat langsung dikaitkan dengan pengeroyokan di tempat kerja.

Pengembangan konsep[sunting | sunting sumber]

Konrad Lorenz, dalam bukunya berjudul On Aggression (1966), pertama kali mendeskripsikan mobbing di antara burung dan hewan, menghubungkannya dengan naluri yang berakar pada perjuangan Darwin untuk berkembang (lihat perilaku pengeroyokan hewan ). Dalam pandangannya, kebanyakan manusia tunduk pada impuls bawaan yang serupa tetapi mampu membawa mereka di bawah kendali rasional. [2] Penjelasan Lorenz atas pilihan kata bahasa Inggris "mobbing" dihilangkan dalam terjemahan bahasa Inggris oleh Marjorie Kerr Wilson. Menurut Kenneth Westhues, Lorenz memilih kata "mobbing" karena dia ingat dalam serangan kolektif burung, istilah Jerman kuno hassen auf, yang berarti "membenci" atau "dengki" diterapkan dan ini menekankan " kedalaman antipati yang membuat serangan itu" daripada kata bahasa Inggris 'mobbing' yang menekankan aspek kolektif dari serangan itu.[3]

Pada tahun 1970-an, dokter Swedia Peter-Paul Heinemann [sv; de; pl] menerapkan konseptualisasi Lorenz pada agresi kolektif anak-anak terhadap anak sasaran. [2] Pada 1980-an, profesor dan psikolog praktik Heinz Leymann menerapkan istilah tersebut untuk mengeroyok di tempat kerja. [2] Pada tahun 2011, antropolog Janice Harper menyarankan bahwa beberapa pendekatan anti-intimidasi secara efektif merupakan bentuk pengeroyokan dengan menggunakan label "perundungan" untuk perilaku tidak manusiawi, mendorong orang untuk menjauhi dan menghindari orang-orang berlabel pengganggu, dan dalam beberapa kasus menyabotase pekerjaan mereka atau menolak untuk bekerja. dengan mereka, sementara hampir selalu menyerukan pengucilan dan pemutusan hubungan kerja.[4]

Menyebabkan[sunting | sunting sumber]

Janice Harper mengikuti esai Huffington Post -nya dengan serangkaian esai di The Huffington Post [5] dan di kolomnya "Beyond Bullying: Peacebuilding at Work, School and Home" di Psychology Today [6] yang berpendapat bahwa pengeroyokan adalah bentuk dari agresi kelompok bawaan primata, dan bahwa mereka yang terlibat dalam mobbing tidak harus "jahat" atau "psikopat", tetapi merespons dengan cara yang dapat diprediksi dan terpola ketika seseorang dalam posisi kepemimpinan atau pengaruh menyampaikan kepada kelompok bahwa seseorang harus pergi. Oleh karena itu, dia menunjukkan bahwa siapa pun dapat dan akan terlibat dalam pengeroyokan, dan begitu pengeroyokan dimulai, seperti halnya di dunia hewan, pengeroyokan hampir selalu berlanjut dan meningkat selama target tetap berada dalam kelompok. Dia kemudian menerbitkan sebuah buku tentang topik [7] di mana dia mengeksplorasi perilaku hewan, budaya organisasi dan bentuk sejarah agresi kelompok, menunjukkan bahwa pengeroyokan adalah bentuk agresi kelompok pada kontinum kekerasan struktural dengan pembantaian sebagai bentuk paling ekstrim dari kekerasan. agresi massa.

Penanganan[sunting | sunting sumber]

Dari perspektif organisasi, telah dikemukakan bahwa perilaku pengeroyokan dapat dikurangi dengan mengakui perilaku sebagai pengeroyokan dan bahwa perilaku tersebut mengakibatkan bahaya dan/atau konsekuensi negatif.[8] Definisi yang tepat dari ciri-ciri tersebut sangat penting karena ambiguitas perilaku yang tidak dapat diterima dan dapat diterima yang berpotensi mengarah pada perilaku pengeroyokan yang tidak disengaja. Atenuasi perilaku pengeroyokan selanjutnya dapat ditingkatkan dengan mengembangkan kebijakan yang secara eksplisit membahas perilaku tertentu yang diterima secara budaya untuk mengakibatkan bahaya atau pengaruh negatif.[9] Ini menyediakan kerangka kerja dari mana korban pengeroyokan dapat menanggapi pengeroyokan. Kurangnya kerangka kerja semacam itu dapat mengakibatkan situasi di mana setiap contoh pengeroyokan diperlakukan secara individual tanpa pencegahan. Ini juga dapat menunjukkan bahwa perilaku seperti itu dibenarkan dan berada dalam ranah perilaku yang dapat diterima dalam suatu organisasi.[10] Tanggapan langsung terhadap keluhan terkait pengeroyokan yang ditangani di luar ruang sidang dan program pelatihan yang menguraikan tindakan pencegahan antiperundungan juga menunjukkan penurunan perilaku pengeroyokan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mobbing: Emotional Abuse in the American Workplace by Noa Davenport, Ruth D. Schwartz and Gail Pursell Elliott.
  2. ^ a b c "Workplace Mobbing in Academe". arts.uwaterloo.ca. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 August 2011. Diakses tanggal 19 July 2006. 
  3. ^ Westhues, Kenneth.(2007) Mobbing a Natural Fact, Adapted and revised from "Mobbing am akademischen Arbeitsplatz," a lecture given in the Society for Sociology at the University of Graz, Austria, on 23 January 2007, Retrieved on 17 August 2018
  4. ^ Harper, Janice (1 November 2011). "The Bully Label Has to Go". HuffPost. 
  5. ^ "Janice Harper – HuffPost". www.huffingtonpost.com. 
  6. ^ "Beyond Bullying". Psychology Today. 
  7. ^ PhD, Janice Harper (24 August 2013). Mobbed!: What to Do When They Really Are Out to Get You. Backdoor Press. ISBN 978-0692693339. 
  8. ^ Sperry, Len (2009). "Workplace mobbing and bullying: a consulting psychology perspective and overview". Consulting Psychology Journal: Practice and Research. 61 (3): 165–168. doi:10.1037/a0016936. 
  9. ^ Duffy, Maureen (2009). "Preventing workplace mobbing and bullying with effective organizational consultation, policies, and legislation". Consulting Psychology Journal: Practice and Research. 61 (3): 242–262. doi:10.1037/a0016783. 
  10. ^ Ferris, Patricia (2009). "The role of the consulting psychologist in the prevention, detection, and correction of bullying and mobbing in the workplace". Consulting Psychology Journal: Practice and Research. 61 (3): 169–189. doi:10.1037/a0016783.