Pengepungan Pilsen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pengepungan Pilsen
Bagian dari Pemberontakan Bohemia (Perang Tiga Puluh Tahun)
Siege of Pilsen.jpg
Pengepungan Pilsen oleh Matthäus Merian
Tanggal19 September - 21 November 1618
(2 bulan and 2 hari)
LokasiPilsen, Bohemia
Hasil Kemenangan di pihak Bohemia
Pihak terlibat
Bendera Bohemia Bohemia Protestan
Elektorat Pfalz
 Holy Roman Empire
Tokoh dan pemimpin
Ernst von Mansfeld Charles, Pangeran Bucquoy
Torquato Conti
Kekuatan
20,000 4,000 Burghers
158 kavaleri
Korban
1,100 2,500
Friedrich V dari Bohemia, lukisan tahun 1634.

Pengepungan Pilsen (atau Plzeň) atau Pertempuran Plzeň adalah sebuah pengepungan benteng Pilsen bahasa Ceko: Plzeň) di Bohemia yang dilakukan oleh kekuatan Bohemia Protestan; serta dipimpin oleh Ernst von Mansfeld. Pengepungan ini adalah pertempuran besar pertama pada serangkaian Perang Tiga Puluh Tahun; di mana Kemenangan berada di pihak Protestan dan pengepungan selanjutnya pada kota tersebut memicu peristiwa Pemberontakan Bohemia.

Awal mula pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Mei 1618, para bangsawan Protestan menggulingkan pemerintahan [Ferdinand II, Kaisar Romawi Suci] dan melemparkan gubernur Romawi Katolik Bohemia dari kantor mereka di Kastil Praha pada peristiwa defenestrasi di kota Praha. Pemerintahan baru yang dibentuk oleh bangsawan Protestan dan bangsawan memberi Ernst von Mansfeld atas semua kekuatannya. Sementara itu, bangsawan dan imam Katolik mulai melarikan diri dari negara tersebut, di mana para biarawan di beberapa biara serta manko yang tidak beruntung dievakuasi dan para pengungsi Katolik menuju kota Pilsen, di mana mereka berpikir bahwa sebuah pertahanan yang berhasil dapat diorganisir. Kota ini dipersiapkan dengan baik untuk pengepungan yang panjang, tetapi pertahanannya tidak berawak dan pembela tidak memiliki cukup mesiu untuk artileri mereka. Mansfeld memutuskan untuk merebut kota tersebut sebelum pemeluk Katolik dapat memperoleh dukungan dari luar.

Pengepungan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 19 September 1618 tentara Mansfeld sampai di pinggiran kota. Para pembela memblokir dua gerbang kota di mana yang ketiga diperkuat dengan penjaga tambahan. Tentara Protestan terlalu lemah untuk memulai serangan habis-habisan di istana, jadi Mansfeld memutuskan untuk membawa kota ini dengan kondisi kelaparan. Pada tanggal 2 Oktober artileri Protestan tiba, tetapi kaliber dan jumlah meriam tersebut kecil dan pemboman tembok kota hanya membawa sedikit efek. Pengepungan berlanjut, dengan kaum Protestan yang menerima persediaan baru dan merekrut setiap hari, sementara para pembela HAM kekurangan makanan dan amunisi. Juga, kota utama telah hancur dan toko-toko air minum portabel segera habis.

Akhirnya, pada tanggal 21 November, retakan dibuat di dinding dan tentara Protestan masuk ke kota. Setelah beberapa jam bertempur, semua kota di berada dalam kekuasaan Mansfeld.

Akhir[sunting | sunting sumber]

Setelah mengepung kota tersebut, Mansfeld menuntut 120.000 emas gulden sebagai ganti reparasi perang dan tambahan 47.000 florin untuk menyelamatkan kota dan tidak membakarnya. [Antara kalimat sebelumnya dan berikutnya, dua tahun berlalu] Namun, Kekaisaran Romawi Suci dengan segera, yang dipimpin oleh Bavaria, mengumpulkan cukup kekuatan dan melintasi perbatasan Bohemia, menuju Pilsen dan Praha.

Raja Bohemia yang baru terpilih, yaitu Friedrich V dari Palatinate menyadari keunggulan besar pasukan musuh-musuhnya dan memerintahkan tentaranya sendiri untuk berkumpul kembali dan menyerang masing-masing tentara yang maju secara terpisah. Namun, dia ditinggalkan oleh sebagian besar sekutunya dan tentaranya yang tersebar di hutan lebat antara Pilsen dan Praha, yang mengakibatkan kekalahan yang menentukan dalam Pertempuran Gunung Putih.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 49°44′51″N 13°22′39″E / 49.7475°N 13.3776°E / 49.7475; 13.3776