Pengamen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pengamen

Pengamen atau sering disebut pula sebagai penyanyi jalanan (bahasa Inggris: street singers atau buskers), sementara musik-musik yang dimainkan umumnya disebut sebagai musik jalanan. Pengertian antara musik jalanan dengan penyanyi jalanan secara terminologi tidaklah sederhana, karena musik jalanan dan penyanyi jalanan masing-masing mempunyai disiplin dan pengertian yang spesifik bahkan dapat dikatakan suatu bentuk dari sebuah warna musik yang berkembang di dunia kesenian.

Perkembangan pengamen telah ada sejak abad pertengahan terutama di Eropa bahkan di kota lama London terdapat jalan bersejarah bagi pengamen yang berada di Islington, London, pada saat itu musik di Eropa berkembang sejalan dengan penyebaran musik keagamaan yang kemudian dalam perkembangannya beberapa pengamen merupakan sebagai salah-satu landasan kebudayaan yang berpengaruh dalam kehidupan umat manusia.

Kata kerjanya: ngamen, pelakunya: pengamen. Istilah ini muncul kira2 tahun 1975. Sebelumnya di daerah saya, Semarang menyebutnya: "mbarang". Ngamen muncul dari anak2 remaja pelajar yg berarti: "Ngasah Mental", atau melatih mental. Nyanyi menggunakan gitar dari rumah ke rumah. Terus berkembang ke rumah makan, dalam bus umum, dll.

Pengamen yang terkenal[sunting | sunting sumber]

Inggris[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]