Pener, Taman, Pemalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pener
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPemalang
KecamatanTaman
Kodepos52361
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Pener adalah desa di kecamatan Taman, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Pener memiliki kode pos 52361.

Desa Pener berbatasan dengan desa Sokawangi dan desa Gondang di sebelah utara, Desa Penggarit di sebelah barat, desa Gondang di sebelah timur dan Desa Tegalsari Barat di sebelah selatan. Berdasarkan sensus 2010 jumlah penduduk di Desa Pener berjumlah 715 orang.

Desa pener merupakan desa kecil namun sangat strategis karena di desa ini menjadi jalur alternatif bagi pengendara dari arah Jakarta ke Semarang. Keadaan Geografi desa pener di dominasi dari Pepohonan yang rindang sepanjang jalan.Dan tanaman sawah yang menghijau sepanjang tahun mengelilingi desa ini, Mayoritas warga desa Pener bekerja sebagai Petani yang mengolah tanahnya sendiri dan memilih menanam padi, kacang, bawang dan semangka. Sebagian bekerja sebagai peternak kambing dan itik bebek. Pada era 90-an masih banyak ditemui Peternak Kerbau tetapi menjelang tahun 2000-an sudah sangat berkurang. Dan sebagian kecil bekerja di bidang Formmal seperti guru,dokter,bidan,polisi dan PNS di kepemerintahan.

Dusun[sunting | sunting sumber]

Di desa pener terdapat lima dusun yang masing masing dusun dipimpin oleh seorang bayan.

  • Dusun satu
  • Dusun Kauman
  • Dusun Tegalan
  • Kebandingan
  • Pengadegan

Angkutan Umum[sunting | sunting sumber]

Masih banyak dijumpai transportasi tradisional seperti Becak dan Delman mondar-mandir di desa ini. Karena masih menjadi pilihan oleh beberapa warga yang bekerja sebagai petani untuk mengangkut hasil panen.

Angkudes warna kuning yang memiliki rute klareyan (Petarukan) - Pener.

Namun seiring meningkatnya kesejahteraan warganya sekarang ini lebih memilih menggunakan Sepeda motor dan mobil pribadi.