Mycroft Holmes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mycroft Holmes
Tokoh Sherlock Holmes
Penampilan
perdana
Penerjemah Bahasa Yunani
Penampilan
terakhir
Kasus Pencurian Rancangan Kapal Selam Bruce-Partington
PenciptaSir Arthur Conan Doyle
Informasi
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanPejabat pemerintah
KerabatSherlock Holmes (adik)
Kewarganegaraan Britania Raya
Mycroft Holmes sebagaimana diilustrasikan oleh Sidney Paget.

Mycroft Holmes adalah tokoh fiksi dalam cerita-cerita pendek bertokoh utama Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle. Ia adalah kakak Sherlock yang berusia lebih tua tujuh tahun.

Profil[sunting | sunting sumber]

Mycroft digambarkan memiliki kemampuan deduktif yang jauh lebih unggul daripada Sherlock, tetapi ia tidak mau repot-repot berperan sebagai detektif yang harus turun ke lapangan seperti adiknya untuk memecahkan suatu kasus.

Meski awalnya Holmes menjelaskan kepada dr. Watson bahwa pekerjaan Mycroft adalah auditor buku di beberapa departemen pemerintah, dalam kesempatan lain ia mengungkapkan bahwa peran Mycroft dalam pemerintahan jauh lebih penting.

Mycroft muncul atau disebut-sebut dalam empat cerita pendek karya Doyle, yaitu Penerjemah Bahasa Yunani, Kisah Penutup, Petualangan di Rumah Kosong, dan Kasus Pencurian Rancangan Kapal Selam Bruce-Partington. Keadaan fisik Mycroft mirip Sherlock, tetapi dalam cerita Penerjemah Bahasa Yunani digambarkan "tinggi besar dan gemuk", sedangkan dalam cerita Kasus Pencurian Rancangan Kapal Selam Bruce-Partington sebagai berikut.

Mycroft menghabiskan sebagian besar waktunya di Klub Diogenes yang ikut didirikannya. Dalam kisah Salam Terakhir, Sherlock diperkirakan lahir pada tahun 1854 sehingga Mycroft diperkirakan lahir pada tahun 1847.