Kapal Viking

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kapal Oseberg (Museum Kapal Viking, Norway)

Kapal Viking adalah kapal yang dibuat pada zaman Viking pada tahun 1000 SM di Eropa Utara. Kapal-kapal pada zaman Viking terkenal mampu berlayar dengan cepat di sungai dan di laut. Ciri khas kapal terletak pada lambang kepala naga di bagian depan kapal, yang menggambarkan bangsa Viking sebagai bangsa yang tidak mengenal rasa takut.

Kemampuan membuat kapal Viking adalah kemampuan yang diwariskan secara turun-temurun. Para pembuat kapal Viking tidak menggunakan gambar desain kapal saat bekerja. Kapal Viking terbuat dari kayu yang berasal dari pohon ek, cemara, ash, atau elm. Untuk kapal berukuran besar, kayu yang digunakan adalah kayu pohon ek. Pohon ek merupakan pohon yang kuat dan dianggap suci oleh bangsa Viking.

Kapal Viking memiliki fungsi berbeda-beda tergantung dari ukurannya. Kapal berukuran besar biasanya digunakan untuk berperang, sedangkan kapal berukuran sedang digunakan untuk bepergian atau mengantar orang. Sementara itu, kapal (perahu) berukuran kecil digunakan untuk mencari makan atau memancing.