Pengawagemukan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pengawagemukan, pengawalemakan atau pemangkasan lemak (Inggris: Degreasing, Defatting, Fat Trimming) ialah proses menghilangkan asam lemak dari sesuatu. Dalam ilmu kuliner, pengawagemukan dilakukan dengan tujuan mengurangi lemak dalam isi sajian makanan.

Pengawagemukan makanan[sunting | sunting sumber]

Pengawagemukan sering digunakan oleh pediet, terutama yang mengikuti diet rendah lemak untuk mengurangi konsumsi lemak mereka dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Kandungan energi dalam 1 g lemak adalah 9 kalori, sedangkan dalam karbohidrat dan protein adalah 4 kalori. Oleh sebab itu, pediet sering menganggap penurunan konsumsi lemak sebagai cara yang efisien untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengorbankan jumlah volume makanan. Pengawagemukan semasa penyiapan makanan digunakan untuk mengurangi kandungan energi dalam makanan yang sedang disiapkan.

Orang-orang yang ingin mengurangi kadar kolesterol khususnya orang yang menderita hiperkolesterolemia sering menggunakan pengawagemukan untuk mengurangi konsumsi lemak.

Pengawagemukan makanan semasa penyiapan makanan[sunting | sunting sumber]

Pemangkasan lemak dalam makanan dapat dilakukan selama penyiapan makanan dengan berbagai metode. Metode yang paling umum melibatkan penggantian makanan atau menghilangkan lemak alami dan penambahan lemak konservatif.

Penggantian lemak merupakan metode ketika bahan tertentu diganti dengan bahan lain. Cara yang umum digunakan adalah mengganti asam lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ketika memasak. Misalnya, minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti mentega untuk sayuran bumbu.

Makanan juga diganti untuk mengurangi kandungan lemak. Misalnya, alih-alih menggunakan seluruh telur di mana kuning telur mempunyai kadar lemak yang tinggi, putih telur dapat digunakan sebagai penggantinya. Sebagai alternatif, susu skim atau produk rendah lemak yang serupa dapat digunakan sebagai bahan untuk memasak.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]