Mycroft Holmes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mycroft Holmes
Tokoh Sherlock Holmes
Penampilan pertama Penerjemah Bahasa Yunani
Penampilan terakhir Kasus Pencurian Rancangan Kapal Selam Bruce-Partington
Pencipta Sir Arthur Conan Doyle
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Pejabat pemerintah
Kerabat Sherlock Holmes (adik)
Kebangsaan  Britania Raya
Mycroft Holmes sebagaimana diilustrasikan oleh Sidney Paget.

Mycroft Holmes adalah tokoh fiksi dalam cerita-cerita pendek bertokoh utama Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle. Ia adalah kakak Sherlock yang berusia lebih tua tujuh tahun.

Profil[sunting | sunting sumber]

Mycroft digambarkan memiliki kemampuan deduktif yang jauh lebih unggul daripada Sherlock, tetapi ia tidak mau repot-repot berperan sebagai detektif yang harus turun ke lapangan seperti adiknya untuk memecahkan suatu kasus.

Meski awalnya Holmes menjelaskan kepada dr. Watson bahwa pekerjaan Mycroft adalah auditor buku di beberapa departemen pemerintah, dalam kesempatan lain ia mengungkapkan bahwa peran Mycroft dalam pemerintahan jauh lebih penting.

Kadang-kadang dia sendirilah yang memerintah Inggris ... orang yang paling diperlukan di negeri ini ... semua kesimpulan dari setiap departemen pemerintahan dilaporkan kepadanya, dan dia merupakan pusat pengendali, tempat mematangkan sesuatu, yang akan menghasilkan pertimbangan-pertimbangan. Pejabat-pejabat yang lain memang ahli, tetapi hanya dia yang tahu segala hal.
 

Mycroft muncul atau disebut-sebut dalam empat cerita pendek karya Doyle, yaitu Penerjemah Bahasa Yunani, Kisah Penutup, Petualangan di Rumah Kosong, dan Kasus Pencurian Rancangan Kapal Selam Bruce-Partington. Keadaan fisik Mycroft mirip Sherlock, tetapi dalam cerita Penerjemah Bahasa Yunani digambarkan "tinggi besar dan gemuk", sedangkan dalam cerita Kasus Pencurian Rancangan Kapal Selam Bruce-Partington sebagai berikut.

Begitu besar dan tingginya badannya, sampai terkesan kaku gerak-geriknya. Alisnya amat tebal, matanya yang dalam dan berwarna abu-abu legam selalu waspada, mulutnya terkatup erat, namun ekspresinya begitu lembut, sehingga dalam sekejap orang akan melupakan sosoknya yang besar, dan langsung mengingat otaknya yang brilian.

Mycroft menghabiskan sebagian besar waktunya di Klub Diogenes yang ikut didirikannya. Dalam kisah Salam Terakhir, Sherlock diperkirakan lahir pada tahun 1854 sehingga Mycroft diperkirakan lahir pada tahun 1847.