Penelusuran Benang Merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Penelusuran Benang Merah"
PengarangSir Arthur Conan Doyle
SeriPenelusuran Benang Merah
Tanggal terbit1887
KlienScotland Yard
Latar waktu1881, dengan kilas balik
PenjahatEnoch Drebber, Joseph Stangerson, dan Brigham Young; Jefferson Hope
Penelusuran Benang Merah
PengarangSir Arthur Conan Doyle
Judul asliA Study in Scarlet
PenerjemahB. Sendra Tanuwidjaja
Perancang sampulDwi Koendoro Br.
NegaraIndonesia Indonesia
BahasaIndonesia
SeriSherlock Holmes
GenreFiksi detektif
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit
November 2001
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
1887
Jenis mediaCetak bersampul
Halaman216 hlm.
ISBNISBN 979-686-605-6
Diikuti olehEmpat Pemburu Harta 

Penelusuran Benang Merah (judul asli dalam Inggris: A Study in Scarlet) adalah novel fiksi detektif karya Sir Arthur Conan Doyle yang memperkenalkan tokoh detektif konsultan rekaannya, Sherlock Holmes, serta sahabat sekaligus penulis kisah petualangannya, dr. Watson, yang kelak akan menjadi dua tokoh terkenal dalam dunia sastra.

Doyle menulis kisah ini pada tahun 1886 dan diterbitkan setahun kemudian. Judul novel ini diambil dari penjelasan Holmes kepada Watson mengenai pekerjaannya, bahwa penyelidikan kasus pembunuhan dalam cerita ini merupakan "penelusuran benang merah".

Pada awalnya, cerita ini dan tokoh utamanya hanya menarik sedikit perhatian publik saat dimuat dalam Beeton's Christmas Annual edisi tahun 1887. Kini, hanya ada sebelas eksemplar yang diketahui masih berhalaman lengkap sehingga nilainya pun cukup tinggi.[2] Novel ini merupakan salah satu dari empat novel yang menampilkan Sherlock Holmes karya Doyle dan dilanjutkan oleh Empat Pemburu Harta yang terbit pada tahun 1890. Penelusuran Benang Merah juga merupakan novel fiksi detektif pertama yang memanfaatkan kaca pembesar sebagai alat bantu penyelidikan.[3]

Terbitan pertama[sunting | sunting sumber]

Doyle menulis novel ini saat ia masih berusia 27 tahun dalam waktu kurang dari tiga minggu.[4] Sebagai dokter umum di Southsea, Portsmouth, ia sering menulis cerita pendek yang dimuat dalam beberapa majalah kala itu seperti London Society. Cerita ini awalnya bertajuk A Tangled Skein ([Untaian Kusut] Error: {{Lang-xx}}: text has italic markup (help)), tetapi akhirnya diubah menjadi judul yang dikenal sekarang saat diterbitkan oleh Ward Lock & Co. dalam Beeton's Christmas Annual edisi tahun 1887 setelah berkali-kali ditolak. Doyle menerima £25 sebagai kompensasi atas hak cipta cerita ini meski ia sebenarnya telah meminta kompensasi dalam bentuk royalti.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bagian I, Bab 4: Cerita John Rance.
  2. ^ "Beeton's Christmas Annual 1887: An Annotated Checklist and Census". BestofSherlock.com. Diakses tanggal 15 September 2012. 
  3. ^ Sweeney, Susan Elizabeth (2003). "The Magnifying Glass: Spectacular Distance in Poe's "Man of the Crowd" and Beyond". Poe Studies/Dark Romanticism. 36 (1–2): 3. 
  4. ^ Inscribed Copy of Sherlock Holmes' Debut Book for Sale, Telegraph, Britania Raya, 24 Mei 2010.