Pengelebuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monumen Kapal Tenggelam, didedikasikan untuk kapal-kapal yang hancur selama pengepungan Sevastopol selama Perang Krimea, dirancang oleh Amandus Adamson

Sebuah kapal pengelebuan jika awaknya dengan sengaja menenggelamkannya, biasanya dengan membuat lubang di lambungnya. [1]

Pengelebuan dapat dilakukan untuk membuang kapal yang ditinggalkan, tua, atau ditangkap; untuk mencegah kapal menjadi bahaya navigasi; sebagai tindakan penghancuran diri untuk mencegah kapal ditangkap oleh kekuatan musuh; sebagai penghalang untuk membatasi navigasi melalui suatu saluran atau di dalam pelabuhan ; menyediakan terumbu buatan bagi penyelam dan biota laut; atau untuk mengubah aliran sungai.

Contoh sejarah yang terkenal[sunting | sunting sumber]

Kapal Skuldelev (sekitar tahun 1070)[sunting | sunting sumber]

Kapal Skuldelev, lima kapal Viking, ditenggelamkan untuk mencegah serangan dari laut terhadap kota Roskilde di Denmark. Pengelebuan tersebut memblokir jalur air utama, mengarahkan kapal ke jalur yang lebih kecil yang memerlukan banyak pengetahuan lokal

Koga dekat wilayah Kampen (awal abad ke-15)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2012, sebuah koga yang terselimuti dari lunas hingga geladak di dalam lumpur ditemukan bersama dua kapal kecil di sungai IJssel di kota Kampen, di Belanda . [2] Kapal yang berasal dari awal abad ke-15 itu diduga sengaja ditenggelamkan ke sungai untuk mempengaruhi arusnya. [3] [4]

Hernán Cortés (1519)[sunting | sunting sumber]

Penakluk Spanyol Hernán Cortés, yang memimpin ekspedisi pertama yang mengakibatkan jatuhnya Kekaisaran Aztec, memerintahkan anak buahnya untuk melucuti dan mengelebukan armadanya untuk mencegah rencana diam-diam kembalinya orang-orang setia Gubernur Kuba Diego Velázquez de Cuéllar ke Kuba . Keberhasilan mereka akan menghentikan perjalanannya ke pedalaman dan penaklukan Kekaisaran Aztec .

HMS Sapphire (1696)[sunting | sunting sumber]

HMS Sapphire adalah kapal fregat berlayar kelas lima dengan 32 senjata milik Angkatan Laut Kerajaan di Koloni Newfoundland untuk melindungi perikanan migrasi Inggris. Kapal itu terjebak di pelabuhan Bay Bulls oleh empat kapal angkatan laut Prancis yang dipimpin oleh Jacques-François de Brouillan. Untuk menghindari penangkapannya, Inggris mengelebukan kapal tersebut pada 11 September 1696.

HMS Endeavour (1778)[sunting | sunting sumber]

HMS Endeavour adalah kapal Kapten James Cook yang ia gunakan untuk melakukan perjalanan ke Australia . Setelah dijual ke tangan swasta, dia akhirnya dikelebukan dalam blokade Teluk Narragansett, Rhode Island pada tahun 1778.

Pengepungan Yorktown (1781)[sunting | sunting sumber]

Inggris mengelebukan satu kapal pada 10 Oktober 1781 untuk mencegahnya ditangkap oleh armada Perancis. Selain itu, Sungai York, meskipun dilindungi oleh Angkatan Laut Prancis, juga terdapat beberapa kapal yang tenggelam, yang dimaksudkan sebagai blokade jika ada kapal Inggris yang memasuki sungai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definition of SCUTTLE". Merriam-Webster (dalam bahasa Inggris). 2023-04-12. Diakses tanggal 2023-06-11. 
  2. ^ "Excavation, recovery and conservation of a 15th century Cog from the river IJssel near Kampen". Ruimte voor de Rivier IJsseldelta. Rijkswaterstaat. September 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 July 2017. Diakses tanggal 14 September 2017. 
  3. ^ Ghose, Tia (17 February 2016). "Medieval Shipwreck Hauled from the Deep". Live Science. Diakses tanggal 14 September 2017. 
  4. ^ "Late Medieval Cog from Kampen". Medieval Histories. 21 February 2016. Diakses tanggal 14 September 2017.