Pengadilan kasasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengadilan kasasi adalah pengadilan tinggi yang ada dalam beberapa sistem peradilan. Pengadilan kasasi tidak memeriksa ulang fakta-fakta dalam sebuah kasus, mereka hanya menginterpretasikan hukum yang relevan. Dalam hal ini, mereka adalah pengadilan banding tertinggi. Dengan cara ini, mereka berbeda dari sistem yang memiliki mahkamah agung yang dapat memutuskan baik fakta dalam kasus maupun hukum yang relevan. Istilah ini berasal dari bahasa Latin cassare, yang berarti "membalik atau membatalkan."

Pengadilan Eropa menjawab pertanyaan hukum Uni Eropa setelah dirujuk oleh pengadilan negara anggota. Dalam menjalankan fungsi ini, ini bukan pengadilan kasasi: ini memberikan nasihat yang mengikat kepada pengadilan nasional tentang bagaimana hukum Uni Eropa seharusnya diinterpretasikan, dan tidak membatalkan keputusan pengadilan tersebut. Namun, Pengadilan Kehakiman dapat bertindak sebagai pengadilan kasasi ketika mengadili banding dari Pengadilan Umum Uni Eropa.

Banyak pengadilan tertinggi berdasarkan hukum umum, seperti Mahkamah Agung Amerika Serikat, menggunakan sistem serupa, di mana pengadilan membatalkan keputusan pengadilan tingkat lebih rendah dan mengembalikan kasus tersebut untuk diadili ulang di pengadilan tingkat lebih rendah sesuai dengan keputusan pengadilan tertinggi. Perbedaannya terletak pada sistem hukum seperti pengadilan federal Amerika, pengadilan banding tingkat menengah (pengadilan banding) umumnya juga mengembalikan kasus ke pengadilan tingkat pertama. Sebaliknya, di Prancis, misalnya, pengadilan banding mengadili kasus berdasarkan fakta dan hukum, dan hanya di pengadilan kasasi yang pemeriksaannya dibatasi hanya pada masalah hukum. Dalam hal ini, permohonan untuk tulisan dari certiorari mirip dengan pourvoi en cassation [fr].

Negara-negara[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar pengadilan kasasi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "La Casación – Derecho Ecuador". www.derechoecuador.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-08. Diakses tanggal 2016-05-29. 
  2. ^ Kementerian Kehakiman, Republik Lebanon. "Peta yudisial". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-25. Diakses tanggal 2023-03-29. 
  3. ^ "Mahkamah membebaskan wanita Sudan yang dihukum mati karena menjadi Kristen". Daily News. Diakses tanggal 2016-05-29. 
  4. ^ Francis, Legge CCCLI sull’ordinamento giudiziario dello Stato della Città del Vaticano, 16 Maret 2020, Pasal 19 § 1.